Geger Bayi Lahir Tanpa Kepala

Unik | Jumat, 15 April 2016 07:03
Geger Bayi Lahir Tanpa Kepala

Reporter : Eko Huda S

Bayi itu lahir kembar, satu tanpa kepala, lainnya dengan kepala jumbo.

Dream - Kasus kelahiran langka terjadi di Kota Masvingo, Zimbabwe, Rabu malam, 13 April 2016. Seorang perempuan melahirkan dua bayi kembar, salah satu di antaranya tanpa kepala. Jelas saja, tenaga medis yang membantu persalinan ini tercengang.

Dikutip Dream dari laman Zimbabwe Newsday, bayi tanpa kepala itu meninggal saat proses persalinan di Rumah Sakit Umum Masvingo. Sementara, kembarannya memiliki kepala dengan ukuran sangat besar. Lebih besar dari kepala bayi kebanyakan.

Meski terlihat normal, bayi dengan kepala besar itu akhirnya meninggal. Menyusul kembarannya yang lahir tanpa kepala. Para dokter ahli memang di rumah sakit itu memang telah mengatakan kedua bayi itu secara medis tak bisa bertahan.

Manajemen rumah sakit menolak membuka identitas ibu bayi. Namun dipastikan sang ibu yang melahirkan bayi kembar dengan kondisi langka itu dalam keadaan sehat wal afiat.

Sumber dari rumah sakit menyebut, para perawat yang membantu proses persalinan sangat terkejut. Sebelumnya mereka tak pernah menyangka salah satu bayi yang dilahirkan prematur itu tak memiliki kepala. Tak diungkapkan berapa usia kandungan perempuan ini.

Pejabat kesehatan Provinsi Masvingo, Amadeous Shamu, mengonfirmasi kebenaran informasi kelahiran bayi tanpa kepala itu. Dia mengatakan, apa yang terjadi pada bayi kembar itu merupakan kelainan bawaan.

“ Benar ada kasus seperti itu, tapi situasi seperti itu sangat langka secara umum dikenal dengan kelainan bawaan, yang pada dasarnya merupakan kerusakan yang terjadi pada janin selama tahap awal kehamilan,” ujar Shamu.

“ Janin tanpa kepala tidak bisa hidup setelah kelahiran prematur, sementara bayi lainnya lahir dengan kondisi hidup tapi dengan kepala sangat besar, meninggal setelah beberapa menit,” tambah dia.

Shamu menyebut kasus kelahiran janin tanpa kepala ini sangat langka. Menurut dia, kerusakan janin tanpa kepala itu mungkin disebabkan oleh kecacatan tabung saraf pada tahap organogenesis atau proses pembentukan organ tubuh.

“ Tahap organogenesis merupakan tahapan saat organ mulai berkembang dalam kehamilan dan di sana mungkin kelainan tabung saraf menyebabkan kerusakan janin dan hasilnya dilahirkan tanpa kepala,” kata dia.

Sementara, menurut ahli medis setempat, Kudzai Masinire, kelainan seperti ini sangat mungkin terjadi. Kelainan itu, kata dia, kemungkinan disebabkan oleh kelainan kromosom atau kekurangan gizi, yang memengaruhi pembentukan organ janin.

Faktor lingkungan mungkin memiliki peran pada kelainan bawaan ini. Seperti apa yang telah terjadi di tempat-tempat seperti Hiroshima di Jepang.

" Di mana efek dari bahan radioaktif dari bom nuklir telah menyebabkan kelahiran anak-anak dengan kelainan bawaan,” kata Masinire. (ISm) 

2 dari 5 halaman

Heboh Bayi Usia 2 Hari Dipaksa Berjalan

Dream - Sebuah pengobatan tak lazim dipraktikkan oleh seorang dukun di Assam, Morigaon, India. Dan praktik itu dilakukan terhadap bayi laki-laki yang baru berusia dua hari.

Dikutip Dream dari NDTV, Jumat 22 Mei 2015, bayi tersebut mengalami demam. Sehingga pada Senin, awal pekan ini, orangtuanya memanggil dukun perempuan yang di desa itu dikenal sebagai " dokter" .

Dan bukan obat yang diberikan. Dukun perempuan yang berusia sekitar 50 tahun itu memaksanya untuk " berjalan" . Sang dokter memegangi bagian belakang leher bayi itu. Dan memaksa bayi merah itu untuk berjalan beberapa langkah.

Namanya juga bayi. Apalagi baru lahir. Pasti belum bisa berjalan. Bayi itu menangis sejadi-jadinya. Adegan itu dilihat oleh warga desa yang berkerumun. Dan perawatan yang aneh itu segera dihentikan saat salah satu warga merekamnya dengan kamera telepon seluler.

Video pengobatan aneh itu segera menyebar luas. Polisi pun melakukan penyelidikan. Setelah itu, dukun perempuan tersebut ditangkap dan segera diajukan ke pengadilan. Sementara bayi laki-laki itu langsung dirawat di rumah sakit

Pemerintah setempat mengatakan, dukun-dukun di wilayah itu memang dengan mudah mempengaruhi masyarakat di wilayah Assam. Sebab, banyak warga yang kurang sadar dengan perawatan bayi dan ibu yang baru melahirkan.

" Bayi itu menderita demam, tapi kondisinya sekarang sudah sehat. Kami harus merombak sistim perawatan pasca kelahiran kami, telah diarahkan untuk meluncurkan promosi yang gencar," kata Rakesh Kumar, seorang pejabat senior di Morigaon. (Ism)  

3 dari 5 halaman

Keajaiban! Bayi Lahir Langsung Peluk Wajah Ibu

Dream - Jabang bayi yang baru lahir ke dunia ini memang sungguh ajaib. Terlihat dari rekaman video berdurasi 1 menit 14 detik. Setelah bayi itu lahir dengan selamat, perawat membawa ke wajah ibunya untuk bertemu pertama kali.

Tangan kanan mungil bayi itu langsung memegang erat kening ibunya. Seakan tahu 
wanita itu yang melahirkannya. Bibir bayi ini mengecup pipi wanita yang tak diketahui jelas namanya.

Lucunya, ketika perawat mencoba untuk menjauhkan dan membersihkan bayi itu, dia menjerit kencang. Lalu di taruhnya lagi ke wajah ibunya itu dan seketika si bayi terdiam.

Apa yang terjadi di video yang telah ditonton hampir 9 juta orang itu adalah ikatan emosional yang kuat antara ibu dan anak.

4 dari 5 halaman

Terkubur 8 Hari, Bayi Laki-laki Itu Masih Hidup

Dream - Seorang bayi laki-laki yang baru lahir ditemukan masih dalam keadaan hidup setelah ditinggalkan terkubur selama delapan hari.

Menurut laporan CCTV News dikutip Shanghaiist.com, Kamis 14 Mei 2015, penemuan bayi itu berawal dari seorang wanita yang kaget mendengar suara bayi menangis saat ia sedang berjalan melewati kuburan di tengah hujan.

Lokasi penemuan bayi tersebut berada di Tiandong County, kota Baise, Provinsi Guangxi, Tiongkok.

Begitu polisi datang di tempat, mereka langsung menggali tanah yang diduga sebagai tempat mengubur bayi hidup-hidup. Tidak sampai menggali lebih dalam, polisi yang dibantu warga sekitar menemukan kotak karton berisi bayi dengan bibir sumbing.

Polisi yakin bahwa bayi tersebut berhasil bertahan delapan hari karena ia tidak dimakamkan sepenuhnya. Sebab, ketika ditemukan, air dan udara masih bisa masuk ke dalam kotak. Ketika bayi itu dibawa ke rumah sakit, ia memuntahkan air kotor.

Polisi akhirnya bisa melacak keberadaan orang tua dari bayi malang tersebut. Kepada polisi, mereka mengaku menelantarkan bayi yang baru lahir di pemakaman pada 24 April.

Kemudian mereka menguburnya dua hari kemudian ketika mereka pikir bayi itu sudah mati.

Saat ini polisi masih memeriksa pasangan tersebut dan kerabat yang terlibat dalam kasus pembuangan bayi ini. Mereka terancam didakwa melakukan pembunuhan berencana.

5 dari 5 halaman

Bayi Ajaib, Masih Hidup Setelah Dikubur 2 Jam

Dream - Keajaiban terjadi di Tiongkok. Bayi perempuan yang sudah dikubur dua jam itu ditemukan masih hidup setelah makamnya digali kembali. Keluarga pun terkejut dan larut dalam kebahagiaan.

Dikutip Dream dari laman Daily Mail, kemarin, kisah itu terjadi di Dongdong, Provinsi Liaoning, Tiongkok bagian utara. Kejadian itu bermula saat Lu Xiaoyun --yang meyakini kandungannya masih berusia empat bulan-- merasakan sakit perut. Meski yakin kandungan itu baru berusia empat bulan, Lu tak tahu pasti berapa sebenarnya usia janin di dalamnya.

Karena merasa sakit perut yang melilit, Lu memanggil suaminya, He Yong, yang tengah bekerja di ladang. He pun datang dan mendapati istrinya sudah berdarah-darah. He juga mendapati anak perempuan yang baru dilahirkan istrinya. Namun tak bergerak, sehingga disangka meninggal saat dilahirkan.

He kemudian memanggil ambulans dan Lu dibawa ke rumah sakit. Karena Lu yakin usia kandungannya baru berusia empat bulan, maka keluarga itu mengasumsikan bahwa bayi yang dilahirkan itu telah meninggal saat dilahirkan. Dan pasangan ini tak meminta dokter mengecek bayi mereka itu.

 Bayi Ajaib, Masih Hidup Setelah Dikubur 2 Jam

He dan Lu

Saat Lu dibawa ke rumah sakit, ibunya mengubur bayi di bawah sebuah pohon. Dan saat di rumah sakit, dokter yang memeriksa Lu menanyakan bagaimana kondisi anak yang dilahirkan.

He terperangah dengan pertanyaan itu. Mereka memang mengasumsikan anak itu meninggal. Namun belum mengecek apakah anggapan itu benar atau tidak. Karena itu. He kemudian dengan cepat kembali ke rumah. Namun setiba di rumah, dia diberi tahu bahwa anak itu telah dikuburkan.

 Bayi Ajaib, Masih Hidup Setelah Dikubur 2 Jam

Lokasi penguburan bayi Lu

Mendengar jawaban itu, He bingung bukan kepalang. Dengan membabi-buta, He menggali kuburan anak yang belum sempat dia beri nama itu. Saat itulah keajaiban terjadi. He menemukan anaknya itu masih bernapas. Dengan segera anak itu dia angkat dengan penuh suka cita dan membawanya ke rumah sakit untuk mendapat perawatan.

Bayi itu kemudian mendapat perawatan selama tiga hari di rumah sakit. Namun kemudian mereka tak bisa membayar biaya perawatan. Sehingga anak malang itu dibawa pulang, tak lagi dirawat di inkubator. " Mertua saya mengalami sakit yang kronis, saya juga punya anak perempuan berusia 7 tahun. Istri saya tidak bekerja. Hanya saya satu-satunya yang bekerja," tutur He.

He dan Lu akhirnya membawa pulang anak itu. Kisah itu kemudian menyebar luas ke masyarakat lokal. Dari kabar itulah banyak orang yang datang dan memberikan sumbangan. Sehingga bayi He dan Lu itu kembali dibawa ke rumah sakit untuk menjalani perawatan di inkubator. (Ism)

Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya
Join Dream.co.id