Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Heboh Ditemukan Tulang Manusia di Mars, Cek Faktanya

Heboh Ditemukan Tulang Manusia di Mars, Cek Faktanya Tulang Paha Ditemukan Di Antara Puing-puing Planet Mars. (Foto: NASA)

Dream - Baru-baru ini banyak orang berusaha mencari sensasi untuk mendulang popularitas atau mendongkrak pendapatan di tengah pandemi Covid-19 yang menghancurkan banyak sektor di bidang ekonomi.

Salah satunya adalah munculnya berita di tabloid-tabloid yang menyebut bahwa NASA telah menemukan bukti adanya kehidupan di Planet Mars.

Adanya kehidupan di Mars itu dibuktikan dengan ditemukannya sepotong tulang paha di reruntuhan yang diyakini adalah sisa peradaban planet tersebut.

Padahal, foto yang dipakai dalam berita itu merupakan foto NASA tahun 2014 dan objek tersebut hanyalah batu Planet Mars biasa. NASA bahkan telah membantahnya enam tahun lalu.

Fosil Tulang Paha di Planet Mars

Foto tersebut diambil oleh NASA menggunakan MastCam yang ada di Curiosity Rover pada tanggal 14 Agustus 2014.

Namun para pengusung teori konsipirasi malah menggunakannya sebagai bukti bahwa Planet Mars pernah didiami makhluk hidup.

Badan antariksa milik AS itu terpaksa membuat pernyataan untuk meluruskan kabar yang dibuat para pengusung teori konsipirasi.

"Direkam oleh Curiosity Rover menggunakan MastCam, batu Mars ini mungkin terlihat seperti tulang paha. Tapi anggota tim kami memperkirakan bentuknya yang unik kemungkinan akibat dipahat oleh erosi, baik oleh angin atau air," kata juru bicara NASA.

"Jika kehidupan pernah ada di Mars, para ilmuwan berharap itu bentuk kehidupan kecil yang sederhana yang disebut mikroba. Mars kemungkinan tidak pernah memiliki oksigen yang cukup di atmosfernya untuk mendukung organisme yang lebih kompleks. Jadi, itu tidak mungkin sebuah fosil," tambahnya.

Apa Itu Pareidolia?

Yang menjadi pertanyaan, mengapa kita sering melihat sebuah benda memiliki pola yang tidak asing, seperti wajah orang atau tulisan yang kita kenal? Misalnya, kita melihat bayangan yang membentuk wajah orang atau awan yang menyerupai tulisan Allah.

Dalam dunia ilmu pengetahuan, fenomena ini disebut dengan pareidolia. Fenomena ini terjadi ketika beberapa bagian otak memroses informasi visual dan langsung menuju ke kesimpulan sebelum sisa bagian otak lainnya selesai melakukannya.

Di sini, di Bumi, kebanyakan orang mengalami pareidolia karena beberapa alasan. Seperti mungkin karena kita tidak bisa pergi ke tempat itu dan menyentuh benda yang dimaksud. Karena itu pareidolia di Mars menjadi lahan subur bagi para pengusung teori konsipirasi.

Berita Hoax tentang Objek di Planet Mars

Banyak sekali pareidolia di Mars yang sebenarnya hanya sebuah khayalan dari para pengusung teori konsipirasi.

Yang paling terkenal mungkin foto sebuah daerah di Mars yang disebut Cydonia. Foto yang diambil pada tahun 1976 memperlihatkan patung wajah berukuran besar.

Namun setelah diteliti kembali, objek dalam foto beresolusi tinggi itu ternyata hanya sebuah formasi batu di Planet Mars.

Tahun lalu, seorang ilmuwan mengklaim telah mengidentifikasi fosil serangga di Mars. Lainnya mengaku telah menemukan jamur.

Tapi foto-foto ini ini sama sekali tidak menunjukkan bukti apa pun selain batuan yang sudah lapuk di Planet Mars.

Fokus pada Kehidupan Mikroba di Mars

Kita telah mengirim misi ke Mars sejak 1960-an. Termasuk empat wahana rover (penemu) dan lima wahana lander (pendarat). Semuanya sukses menjalankan misinya.

Para ilmuwan ingin menemukan tanda-tanda kehidupan di Planet Merah yang berdebu itu. Tujuannya untuk mempelajari seperti apa kehidupan di luar bumi, tapi juga untuk membuktikan bahwa Bumi tidak unik di alam semesta ini.

Upaya kita saat ini difokuskan pada mikroba. Seperti yang sudah dikatakan NASA, lingkungan Mars mungkin tidak kondusif, dan mungkin tidak pernah cocok bagi kehidupan yang lebih kompleks.

Sumber: Science Alert

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Setelah Mars, Kini Ilmuwan Sebut Venus Juga Bisa Dihuni Manusia

Planet tetangga terdekat kita mungkin lebih ramah terhadap kehidupan daripada yang kita kira sebelumnya.

Baca Selengkapnya
Ilmuwan Temukan Danau Purba di Mars, Bukti Adanya Kehidupan di Sana?

Peneliti Gunakan Teknologi Radar untuk Temukan Bukti Danau Purba di Planet Mars.

Para Ilmuwan Bongkar Misteri Hilangnya Air di Planet Mars

Peneliti antariksa dari Tiongkok menemukan struktur poligonal yang tersembunyi di bawah permukaan planet Mars.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
10 Fakta Menarik Capung, Hewan yang Lebih Tua dari Dinosaurus dan Pemburu Andal

Jelajahi beberapa informasi menarik mengenai serangga terbang ini, yang rupanya telah muncul sebelum zaman dinosaurus!

Baca Selengkapnya
Apakah Manusia Pernah Hidup Bersama di Zaman Dinosaurus?

Berikut fakta menarik yang mendukung bahwa manusia pernah hidup berdampingan dengan dinosaurus!

Baca Selengkapnya
Penjelasan NASA Terkait Fenomena Aneh 'Langit Berlubang' di Teluk Meksiko, Awalnya Dikira UFO Ternyata Ini Penyebabnya

Satelit Terra milik NASA melintas di atas Teluk Meksiko ketika salah satu instrumennya mengambil foto tampak aneh di langit.

NOTED KAK! Makanan Saat Lembur

Sahabat Dream, pernah gak sih merasa lapar saat sedang lembur?