Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Bikin Ngakak! Reaksi Warganet Saat Tahu UNBK Ditiadakan karena Virus Corona

Bikin Ngakak! Reaksi Warganet Saat Tahu UNBK Ditiadakan karena Virus Corona Foto: Twitter.com/@pacificbvbble

Dream - Pemerintah resmi meniadakan Ujian Nasional Bersasis Komputer atau UNBK tahun ini karena penyebaran virus corona baru, Covid-19. Keputusan itu berlaku untuk jenjang SD, SMP, SMA, dan Madrasah.

Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, pembatalan UN 2020 salah satunya bertujuan mendukung upaya pemerintan dalam mencegah penularan virus corona.

Keputusan ini pun tentu saja mendapat berbagai tanggapan dari warganet. Ada yang terkejut dan tidak tahu harus berekspresi bagaimana.

Reaksi mereka diekspresikan dari cuitan lucu di Twitter. Berikut beberapa di antara reaksi warganet sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber:

Reaksi Warganet

1. Meski tak ada lagi UNBK, jangan lupa masih ada ujian hidup

UNBK Ditiadakan

2. Yah, kasian deh yang udah bayar. Btw bayar apa nih? Les atau.... bocoran, hehe

UNBK Ditiadakan

3. Selamat untuk para siswa kaum rebahan

UNBK Ditiadakan

4. Jadi senang atau sedih nih?

UNBK Ditiadakan

Memenya Kocak

5. Duh memenya...

UNBK Ditiadakan

6. Kelakuan warga Twitter setelah tahu UNBK ditiadakan auto joget dan nyengir

UNBK Ditiadakan

7. Ekspresi bahagia pas tahu kalo UNBK ditiadakan, heboh banget

 

8. Masih bingung antara harus istighfar atau bersyukur

Jokowi Setuju UN 2020 Ditiadakan

Dream -  Juru bicara presiden, Fadjroel Rahman menyebut bahwa Presiden Joko Widodo menyetujui peniadaan Ujian Nasional (UN) 2020.

Fadjroel mengatakan keputusan itu sebagai bentuk social distancing (pembatasan social) untuk merespons wabah Covid-19.

" Peniadaan UN menjadi penerapan kebijakan social distancing (pembatasan sosial) untuk memotong rantai penyebaran virus corona SARS 2 atau Covid-19," kata Fadjroel, Selasa, 24 Maret 2020.

Keputusan itu diambil setelah rapat terbatas terkait Ujian Nasional di tengah pandemi Covid-19. Keputusan peniadaan UN ini berlaku di tingkat sekolah menengah atas, madrasah aliyah, sekolah menengah pertama atau setingkat madrasah tsanawiyah, dan sekolah dasar atau setingkat madrasah ibtidaiyah.

" Kebijakan peniadaan UN perlu diikuti oleh partisipasi aktif warga, dalam penerapan perilaku social distancing, yaitu kerja dari rumah, belajar dari rumah dan ibadah di rumah," kata dia.

Sebelumnya, Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan, Abdul Mu`ti mengeluarkan usulan bernomor kop surat 003/PR/BSNP/III/2020 mengenai pembatalan Ujian Nasional 2020

" Demi kemaslahatan bangsa, terutama peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan, BSNP sebagai badan mandiri dan independen yang berwenang menyelenggarakan Ujian Nasional (PP Nomor 19 Tahun 2005) mengusulkan kepada pemerintah agar Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2019/2020 dibatalkan," kata Mu'ti.

DPR dan Mendikbud Kaji Opsi Pengganti Ujian Nasional SD-SMA 2020

Dream - Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengkaji berbagai kemungkinan pengganti Ujian Nasional (UN) 2020 untuk kelulusan siswa di tingkat dasar dan menengah. Salah satu pertimbangan yang muncul yaitu menggunakan nilai rapot sebagai bahan pertimbangan.

" Dari rapat konsultasi via daring (online) antara anggota Komisi X dan Mendikbud Nadiem Makarim maka disiapkan berbagai opsi untuk menentukan metode kelulusan siswa salah satunya dengan nilai kumulatif dalam raport," kata Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda, Selasa, 23 Maret 2020.

Syaiful mengatakan, rapat konsultasi menyepakati pelaksanaan UN dari tingkat dasar hingga atas ditiadakan.

Jadwal UN SMA seharusnya berlangsung pekan depan. Begitu pula dengan UN SMP dan SD yang dijadwalkan paling lambat akhir April 2020.

" Penyebaran wabah Covid-19 diprediksi akan terus berlangsung hingga April. Jadi tidak mungkin kita memaksakan siswa untuk berkumpul melaksanakan UN di bawah ancaman wabah Covid-19 sehingga kami sepakat UN ditiadakan," ujarnya.

Huda mengatakan saat ini Kementerian Pendidikan Kebudayaan (Kemendikbud) tengah mengkaji opsi pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) sebagai penganti UN. Kendati demikian, opsi tersebut hanya akan diambil jika pihak sekolah mampu menyelenggarakan USBN dalam jaringan (daring).

" Kami sepakat bahwa opsi USBN ini hanya bisa dilakukan jika dilakukan secara daring, karena pada prinsipnya kami tidak ingin ada pengumpulan siswa secara fisik di Gedung-gedung sekolah," kata dia

Dia menegaskan jika USBN via daring tidak bisa dilakukan, maka muncul opsi terakhir yakni metode kelulusan akan dilakukan dengan menimbang nilai kumalatif siswa selama belajar di sekolah.

Nadiem Makariem Minta Guru di Daerah Terdampak Corona Mengajar dari Rumah

Dream -  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengimbau para tenaga pendidikan dan tenaga kependidikan tidak perlu datang ke sekolah atau kampus. Imbauan itu disampaikan agar wabah virus corona tak merebak.

" Guru dan dosen di wilayah terdampak Covid-19 sebaiknya tidak pergi ke sekolah atau kampus sementara waktu ini," kata Nadiem, dalam keterangan resminya, Jumat, 20 Maret 2020.

Menurut Nadiem, dia masih mendengar banyak tenaga pengajar yang beraktivitas normal. " Saya tekankan, aktivitas bekerja, mengajar atau memberi kuliah bisa tetap dilakukan dari rumah dengan memanfaatkan teknologi," ujarnya.

Nadiem menegaskan proses pembelajaran ataupun penyelesaian urusan administrasi dapat tetap berjalan dengan memanfaatkan teknologi. Upaya ini sejalan dengan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpanrb) Nomor 19 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Mengacu pada surat tersebut, ASN yang berada di lingkungan instansi pemerintah dapat menjalankan tugas kedinasan dengan bekerja di rumah.

Dalam edaran tersebut juga dijelaskan bahwa Pejabat Pembina Kepegawaian bertanggungjawab dalam menyediakan ketentuan pelaksanaan dan pengawasan bekerja dari rumah.

Nadiem mengajak semua pihak bergotong royong menghadirkan solusi atas kendala-kendala yang mungkin timbul seiring perubahan pola di satuan pendidikan.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Viral, Warga Depok Nyaris Baku Hantam Gegara Selisih Paham Soal Bangunkan Sahur

Viral, Warga Depok Nyaris Baku Hantam Gegara Selisih Paham Soal Bangunkan Sahur

Viral warga di Depok cekcok karena bangunkan sahur, begini kronolginya.

Baca Selengkapnya
Viral Pasien Tak Bisa Bicara Setelah Tertawa Terbahak-bahak, Langsung Dilarikan ke IGD

Viral Pasien Tak Bisa Bicara Setelah Tertawa Terbahak-bahak, Langsung Dilarikan ke IGD

Seorang wanita tiba-tiba tak bisa berbicara setelah tertawa terbahak-bahak.

Baca Selengkapnya
Kasus Gondongan Merebak di Anak Usia SD, Ayah Bunda Jangan Panik

Kasus Gondongan Merebak di Anak Usia SD, Ayah Bunda Jangan Panik

Virus penyebab gondongan ini sangat mudah menular, terutama di kelas dan di tempat ramai dan tertutup.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Viral Nenek Minta Digelar Pesta Ultah ke-80 Bareng Teman Sebaya, Serasa Inner Child-nya Lahir Kembali

Viral Nenek Minta Digelar Pesta Ultah ke-80 Bareng Teman Sebaya, Serasa Inner Child-nya Lahir Kembali

Seperti anak kecil, nenek ini rayakan ulang tahunnya ke 80 bersama teman-temannya.

Baca Selengkapnya
Viral Penumpang Bocah Terperosok ke Celah Peron Stasiun Manggarai, Begini Penjelasan KAI

Viral Penumpang Bocah Terperosok ke Celah Peron Stasiun Manggarai, Begini Penjelasan KAI

Kronologi bocah jatuh ke bawah peron stasiun Manggarai.

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Teka Teki Tagline Makanan

BUNGKUS! Teka Teki Tagline Makanan

Sahabat Dream tebak-tebakan lagi yuk. Kira-kira kalian pada tahu gak jenis makanan apa dari tagline iklan ini? Berapa banyak yang kalian bisa tebak?

Baca Selengkapnya
DRESS IT! Tips Lipat Celana Jeans

DRESS IT! Tips Lipat Celana Jeans

Kalian saat memakai celana kepanjangan pasti suka melipat bagian bawahnya biar terlihat rapi. Nah, mungkin tips ini yang sedang kalian cari.

Baca Selengkapnya