Bayi Lahir Langsung `Hamil` Anak Kembar

Unik | Senin, 9 Februari 2015 16:44
Bayi Lahir Langsung `Hamil` Anak Kembar

Reporter : Sandy Mahaputra

Hanya terjadi 1 dibanding 500 ribu kelahiran di dunia.

Dream - Seorang bayi perempuan yang lahir di Hong Kong didapati tengah 'hamil' anak kembar. Akibatnya, bayi perempuan yang berusia tiga minggu itu harus menjalani operasi untuk mengambil 'bayi' kembar yang dikandungnya di Queen Elizabeth Hospital Hong Kong. Bayi perempuan itu anak dari seorang pasangan warga Tiongkok.

Kedua janin dalam bayi perempuan itu berusia 8 sampai 10 minggu. Mereka memiliki kaki, lengan, tulang belakang, tulang rusuk dan usus. Keduanya juga sudah tertutup kulit.

Menariknya, janin pertama beratnya 14,2 gram dan yang lainnya 9,3 gram. Masing-masing juga sudah memiliki tali pusar.

Operasi pengambilan dua janin itu sukses dan bayi perempuan tadi sudah diperbolehkan pulang 8 hari kemudian. Keajaiban medis yang luar biasa ini dipublikasikan dalam Hong Kong Medical Journal baru-baru ini.

Kondisi, yang dalam dunia medis disebut foetus in foetu ini, hanya terjadi 1 dibanding 500 ribu kelahiran di dunia. Kurang dari 200 kasus seperti ini pernah dilaporkan.

Spesialis kandungan, Dr. Yu Kai-man mengatakan ini adalah kasus pertama yang pernah terjadi di Hong Kong.

" Itu hampir mustahil bisa mendeteksinya selama pemeriksaan kehamilan, karena janin dalam bayi itu terlalu kecil," kata Yu, mantan profesor di Chinese University of Hong Kong dikutip Dream.co.id dari Mirror.co.uk, Senin 9 Februari 2015.

" Karena tidak mungkin bagi bayi kecil bisa mengandung. Terjadinya janin kembar tersebut mungkin ada yang salah dengan orang tuanya."

Laporan itu mengatakan penyebab di balik kelainan yang terjadi ketika bayi perempuan itu lahir pada 2010, masih belum diketahui. Organisasi Kesehatan Dunia sendiri mengklasifikasikan kelainan itu sebagai jenis kanker. (Ism) 

ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen
Join Dream.co.id