Janda Ngaku Perawan, Wanita Bergelar Doktor di Makassar Digugat Rp5 M oleh Suami

Unik | Jumat, 16 April 2021 13:30
Janda Ngaku Perawan, Wanita Bergelar Doktor di Makassar Digugat Rp5 M oleh Suami

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

Wanita berinisial NN itu selama 13 tahun menutupi statusnya sebagai janda saat menikah dengan YA.

Dream - Wanita berinisial NN digugat ke Pengadilan Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, oleh sang suami, YA. Wanita bergelar Doktor itu dituding telah berbohong soal statusnya saat menikah.

Dikutip dari laman nasional.id, NN digugat membayar uang ganti rugi sebesar Rp5 miliar karena dituding 13 tahun membohongi suaminya dengan mengaku sebagai gadis, padahal berstatus janda.

Pada putusan Nomor 1018/Pid.B/2020/PN Makassar disebutkan YA melakukan gugatan ini setelah mengetahui NN yang dia nikahi pada 2006 pernah menikah dengan pria berinisial SH pada 1996.

2 dari 8 halaman

Tuntut Rp5 Miliar

YA lalu mengajukan gugatan dengan mengaku telah mengalami kerugian atas tindakan yang dilakukan oleh NN. Ia menuntut Rp5 miliar karena membiayai pernikahan hingga sekolah NN hingga mendapat gelar doktor.

Saksi korban juga mengalami kerugian imateriil karena merasa tertipu serta malu atas aksi NN. NN sebelumnya tidak pernah bercerita bahwa dirinya sudah menikah dengan orang lain dan mengaku perawan.

3 dari 8 halaman

Hukuman Penjara

Di persidangan terungkap perkenalan keduanya terjadi saat dipertemukan oleh ibu NN. Keduanya berpacaran tiga bulan meski dengan jarak jauh, dikarenakan posisi YA saat itu berada di Jakarta dan NN berada di Makassar. Selama itu, pihak keluarga tidak pernah memberitahukan status sebenarnya NN kepada YA.

Hakim Hartono Pancono, yang mengadili perkara ini, akhirnya menyatakan NN bersalah karena dianggap memberikan keterangan palsu ke dalam sebuah akta autentik tentang suatu kejadian sebenarnya.

“ Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama 1 bulan 9 hari,” kata Hartono dalam putusannya.

 

4 dari 8 halaman

Curhat Suami Gaji Rp6,5 Juta, Separuh Habis Cicil Mobil dan Istri Dijatah Sejuta

Dream - Selain rumah, salah satu keinginan yang paling dimimpikan pasangan yang sudah berkeluarga adalah memiliki mobil. Tanpa harus menunggu taksi atau jasa transportasi lain, memiliki mobil akan memudahkanmobilitas keluarga.

Kita bisa bepergian kapan saja sepanjang bensin terisi dan kondisi mobil baik-baik saja. Sayangnya, banyak keluarga yang memaksakan diri untuk memiliki mobil.

Mereka umumnya menyadari kekuatan finansial tidak kuat untuk mencicil kendaraan. Namun karena keinginan yang sudah terlalu besar banyak yang akhirnya mengambil risiko dengan membeli mobil tersebut.

Meski tahu risikonya, mereka umumnya rela mengorbankan perencanaan keuangan keluarga jadi berantakan. Seperti nasib pria yang digambarkan dalam video TikTok ini.

5 dari 8 halaman

Dalam video yang dibagikan kreator @aby_jay, terlihat pria berkaos biru curhat tentang kondisi keuangan keluarganya. Kerja banting tulang tapi hidup begitu-begitu saja.

Pria itu dibikin pusing gara-gara cicilan mobil yang cukup besar. Belum lagi dia juga harus membayar keperluan lainnya.

Awalnya, dia bercerita kalau gaji yang didapat perbulannya sebesar Rp 6,5 juta. Meski cukup besar, gaji tersebut tak cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

 

6 dari 8 halaman

Bagaimana tidak? Dari gaji Rp6,5 juta tersebut, terdapat cicilan mobil yang besarnya hampir separuh dari gajinya.

Di video terlihat cicilan mobil yang harus dibayar tiap bulan mencapai Rp3,1 juta. Setelah dikeluarkan untuk cicilan mobil, dia memberikan jatah Rp1 juta untuk istrinya.

Dia juga memberikan uang untuk orangtuanya sebesar Rp800 ribu setiap bulannya. Dia kemudian harus membayar cicilan rumah, listrik serta air yang totalnya mencapai Rp1,3 juta.

 

7 dari 8 halaman

Akhirnya, uang gajinya hanya tersisa Rp300 ribu untuk dirinya sendiri. Tentu saja, uang Rp6,5 juta tidak cukup jika ada cicilan mobil yang mencapai separuh gajinya.

Pria itu mengaku menghadapi dilema. Tidak utang, dia mungkin tidak akan punya apa-apa. Tapi kalau ada utang, hidup jadi sengsara.

Akhirnya dia pun mengambil hikmah bahwa hidup bahagia itu jika kita tidak punya utang atau cicilan.

8 dari 8 halaman

Begini Respons Netizen

Video yang diunggah ulang di Instagram @top_world.idn ini pun mendapat respons beragam dari netizen.

Banyak juga yang menasehati pria itu agar tidak menuruti gengsi. Ada juga yang kasihan dengan para istri karena satu bulan cuma dijatah Rp1 juta.

" Salah konsep sih, seharusnya yg di butuhkan aja dlu gausah mikirin gengsi. tapi apalah manusia jaman sekarang gengsian."

" Hidup banyakin syukur.. jangan kufur ya temen² semua.."

" Sebenernya itu nyicil mobil gak terlalu penting bgt sih.. mungkin si cowok nurutin istrinya utk beli mobil."

" 1jt buat istri? mana cukup jaman sekarang. ujung2nya istri cari sendiri buat nutupin kebutuhan lainnya."

Sumber: Instagram

Join Dream.co.id