Tutorial Memotong Rambut Panjang di Rumah untuk Mencegah Split Ends

Tutorial | Jumat, 22 Januari 2021 13:37
Tutorial Memotong Rambut Panjang di Rumah untuk Mencegah Split Ends

Reporter : Cynthia Amanda Male

Cegah kerontokan dan perkuat rambut dengan cara ini.

Dream - Pandemi Covid-19 telah berlangsung selama hampir satu tahun. Itu artinya, selama itu pula semua orang harus menghabiskan lebih banyak waktu di rumah.

Mungkin, kamu juga tidak bisa melakukan beberapa kegiatan selama satu tahun terakhir, misalnya seperti memotong rambut di salon.

Padahal memotong rambut dianjurkan untuk dilakukan setiap 6-12 bulan sekali untuk menjaga kesehatan rambutmu dan mencegah split ends.

Kamu pun pasti tidak nyaman jika memang kurang menyukai rambut panjang. Mau tidak mau, solusinya adalah memotong rambut sendiri di rumah.

Namun ternyata, solusi itu tidak disarankan oleh penata rambut selebritis, James Johnson. Jika rambut sudah terlalu panjang, ia menyarankan untuk memotong ujungnya saja agar tidak mengalami split ends.

Karena ketika rambut sudah dipotong cukup banyak, kamu akan lebih sulit merapikannya. Dilansir dari Stylist.co.uk, berikut tutorial Johnson untuk memotong ujung rambut di rumah agar tidak mengalami split ends.

2 dari 2 halaman

Tutorial memotong rambut panjang di rumah

1. Keramas menggunakan sampo dan conditioner. Lalu, biarkan hingga rambutmu mengering dan lurus. Duduklah di kursi yang membuat potongan rambutmu terlihat rata kanan dan kiri.

2. Pisahkan rambut menjadi 3 bagian; di tengah, kanan dan kiri kepala.

3. Sisir rambut secara horizontal dan gunakan tanganmu untuk membantu merapikan rambut. Pastikan tubuh maupun kepalamu tidak ikut bergerak ketika menyisir rambut.

4. Setelah dirapikan dengan sisir dan jari, potong ujung rambutmu. Arahkan ujung gunting ke ujung rambutmu dan potong perlahan.

Ini akan membuat potongannya lebih bertekstur dan tidak terlalu berantakan daripada langsung dipotong seluruh ujung rambut. Jangan memotong rambut terlalu banyak agar gayanya tetap rapi.

5. Lakukan hal yang sama pada bagian rambut lainnya. Untuk memastikan potongannya rapi, kamu bisa mengusap rambut dari atas ke bawah menggunakan jari.

Tutup matamu ketika melakukannya. Jika jarimu berhenti di saat yang bersamaan, berarti potonganmu rapi.

Join Dream.co.id