Selain Angkat Komedo, Begini Teknik Memakai Pore Strip Biar Bisa Menutrisi Kulit

Tutorial | Rabu, 13 Oktober 2021 07:24

Reporter : Cynthia Amanda Male

Pore strip juga dapat menutrisi kulit, lho.

Dream - Meski terkadang menjijikkan, masih banyak orang yang merasa puas saat melihat komedo yang keluar dari pori-pori kulit. Beberapa orang mencoba mengeluarkan komedo dengan berbagai teknik. Ada yang menggunakan alat khusus atau pore strip.

Pore strip merupakan produk yang khusus dibuat untuk mengangkat komedo dengan cara menempelkan produk berbentuk persegi panjang pada hidung saat kondisinya basah.

Setelah dibiarkan beberapa saat, pore strip akan mengering dan terasa kencang. Ketika dilepaskan, pore strip akan mengangkat sekaligus komedo yang bersembunyi di dalam pori-pori. Daat dicopot, kamu bisa melihat komedo terangkat pada bagian pore strip yang menempel.

Selain pada hidung, pore strip bisa digunakan untuk mengangkat komedo pada dagu dan dahi karena area T-zone paling sering berminyak serta berkomedo.

Selain Angkat Komedo, Begini Teknik Memakai Pore Strip Biar Bisa Menutrisi Kulit
Menggunakan Pore Strip. (Source: Shutterstock)
2 dari 4 halaman

Manfaat lainnya pemakaian pore strip

 Menggunakan Pore Strip© Shutterstock

Di samping mengangkat komedo, pore strip juga diklaim mampu membuat tekstur kulit lebih halus, menghilangkan sel kulit mati, bahkan mengandung asam salisilat yang dapat mengatasi serta mencegah komedo.

Tidak cukup sampai di situ, pore strip juga mengeksfoliasi area kulit yang ditutupi. Sehingga, kamu harus menggunakan tabir surya setiap pagi hingga sore untuk mencegah iritasi akibat pemakaian pore strip. Terutama, jika kamu menggunakannya di pagi atau siang hari.

Agar tidak salah menggunakan dan memastikan perawatannya lebih efektif, berikut tutorial memakai pore strip yang dilansir dari Stylecraze.

3 dari 4 halaman

Tutorial memakai pore strip

 Membersihkan Wajah© Shutterstock

Langkah 1: Membersihkan wajah

Pastikan wajahmu bersih sebelum memakai pore strip atau produk perawatan kulit lainnya. Ini juga akan membantu memaksimalkan pembersihan dan pengangkatan komedo ketika memakai pore strip.

Langkah 2: Mengompres wajah

Ketika ingin mengangkat komedo, kompres wajah selama 3 menit. Kamu juga bisa mengompres wajah menggunakan handuk hangat selama 5 menit untuk membuka pori-pori serta mengeluarkan kotoran di dalamnya.

4 dari 4 halaman

Langkah 3: Menempelkan pore strip

Cara pakai pore strip bisa berbeda-beda. Namun umumnya, kamu hanya perlu melepas plastik yang menempel pada pore strip. Lalu, tempelkan pore strip pada hidung yang basah. Pastikan pore strip sudah menempel sempurna pada area yang memiliki lebih banyak komedo.

Langkah 4: Biarkan beberapa saat

Setelah itu, tunggu sekitar 15-20 menit hingga pore strip terasa kaku dan mengencang agar pengangkatan komedo lebih efektif.

Langkah 5: Melepaskan pore strip

Lepaskan pore strip ketika sudah mengencang. Lakukanlah secara perlahan untuk memaksimalkan pengangkatan komedo dan mencegah iritasi kulit.

Langkah 6: Membersihkan wajah

Jangan lupa bersihkan wajah setelah memakai pore strip. Apalagi, jika terdapat sisa lem pada pore strip yang menempel pada area wajah. Kompres wajah menggunakan es batu jika wajahmu mengalami iritasi seperti kemerahan.

Gunakan toner, pelembap, dan produk perawatan kulit lainnya untuk menjaga kesehatan kulitmu secara maksimal. Hindari pemakaian produk yang dapat mengeksfoliasi agar tidak memperburuk kondisi kulit.

Join Dream.co.id