Penyebab Jerawat Makin Jelas Setelah Memakai Concealer

Tutorial | Jumat, 15 Oktober 2021 08:13

Reporter : Cynthia Amanda Male

Ketahui solusi yang tepat menyamarkan jerawat dengan makeup.

Dream - Munculnya jerawat akan sangat mengganggu penampilan. Bahkan, terkadang menggunakan makeup pun tidak cukup menyamarkan jerawat pada wajah dan justru bisa memperjelas teksturnya.

Hal tersebut bisa dikarenakan teknik pengaplikasian base makeup yang salah. Pemilik akun TikTok @cclaracr mengungkapkan bahwa jerawat bisa makin terlihat jika salah memakai concealer.

Sebenarnya, caranya cukup sederhana untuk menyamarkan jerawat menggunakan concealer, yaitu dengan menunggu foundation kering sebelum memakainya.

Penyebab Jerawat Makin Jelas Setelah Memakai Concealer
Memiliki Wajah Berjerawat. (Source: Shutterstock)
2 dari 5 halaman

Menunggu foundation hingga benar-benar menyerap

Kamu hanya perlu menepuk-nepuk permukaan wajah dengan jari untuk mengetahui apakah foundation sudah kering atau belum. Jika terdapat bekas sidik jari atau foundation bergeser, itu tandanya foundation belum kering.

Namun jika foundation tidak bergeser, itu tandanya foundation sudah kering dan kamu bisa mengaplikasikan produk selanjutnya seperti concealer untuk menyamarkan jerawat.

 Trik Menyamarkan Jerawat yang Tepat© TikTok @cclaracr

" Anggap setiap step makeup itu kayak masak. Jadi, harus ditunggu 'matang' baru bisa 'dimakan'. Kalau nggak, ya belum siap," ujarnya. Ia pun menyarankan untuk memastikan produk menyerap terlebih dahulu ketika ingin menumpuk pelembap, tabir surya, foundation, concealer, dan bedak.

3 dari 5 halaman

Mengaplikasikan concealer

 Mengaplikasikan Concealer© TikTok @cclaracr

Setelah mengaplikasikan concealer pada jerawat, biarkan hingga setengah mengering. Lalu, ratakan bagian terluar concealer dengan jari agar tidak menimbulkan garis kasar dan terlihat lebih natural.

4 dari 5 halaman

Memakai setting powder

Saat concealer benar-benar kering dan menyerap, aplikasikan setting powder menggunakan spons dengan cara ditepuk-tepuk. " Jangan di-swipe, ya. Kalau kamu swipe, bakal hilang lagi coverage-nya. Tap-tap saja sampai semuanya tertutup" .

 Mengaplikasikan Setting Powder© TikTok @cclaracr

" Kalau sudah di-set kayak gini, sudah aman deh. Mau pakai masker pun dia bakal tetap stay on. Asal nggak tergesek," tutup Clara.

5 dari 5 halaman

Berikut video tutorialnya

@cclaracr

Reply to @kanarisma ##voiceeffects semoga membantu ya!!!! Komen lagi pertanyaan makeup kalian! Bakal aku bikinin videonya~ ##trikmakeup ##makeupmudah

♬ original sound - Clara clarissa - Clara clarissa✨

 

Join Dream.co.id