DIY Toner dengan Bahan Alami

Tutorial | Rabu, 1 April 2020 09:12
DIY Toner dengan Bahan Alami

Reporter : Dwi Ratih

Bisa jadi aktivitas kamu selama #dirumahaja nih.

Dream - Untuk memiliki kulit tubuh sehat dan menyegarkan, para wanita pasti punya rutinitas perawatan yang nggak bisa dilewatkan di kesehariannya.

Salah satu aktivitas perawatan diri yang rutin dilakukan bisa mulai dari eksfoliasi kulit sampai melembabkan.

Tetapi ada satu hal yang terkadang sering dilupakan. Kamu mungkin tak pernah terpikir untuk membiasakan cara mengencangkan pori-pori kulit.

Untuk mendapatkan kulit kencang, toner adalah salah satu senjatanya. Beauty item satu ini memang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kulit.

 ilustrasi toner© Shutterstock

Toner diyakini bisa menghilangkan residu, detoksifikasi, menyeimbangkan tingkat pH, menambah lapisan proteksi pada kulit, dan menyusutkan serta mengencangkan pori.

Jika kamu belum sempat membeli toner di tengah wabah COVID-19 yang membuat kita #dirumahaja jangan khawatir. Kamu bisa bikin toner dari bahan-bahan alami sendiri di rumah, lho!

2 dari 6 halaman

1. Teh hijau

Memiliki zat antioksidan, teh hijau dapat membantu menghilangkan minyak berlebih dan mengunci kelembaban di kulit.

Ambil dua kantong teh hijau, celupkan ke dalam air dan didihkan. Biarkan mendidih selama 15 menit, kemudian masukkan ke dalam botol setelah dingin.

Toner teh hijau siap digunakan.

 Ilustrasi green tea© Shutterstock

2. Kelapa dan susu

Sementara air kelapa kaya akan vitamin C yang dapat membuat kulit bersinar, susu memiliki zat asam laktat yang dapat mengurangi bakteri.

Tuang satu cangkir air kelapa dan setengah cangkir susu ke dalam mangkuk. Aduk rata dan tuangkan campuran dalam botol, simpan botol di dalam lemari es.

3 dari 6 halaman

3. Daun tulsi

Daun tulsi memiliki sifat yang tidak hanya mencegah pembentukan jerawat, tetapi juga dapat membantu mengurangi risiko infeksi kulit.

Tambahkan 7-8 daun tulsi ke dalam satu gelas air. Tuang campuran ini ke dalam panci dan biarkan mendidih selama 20 menit.

Tunggu hingga dingin lalu masukkan campuran ke dalam botol. Tempatkan botol di lemari es dan gunakan saat diperlukan.

 ilustrasi lidah buaya© Shutterstock

4. Gel lidah buaya

Gel lidah buaya memiliki sifat menenangkan, dan dapat membuat kulit bercahaya.

Tambahkan 2 sendok makan gel lidah buaya dan 3 sendok makan jus jeruk ke dalam mangkuk. Campur bahan-bahan ini dengan baik untuk membuat pasta cair dan tuangkan campuran ke dalam botol.

Jangan lupa simpan di lemari es.

Laporan: Raissa Anjanique
Sumber: Miss Kyra

4 dari 6 halaman

Rutin Gunakan Toner, Bikin Kulit Jadi Glowing!

Dream - Melakukan perawatan kulit secara rutin sangat penting untuk dilakukan. Bukan hanya akan membuat kulit selalu ternutrisi dan sehat, tapi membuatnya jadi lebih bercahaya.

Tak hanya itu, saat menggunakan make up, hasilnya pun akan paripurna. Salah satu produk penting dalam skincare harian adalah toner.

Sahabat Dream rutin menggunakannya? Jangan sampai tidak ada produk toner dalam skincare rutin harian.

Manfaat produk satu ini sangat banyak. Untuk itu, toner masuk dalam daftar skincare wajib punya. Ketahui manfaat toner dan cara tepat menggunakannya, seperti dilansir dari Boldsky.com. berikut.

5 dari 6 halaman

Apa Itu Toner?

Toner merupakan cairan yang mampu melembapkan wajah dan membantu mengencangkan kulit. Produk skincare ini sangat efektif untuk merawat kulit berjerawat dan membantu mengurangi beruntusan.

Dulu toner umumnya dikenal sebagai astringent, mungkin kamu pun pernah menggunakannya.

 shutterstock© shutterstock.com

Tapi astringent mengandung alkohol dan memiliki reaksi tertentu sehingga lebih berisiko merusak kulit. Kini, produk toner di pasaran sebagian besar mengandung bahan yang aman dan mampu menutrisi kulit dengan optimal.

Kuncinya, cari yang tak mengandung alkohol. Sesuaikan toner dengan kebutuhan, bisa berupa hydrating toner atau exfoliating toner.

6 dari 6 halaman

Apa Fungsi Toner?

Toner membantu membersihkan wajah secara maksimal dan menghilangkan sisa kotoran setelah menggunakan face cleanser. Bahkan, toner dapat menghilangkan sisa pembersih wajah. Berikut manfaat utama dari toner.

- Mengecilkan pori-pori

Toner membersihkan secara menyeluruh dengan menghilangkan kotoran dan mengencangkan pori-pori kulit agar lebih kencang dan kenyal.

- Mengembalikan keseimbangan pH

Kulit memiliki sifat asam dengan pH rendah dan jika keseimbangan ini terganggu, wajahmu akan sangat rentan terhadap jerawat maupun masalah kulit lainnya.

Pembersih yang biasa kita gunakan bisa mengacaukan pH kulit. Maka dari itu, menggunakan toner adalah cara cepat dan efektif untuk mengembalikan pH alami kulit.

 shutterstock© shutterstock.com

- Menghidrasi kulit

Toner biasanya bebas alkohol dengan yang melembapkan dan membuat kulit menjadi lebih kenyal.

- Membuat kulit lebih glowing

Dengan membersihkan secara menyeluruh, toner membantu menyegarkan dan membuat kulit lebih glowing.

- Mempermudah pengaplikasian skincare dan makeup

Toner juga cukup efisien dalam membantu meningkatkan penyerapan dan efektivitas produk lain yang akan digunakan.

Mengapa Harus Menggunakan Toner?

Alasan utama kamu harus menggunakan toner adalah untuk melindungi, meningkatkan penyerapan dan efektivitas produk yang dipakai pada kulit.

Pemakaian skincare akan sia-sia jika kulitmu tidak dapat memperoleh manfaat maksimal darinya.

 shutterstock© shutterstock.com

Toner memastikan bahwa kamu mendapatkan hasil maksimal dari produk perawatan kulit yang digunakan setelah toner.

Toner pun tidak hanya membuat kulit lembut dan kenyal, tapi juga membantu menjaga kulit dari bakteri serta infeksi.

Join Dream.co.id