Cara Mengatasi Makeup Cakey

Tutorial | Jumat, 17 April 2020 13:45
Cara Mengatasi Makeup Cakey

Reporter : Dwi Ratih

Nggak enak banget, ya, makeup cakey di saat waktu yang tidak tepat.

Dream - Biasa terjadi di masalah wanita. Saat makeup di pagi hari, riasan di wahag masih terlihat sempurna. Tetapi saat waktu makan siang, makeup mulai terlihat cakey dan ada garis-garis halus.

Siapa yang sering mengalami hal ini?

Dilansir dari Makeup.com, makeup artist yang berbasis di New York, Jonet Williamson, membeberkan tips untuk menghindari dan memperbaiki masalah makeup yang cakey.

Perhatikan Produk yang Digunakan

Menurut Williamson, makeup cakey paling sering disebabkan satu atau kedua hal berikut, " Tidak membersihkan dan mempersiapkan kulit dengan benar dan kerap menggunakan brush atau spons kotor."

Inilah mengapa persiapan yang dilakukan sebelum merias wajah sangat penting, mulailah dengan membersihkan kulit.

ilustrasi makeup© Shutterstock

Setiap beberapa hari, lakukan eksfoliasi kulit untuk menghilangkan sel-sel kulit mati, lalu selesaikan dengan pelembab dan sunscreen yang ringan.

Rutinitas perawatan kulit yang solid ini akan memberi wajah yang segar dan halus. Williamson juga merekomendasikan membersihkan kuas makeup atau spons setidaknya setiap dua minggu sekali.

2 dari 6 halaman

Banyak Produk Belum Tentu Baik

Penyebab umum ketiga dari tata rias cakey adalah menggunakan terlalu banyak produk.

" Coba aplikasikan bedak dan lip product dengan tipis sehingga semuanya teraplikasikan dengan benar tanpa terlihat cakey," kata Williamson.

Ilustrasi makeup© Shutterstock

Tips lain untuk mengaplikasikannya adalah menggunakan foundation cair dan concealer yang mengandung bahan-bahan seperti asam hialuronat agar mampu menghidrasi kulit.

" Jika menggunakan formula krim, saya akan membiarkannya sedikit meleleh menjadi konsistensi yang lebih cair sebelum dioleskan," katanya.

3 dari 6 halaman

Butuh Penyegar

Jika mengikuti langkah-langkah di atas dan makeup masih kelihatan cakey di siang hari, Williamson menyarankan untuk menyemprot spons dengan setting spray yang menghidrasi, lalu dengan lembut aplikasikan di daerah makeup yang cakey.

Spons tersebut dapat menyerap kelebihan produk apa pun dan menyatukan ulang makeup kita.

" Jika cakey di daerah undereye, coba hapus riasan di daerah itu, lembabkan ulang, lalu aplikasikan kembali concealer di bawah mata," katanya

Laporan: Raissa Anjanique

4 dari 6 halaman

Tips dan Trik Memakai Concealer Saat Merias Wajah

Dream - Concealer merupakan produk makeup yang ditujukan untuk menyamarkan noda di wajah. Tapi, kenyataannya concealer digunakan untuk berbagai hal.

Ada beberapa tips dan trik saat menggunakan concealer. Dari mulai menggambar segitiga terbalik, meratakan, sampai membaurkan. 

Dilansir dari Boldsky.com, berikut tips dan trik menggunakan concealer saat merias wajah: 

Menggambar Segitiga Terbalik 

Ketika ingin menutupi lingkaran hitam dan membuat area bawah mata lebih cerah, kamu harus menggunakan teknik pengaplikasian concealer yang tepat.

Bentuk concealer seperti segitiga terbalik. Jangan gunakan terlalu banyak produk dan pilih formula yang ringan agar lebih mudah diratakan serta lebih tahan lama.

5 dari 6 halaman

Meratakan Concealer


Memakai Concealer© Shutterstock.com

Jangan meratakan concealer dengan menggeser spons atau jari. Tepuk-tepuk produk sampai merata. Ini akan membuat concealer terlihat lebih flawless dan natural.

Memakai Foundation

Terdapat perdebatan perihal mana yang harus dipakai lebih dulu, antara concealer dan foundation. Kamu bisa memakai foundation atau concealer terlebih dulu.

Namun, pastikan produknya tidak mudah luntur karena saling tertimpa satu dengan yang lainnya. Paling tidak, biarkan produk yang dipakai lebih dulu sampai menyerap sempurna.

 

 

6 dari 6 halaman

Membaurkan Setting Powder

Memakai Setting Powder© Shutterstock.com

Membaurkan setting powder di atas concealer sangat penting untuk mencegah creasing. Kamu bisa memakai setting powder atau translucent powder pilihanmu.

Menyediakan Blotting Paper

Memakai Blotting Paper© Shutterstock.com

Blotting paper atau kertas minyak bisa mempertahankan penampilanmu agar bebas minyak, terutama di area bawah mata. Ini akan mencegah concealer agar tidak luntur akibat produksi minyak di wajah.

Memakai Concealer Sebagai Eye Primer

Memakai Eyeshadow Primer© Shutterstock.com

Terlepas dari fungsinya untuk menutupi noda di wajah, concealer dapat digunakan sebagai eye primer.

Bahkan, kamu bisa menggunakan concealer untuk mengkontur wajah seperti di sepanjang tulang hidung, di balik cuping hidung, mempertegas bentuk bibir dan alis.

(Sumber: Boldsky.com)

 

 

Join Dream.co.id