7 Cara Hilangkan Bulu di Wajah

Tutorial | Rabu, 29 Mei 2019 15:16
7 Cara Hilangkan Bulu di Wajah

Reporter : Cynthia Amanda Male

Apakah kamu memiliki rambut-rambut halus di sekujur wajah?

Dream - Pertumbuhan rambut yang tidak diinginkan membuat para wanita kurang nyaman. Terutama ketika rambut halus timbul di wajah.

Pertumbuhan rambut halus itu bisa disebabkan pengaruh genetik atau hormonal. Wajib kamu tahu kalau threading bukanlah cara satu-satunya dalam melenyapkan rambut-rambut halus itu.

Berikut beberapa cara menghilangkan rambut di wajah serta pro-kontranya, lalu pilihlah cara yang paling sesuai untuk mu!

2 dari 8 halaman

1. Threading

Metode paling umum untuk menghilangkan bulu atau rambut di wajah adalah threading. Langkah ini merupakan teknik yang menggunakan benang untuk melilit dan mencabut rambut dari akarnya.

Teknik ini mampu menunda pertumbuhan rambut untuk jangka waktu yang lebih lama. Tetapi, cara ini agak menyakitkan karena menarik rambut keluar dari akar dengan seutas benang. Bahkan, kulitmu bisa memerah.

 shutterstock

Jadi, disarankan untuk tidak melakukannya ketika ingin menghadiri acara tertentu. Lakukanlah threading ketika rambutmu baru saja tumbuh. Semakin banyak rambut akan semakin sakit juga rasanya.

Salah satu tips yang bisa diterapkan adalah meregangkan kulit menggunakan lidah sebisamu. Semakin banyak Sahabat Dream melakukan peregangan, semakin sedikit rasa sakitnya dan semakin efektif perawatannya.

Oleskan gel yang menenangkan atau es batu pada area tersebut saat selesai perawatan untuk sedikit menenangkan area tersebut.

Pro: Hemat di kantong, menghemat waktu dan dilakukan di tempat yang nyaman.

Kontra: Sedikit rasa sakit, menimbulkan kemerahan untuk sementara waktu.

3 dari 8 halaman

2. Waxing

Cara lainnya adalah waxing yang menggunakan hot wax yang diaplikasikan di atas bibirmu. Kemudian menggunakan wax strip, ditarik ke arah yang berlawanan agar rambut tercabut dari akarnya.

Terkadang teknik ini menyebabkan kemerahan di area tersebut untuk sementara waktu. Tapi, kamu tidak perlu khawatir karena bekas kemerahan akan pulih dengan cepat.

 shutterstock

Pro: Prosesnya cepat dan menghemat waktu, tidak terlalu mahal dan rambut tumbuh lebih lama.

Kontra: Timbul kemerahan untuk sementara waktu, agak menyakitkan, panjang rambut minimalnya harus satu sentimeter agar bisa melakukan waxing dan di beberapa tempat harganya cukup mahal.

4 dari 8 halaman

3. Epilator

Jika sudah mencoba kedua cara di atas, mungkin kamu belum pernah menggunakan epilator. Ini merupakan alat yang menggunakan baterai dan dapat digunakan untuk menghilangkan rambut atau bulu secara praktis.

Alat ini memiliki cara kerja yang mirip dengan tweezer. Perbedaannya adalah tweezer atau pinset hanya menarik satu rambut pada satu waktu, epilator mencabut banyak rambut sekaligus.

 shutterstock

Kamu hanya perlu menghidupkan epilator dan mulai mencukur bulu atau rambut di area atas bibir.

Pro: Tidak terlalu menyakitkan, waktunya tidak terlalu lama, praktis bisa dilakukan di rumah, Mengurangi pertumbuhan rambut dan bisa digunakan untuk kulit sensitif.

Kontra: Menyakitkan jika dilakukan pertama atau kedua kali, timbul kemerahan di awal pemakaian, menimbulkan luka jika kurang hati-hati serta cukup mahal ketika membeli alatnya.

5 dari 8 halaman

4. Shaving

Cara paling sederhana untuk menghilangkan bulu atau rambut adalah dengan mencukurnya. Kamu bisa menemukan pisau cukur di pasaran.

Pastikan untuk memakai pisau cukur yang nyaman dan tidak membuat kulitmu terluka. Cara ini tidak menyakitkan dan cepat, tetapi rambut akan lebih cepat tumbuh dalam satu atau dua hari.

 shutterstock

Jangan mencukur ketika rambut atau bulu di wajahmu belum sepenuhnya tumbuh dan gunakan shaving cream ketika ingin melakukannya.

Pro: Prosesnya cepat, praktis, tidak menyakitkan, murah dan bisa dilakukan di rumah.

Kontra: Membuat kulit lebih gelap, rambut cepat tumbuh kembali, menimbulkan luka jika dilakukan sembarangan.

6 dari 8 halaman

5. Tweezing

Menghilangkan rambut atau bulu di wajah menggunakan tweezer atau pinset merupakan cara yang sangat praktis, murah, namun memakan waktu.

Kamu hanya perlu mencabut satu persatu hingga semua rambut atau bulunya tercabut. Oleskan gel pelembap yang mampu menenangkan kulit setelah melakukannya.

 shutterstock

Pro: Sangat murah, dapat dilakukan di rumahdan pertumbuhan rambut menjadi lebih lambat setelah beberapa saat.

Kontra: Membutuhkan banyak kesabaran, memakan waktu dan agak menyakitkan jika belum terbiasa melakukannya.

7 dari 8 halaman

6. Menggunakan Krim

Krim pencukur rambut sangat efektif untuk menghilangkan bulu atau rambut di permukaan kulit. Krim ini sangat mudah ditemukan di pasaran dengan berbagai brand maupun harga.

Tapi, sebaiknya gunakan krim untuk kulit sensitif. Oleskan krim pada area tertentu. Lalu, biarkan selama beberapa saat.

Kemudian, hapus krim sembari mengangkat rambut yang sudah terangkat dan bilas area tersebut agar tetap bersih.

Pro: Praktis, tidak menyakitkan dan bisa dilakukan di rumah.

Kontra: Membuat kulit menghitam dan harganya bisa mahal untuk beberapa brand.

8 dari 8 halaman

7. Laser Hair Removal

Laser

 shutterstock

merupakan perawatan hair removal permanen yang mulai populer. Banyak orang memilih untuk melakukannya sehingga mereka tidak perlu mencukur rambut secara berkala.

Meski begitu, laser tidak sepenuhnya bisa membuat rambutmu tidak tumbuh kembali. Rambutmu mungkin akan tumbuh kembali setelah beberapa tahun atau jika ada perubahan hormonal dalam tubuh.

Dalam perawatan laser, cahaya terkonsentrasi akan diterapkan pada area spesifik dan menghancurkan folikel rambut untuk menghentikan pertumbuhannya.

Kamu perlu melakukan perawatan ini beberapa kali untuk bisa merasakan efeknya.

Pro: Relatif tidak menyakitkan dan bisa menjadi solusi jangka panjang.

Kontra: Mahal, efeknya bertahan untuk waktu cukup lama, hanya bisa dilakukan oleh para ahli serta memiliki faktor risiko.

Sumber: Boldsky

Alasan Nada Zaqiyyah Terjun Sebagai Desainer Fashion Muslim
Join Dream.co.id