3 Cara Praktis Lakukan Steamy Facial di Rumah

Tutorial | Jumat, 3 April 2020 11:36
3 Cara Praktis Lakukan Steamy Facial di Rumah

Reporter : Cynthia Amanda Male

Bisa menghilangkan kotoran pada wajah dan mencegah masalah kulit.

Dream - Steamy facial diklaim dapat menghilangkan kotoran, debu dan bakteri pada kulit. Pori-pori kulit akan terbuka, sehingga bisa mengatasi penyumbatan yang menyebabkan berbagai masalah kulit.

Steamy facial adalah perawatan yang dilakukan dengan mengompres wajah menggunakan uap hangat. Kamu mungkin pernah melihat teman atau kerabat yang menempel haduk panas di wajah. Iti adalah contoh kecil.

Melansir dari Miss Kyra, berikut adalah cara melakukan steamy facial di rumah agar wajah tetap bersih dan sehat.

Menggunakan Ember atau Pemanas Air

Jika menggunakan ember, tuangkan air panas ke dalamnya. Untuk pemanas, tuangkan air dan panaskan. Tambahkan beberapa tetes essential oil pada air.

Ketika air mulai mendidih, letakkan wajahmu di atas air dan balut rambut menggunakan handuk. Biarkan wajahmu terkena uap panas selama 8-10 menit dan biarkan hingga mengering.

Menggunakan Handuk

Ambil handuk untuk wajah dan rendam pada air panas. Peras handuk sampai sisa airnya menghilang. Tutupi wajah dengan handuk dan biarkan selama 8-10 menit. Lalu, tepuk-tepuk wajah dengan handuk kering yang berisp.

Menggunakan Steamer

Ini merupakan cara termudah untuk melakukan steamy facial. Tuangkan air pada steamer dan nyalakan. Balut rambut dennen handuk dan biarkan wajahmu menghangat. Tapi, jangan menghangatkan wajah lebih dari 3-4 menit agar tidak merusak kulit.

(Sumber: Miss Kyra)

2 dari 9 halaman

Facial Elektrik, Tren Perawatan Kulit Wajah Terbaru

Dream - Salah satu cara efektif untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan komedo di wajah adalah dengan melakukan facial.

Selain mengangkat sel kulit mati, facial akan membuat kondisi kulit wajah lebih maksimal menyerap setiap produk perawatan yang diaplikasikan ke wajah.

Sayangnya, sebagian orang enggan melakukan facial karena bisa menimbulkan rasa sakit seperti dicubit-cubit di bagian wajah.

Nah, bagi yang merasa takut melakukan facial, ada alternatif terbaru yang disebut facial elektrik. Diklaim tanpa menimbulkan rasa sakit, facial elektrik mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan komedo dengan mudah.

3 dari 9 halaman

Mampu kencangkan pori-pori

Tidak hanya itu, facial elektrik bisa mengurangi pembengkakan pada wajah, meningkatkan aliran limfatik, mengencangkan pori-pori dan kulit.

Yang membuat facial elektrik semakin banyak disukai karena teknik perawatan kulit wajah ini jadi favorit para artis Hollywood.

Tidak kurang dari bintang-bintang film seperti Jennifer Aniston, Eva Mendes, Priyanka Chopra, dan Sandra Bullock melakukan facial elektrik untuk menjaga penampilan kulit mereka.

 Ilustrasi facial elektrik© shutterstock.com

4 dari 9 halaman

Diolesi gel khusus terlebih dulu

Dalam melakukan facial elektrik, ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Sebelum perawatan, wajah akan diolesi gel khusus, yang juga berfungsi sebagai masker.

Kemudian, melalui aplikasi seluler yang disinkronkan dengan smartphone, kamu bisa memilih satu dari delapan pilihan perawatan.

Delapan pilihan tersebut digolongkan menurut lamanya waktu yang dibutuhkan untuk melakukan perawatan.

 Ilustrasi facial elektrik© shutterstock.com

5 dari 9 halaman

Membutuhkan waktu

Mulai dari perawatan memutihkan kulit (sekitar dua menit), mengangkat, menghaluskan, memutihkan (empat menit) hingga filling, mengangkat, memutihkan kulit kulit secara instan (12 menit).

Teknik facial elektrik ini menggunakan arus nano yang berguna untuk merangsang produksi kolagen pada kulit wajah.

 Ilustrasi facial elektrik© shutterstock.com

Perawatan lainnya dari facial elektrik juga menggunakan antioksidan yang dipercaya bisa membuat kulit tampak lebih bersinar.

Selain arus nano, perawatan kecantikan elektrik ini juga menggunakan arus mikro dan frekuensi radio untuk memberikan hasil yang maksimal.

Mereka yang melakukan facial elektrik ini tetap akan merasakan getaran meski tidak sampai membuat sakit kulit wajah selama perawatan.

Sumber: Times of India

6 dari 9 halaman

Coba Lakukan Facial Saat Cuaca Dingin, Rasakan Manfaatnya

Dream - Masuk musim dingin atau hujan, siap-siap dengan perubahan pada kulit. Itu berarti kamu juga perlu penyesuaian dalam merawat kulit.

Facial adalah langkah penting untuk menjaga kulitmu tetap sehat dan glowing. Perlu kamu tahu, di musim dingin adalah waktu yang tepat untuk meremajakan dan merawat kulit.

Jika belum pernah facial, inilah saat tepat untuk melakukannya. Terutama karena kamu dapat melihat perbedaan pada kulit setelah melakukannya.

 shutterstock© shutterstock.com

Facial tidak hanya meremajakan kulit tetapi ada beberapa tipe perawatan serupa di luar sana, yang secara khusus menargetkan masalah kulit yang berbeda.

Mengapa kulit membutuhkan perawatan ekstra? Apa manfaat facial di musim dingin? Seberapa sering kamu harus melakukan facial di musim dingin?

Dilansir dari Boldsky, berikut jawaban dari pertanyaan tersebut.

7 dari 9 halaman

Mengapa Kulit Membutuhkan Perawatan Ekstra di Musim Dingin?

Hawa yang dingin dan kering dapat menyerap kelembapan dari kulit dan membuat kulit kering. Jika ditambah dengan paparan sinar matahari berbahaya, kulit akan rusak.

 facial wajah© shutterstock

Jadi, perlu ada perubahan dalam cara merawat kulit. Facial dapat bekerja dengan sangat baik untuk mencegah kulit dari akibat buruk cuaca dingin dan memberikan apa yang dibutuhkan kulit. Berikut ini manfaat facial di musim dingin.

8 dari 9 halaman

1. Menambah Nutrisi Kulit

Kamu tidak dapat melindungi kulit dari efek buruk musim dingin. Untuk mempertahankan tekstur dan penampilannya, kulitmu membutuhkan nutrisi. Ditambah juga facial dapat membantu untuk menggantikannya.

Produk yang digunakan selama proses tersebut mengandung vitamin dan antioksidan penting untuk membantu menjaga kesehatan kulit.

Tidak hanya memberi manfaat antiaging, tetapi juga mengatasi peradangan, kerusakan akibat sinar matahari dan membantu meningkatkan fungsi lapisan kulit.

 shutterstock© shutterstock.com

2. Eksfoliasi

Penumpukan sel kulit mati akan lebih sering terjadi selama musim dingin. Kulit menjadi kering dan pergantian sel kulit juga berkurang.

Facial membantu eksfoliasi kulit dan membantu mengatasi masalah ini. Eksfoliasi bermanfaat untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan sisa kotoran dari kulit. Sehingga kulit terasa segar dan ternutrisi.

9 dari 9 halaman

3. Membersihkan Pori-Pori

Seperti dikatakan di atas, kulit menjadi kering dan penumpukan sel kulit mati meningkat. Ini menyebabkan pori-pori tersumbat. Ini dapat menyebabkan kerusakan permanen pada kulit.

Kamu bisa mengalami berbagai masalah kulit yang terjadi ketika pori-pori tersumbat, mulai dari jerawat hingga komedo.

Facial akan membersihkan lapisan terdalam, membuka pori-pori dan membuat kulitmu lembut serta segar.

 shutterstock© shutterstock.com

4. Memakai Pelembap

Seringkali kulit menjadi lebih kering selama cuaca dingin. Kulit kering dapat menyebabkan iritasi, gatal dan kemerahan.

Proses facial, memakai pelembap, serum dan masker wajah, sangat membantu melembapkan kulit dan bisa mengatasi kulit kering, bahkan mengelupas.

5. Membuat Wajah Lebih Glowing

Berbagai produk yang diaplikasikan pada kulit selama proses facial, akan menutrisi kulit.

Pijatan yang diberikan bisa meningkatkan sirkulasi darah sehingga membantu meningkatkan produksi kolagen untuk meningkatkan elastisitas kulit serta membuat kulit lebih glowing.

 shutterstock© shutterstock.com

Seberapa Sering Melakukan Facial Saat Cuaca Dingin

Untuk meremajakan kulit selama cuaca dingin, lakukan facial setiap 4-6 minggu. Tapi ingat, melakukannya sekali saja tidak akan membuat perbedaan. Kamu harus konsisten untuk benar-benar melihat perubahan pada kulit.

 7 Manfaat Mengagumkan Facial yang Jarang Diketahui© MEN

Join Dream.co.id