Dibuka Kembali Secara Terbatas, Ini Jadwal Kunjung TMII Bagi Wisatawan

Travel | Kamis, 24 November 2022 08:12

Reporter : Okti Nur Alifia

TMII kembali dibuka untuk pengunjung guna uji coba terbatas.

Dream - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang ditutup selama masa revitalisasi akhirnya resmi beroperasi kembali sejak Minggu, 20 November 2022. Namun di awal pembukaannya, pengelola TMII membatasi jumlah pengunjung guna melakukan uji coba terbatas.

Beroperasinya kembali taman rekreasi yang sudah hadir selama puluhan tahun ini sangat ditunggu masyarakat yang antusias melihat perubahan TMII yang menelan biaya revitalisasi hingga Rp1,3 triliun. Proses pembaruan juga cukup panjang karena memakan waktu kurang lebih 10 bulan.

Antusiasme itu terlihat dari data pembelian tiket secara online mulai 16 - 20 November 2022 yang telah memenuhi kuota 5.000 orang.

" Kita melakukan uji coba terbatas ini untuk memastikan bahwa destinasi TMII betul-betul siap dikunjungi wisatawan. Besar harapan, selain sebagai tempat rekreasi, TMII dapat berperan secara maksimal sebagai contoh bagi dunia tentang cara melestarikan sekaligus merepresentasikan kebudayaan dari suatu bangsa," tutur Direktur Utama PT TWC, Edy Setijono, dikutip dari Liputan6.com, Rabu, 23 November 2022.

Dibuka Kembali Secara Terbatas, Ini Jadwal Kunjung TMII Bagi Wisatawan
Taman Mini Indonesia Indah (Foto: Shutterstock.com)
2 dari 5 halaman

TMII memberikan ruang bagi budaya daerah untuk dikenal dan memberikan nilai edukasi kepada masyarakat.

" TMII memberikan ruang bagi budaya daerah untuk dikenal dan memberikan nilai edukasi kepada masyarakat," tutupnya. Meski begitu, pihak pengelola belum mengungkapkan masa pelaksanaan uji coba dan kapan TMII akan dibuka secara penuh atau 100 persen.

Revitalisasi ini merupakan wujud sinergi kerjasama yang baik antar stakeholder, yaitu Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta Kementerian BUMN.

" Revitalisasi Wajah Baru TMII ini memiliki peran sebagai contoh bagi dunia tentang cara melestarikan sekaligus merepresentasikan kebudayaan Bangsa Indonesia, sehingga budaya-budaya daerah di Indonesia dapat semakin dikenal dan memberikan nilai edukasi kepada masyarakat," terang kata

3 dari 5 halaman

Menurut Edy, aktualisasi dari Pilar Inclusive akan menghadirkan ruang-ruang publik di TMII, yang bisa dipergunakan oleh komunitas. Selaras dengan Pilar Green, TMII akan berkontribusi mengurangi emisi, sekaligus mensuplai oksigen di kawasan TMII.

" Untuk itu, diperlukan sinergitas yang baik antar pemangku kepentingan (stakeholder) dalam pengembangan Taman Mini Indonesia Indah," lanjutnya.

Pilar Culture, TMII akan memaksimalkan keberadaan anjungan-anjungan yang memberikan dampak positif. TMII merepresentasikan ragam budaya Indonesia melalui visinya sebagai The Ultimate Showcase of Indonesian Beauty.

Ada juga sarana dan prasarana yang direvitalisasi di TMII diantaranya: Penataan area gedung utama, renovasi joglo (Sasono Utomo, Sasono Langen Budoyo, dan Sasono Adiguno), renovasi museum, penataan lanskap anjungan dan pedestrian, penataan outer ring (halte), area parkir, dan gedung pengelola.

4 dari 5 halaman

Salah satu yang menjadi ciri khas dari TMII adalah danau archipelago yang merepresentasikan seluruh pulau yang ada di Indonesia. Selain itu, di sisi danau archipelago ini juga telah dilengkapi dengan fasilitas jogging track bagi orang-orang yang ingin sekadar berjalan santai atau berolahraga ringan mengelilingi danau ini.

Adapun penggunaan Trem Mover dimaksudkan untuk mendukung konsep dari Green Tourism yang diusung oleh pemerintah dan juga menjadikan TMII kawasan bebas emisi karbon.

Selain kereta gantung, mobil listrik dan juga skuter listrik juga akan menjadi moda transportasi yang dapat digunakan oleh para wisatawan apabila ingin berkeliling di sekitar TMII menggunakan jalur darat.

 

5 dari 5 halaman

Berikut jam operasional TMII selama masa uji coba terbatas:

Pintu Masuk

- Senin s.d Jumat : pukul 06.00 - 16.00 WIB

- Sabtu, Minggu dan Hari Libur Nasional : 05.00 - 16.00 WIB

Wahana

- Senin sd Jumat : 08.00 - 16.00 WIB

- Sabtu, Minggu dan Hari Libur Nasional : 08.00 - 16.00 WIB.

Laporan: Rena Safira

Join Dream.co.id