4 Pantai Sepi di Bali yang Simpan Pesona Tersendiri, Momen Healing Lebih Terpuaskan!

Travel | Jumat, 5 Agustus 2022 07:12

Reporter : Shania Suha Marwan

Menikmati desiran pasir dan ombak tanpa gangguan lalu-lalang banyak orang jadi sebuah kenikmatan tersendiri.

Dream - Disebut sebagai Pulau Dewata, Bali sangat terkenal dengan pantai-pantainya.  Tak hanya terkenal di kalangan wisatawan lokal, Bali sudah tersohor ke mancanegara hingga banyak wisatawan asing yang rela jauh-jauh datang untuk menikmati keindahan pantainya.

Beberapa pantai yang nampaknya sudah tidak asing lagi adalah Pantai Kuta, Seminyak, Nusa Dua, Suluban, Diamon Beach, dan masih banyak lagi.

 Ilustrasi© Shutterstock

Namun, menikmati pengalaman mantai yang sepi juga tak boleh kamu lewatkan begitu saja, Sahabat Dream. Menjelajahi pantai yang sepi, dapat membuat kamu terasa seperti berada di pantai pribadi. 

Bayangkan, kamu menikmati healing dan me time yang tak ternilai harganya dengan tidur di atas pasir beratapkan langit sambil mendengar desiran ombak kecil yang memanjakan telinga dan pikiran. Momen itu bisa dinikmati sepuasnya tanpa takut terganggu oleh pengunjung pantai lain.

Sudah mulai tergiur dengan khalayan menghabiskan me time seperti itu, kamu bisa menikmati beberapa pantai sepi di area Bali Selatan seperti rekomendasi berikut ini!

4 Pantai Sepi di Bali yang Simpan Pesona Tersendiri, Momen Healing Lebih Terpuaskan!
Foto: Ilustrasi/Shutterstock
2 dari 7 halaman

Pantai Melasti

Pertama ada Pantai Melasti yang berada di area Ungasan, dekat dengan Karma Kandara. Kamu akan disambut dengan tebing kapur, dan air laut gradasi tosca dan biru.

Warna pasir cokelat muda yang ada di pantai ini menambah keindahan Pantai Melasti. 

 Pantai Melasti© Ilustrasi/ Shutterstock

Pantai Suluban

 Pantai Melasti© Ilustrasi/ Shutterstock

Berada di area Pecatu dengan tiket masuknya hanya Rp5.000 untuk wisatawan lokal, kamu harus menuruni tebing dengan tangga berunduk turun, untuk bisa sampai ke pantainya.

Pantai ini memiliki keindahannya sendiri dari tebing yang membentuk seperti setengah gua yang terbuka. 

3 dari 7 halaman

Pantai Balangan

 Pantai Balangan © Ilustrasi/ Shutterstock

Pantai satu ini cukup tersembunyi dan biasanya dinikmati pemandangannya dari atas tebing.

Namun, kamu juga bisa mengunjungi pantai ini yang memiliki air laut bergradasi dan lingkungan bersih.

Karena kebanyakan orang menikmati Pantai Balangan dari tebing, membuat kamu yang bermain di pantainya akan menikmati suasana yang sepi seakan pantai tersebut milik kamu pribadi.

Pantai Jimbaran

 Pantai Balangan © Ilustrasi/ Shutterstock

Pantai yang satu ini akan memanjakan kamu dengan beragam kuliner lautnya.

Kamu bisa berkunjung ke Pasar Ikan Kedonganan, atau langsung berkunjung ke restoran yang menyediakan makanan laut.

Kamu akan dimanjakan dengan pemandangan pantai, sambil menyantap makanan laut yang masih segar.

Sumber: Have Halal with Travel

4 dari 7 halaman

Masuk 50 Besar ADWI, Menteri Sandiaga Pamer Potensi Desa Wisata Belitar Seberang Bengkulu

Dream - Desa Wisata Belitar Seberang yang berada di Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, masuk 50 besar desa wisata terbaik di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi pencapaian ini sebagai hasil kolaborasi yang apik antara masyarakat melalui kelompok sadar wisata (Pokdarwis) setempat dan didukung pemerintah kabupaten, pemerintah provinsi, serta pemerintah pusat.

Gandeng Kemenparekraf, 4 Desa Wisata Bersaing Jadi 'Jagoan Pariwisata' Tiket.com

“ Desa Wisata Belitar Seberang merupakan salah satu destinasi unggulan dengan alamnya yang indah sebagai salah satu daya tarik utama,” kata Sandiaga saat berkunjung ke Desa Wisata Belitar Seberang, Kecamatan Sindang Kelingi, Rejang Lebong, Bengkulu, pada Selasa, 2 Agustus 2022 kemarin.

Sandiaga berharap capaian ini akan semakin meningkatkan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi dari seluruh pemangku kepentingan di Desa Wisata Belitar Seberang dalam meningkatkan kelestarian alam.

" Selamat untuk Belitar Seberang, kalian luar biasa layak menjdi pemenang dan betul-betul mendapatkan bintang. Di Bengkulu ini ada desa wisata yang harus kita tingkatkan," ujar Menparekraf Republik Indonesia (RI) itu.

" Terima kasih kepada teman-teman semua yang sudah menerapkan best practice jalan menuju ke Air Terjun Tri Sakti dan Puspa Dewi, sehingga wisatawan bisa menikmati perjalanan ke air terjun dengan aman. Terima kasih sudah melestarikan keindahan alam di Bengkulu,” tambahnya.

5 dari 7 halaman

Fenomena air terjun di sini

Desa Wisata Belitar Seberang sendiri menawarkan wisata alam, wisata buatan, dan wisata budaya yang unik ditunjang dengan fasilitas pendukung yang lengkap.

Objek wisata utamanya berupa air terjun bernama Air Terjun Tri Sakti dan Air Terjun Puspa Dewi.

11 Ide Liburan Seru, Dijamin Nggak Membosankan!

 Desa Wisata Belitar Seberang Bengkulu© Menparekraf RI Sandiaga Uno

 Desa Wisata Belitar Seberang Bengkulu© Kemenparekraf RI

Air Terjun Tri Sakti memiliki air dengan suhu yang dingin, sementara Air Terjun Puspa Dewi bersuhu panas. Kedua aliran air ini akan bertemu dan menyatu di satu titik.

Fenomena air terjun ini merupakan satu-satunya di Indonesia.

6 dari 7 halaman

Air terjun yang memukau

Sandiaga menjelaskan bahwa representasi keanggunan dari Air Terjun Puspa Dewi, membuat kedua air terjun ini diibaratkan pria dan wanita yang saling melengkapi.

Ia pun meminta saran nama untuk mempresentasikan fenomena air terjun ini.

5 Kota Ramah Muslim di Eropa, Wajib Banget Masuk Itinerary

" Saya akan membuka sayembara penamaan dari dua air terjun yang bersatu, jadi kita akan umumkan sampai akhir Oktober 2022. Nanti pemenang dari pada nama akan diumumkan saat acara puncak ADWI,” kata Sandiaga.

 Desa Wisata Belitar Seberang Bengkulu© Kemenparekraf RI

Bukan hanya itu, di sekitar air terjun Tri Sakti juga mengalir empat air terjun lain dengan ketinggian sekitar 40 meter hingga 86 meter, serta goa atau sarang walet dan goa kelelawar.

Jika Sahabat Dream berkesempatan ke sini, kamu bisa menikmati tiga wisata alam sekaligus dalam satu tempat.

Selain itu, Desa Belitar Seberang memiliki wisata edukasi pengolahan nira. Di dalamnya, kamu bisa belajar mengolah air nira mulai dari penyadapan sampai menjadi gula merah.

Akan ada kemitraan

 Desa Wisata Belitar Seberang Bengkulu© Kemenparekraf RI

Ada juga wisata budaya kuda lumping serta yang tidak boleh terlewat, wisata kuliner memakan balendu atau ulat pohon. Makanan ekstrim ini bisa dinikmati hidup-hidup atau dimasak terlebih dahulu dalam bentuk lauk yang sudah digoreng.

5 Resor Terbaik di Negaranya Shah Rukh Khan, India

 Desa Wisata Belitar Seberang Bengkulu© Kemenparekraf RI

“ Untuk meningkatkan pengembangan Desa Wisata Belitar Seberang, Kemenparekraf akan melakukan pelatihan dan pendampingan, kami akan terus melakukan kemitraan. Saya juga membuat konten untuk mempromosikan Desa Wisata Belitar Seberang ini," tegas Sandiaga.

 

7 dari 7 halaman

Ungkapan Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah

Di kesempatan ini, pria kelahiran 28 Juni 1969 berharap tak cuma wisatawan nusantara saja yang bisa datang ke kawasan ini, tapi juga wisatawan mancanegara.

" Kita harus bangkitakan lapangan kerja dan peluang usaha di sini,” katanya bersemangat.

Ide Perjalanan di Seoul Selama 5 Hari

 Desa Wisata Belitar Seberang Bengkulu© Kemenparekraf RI

 Desa Wisata Belitar Seberang Bengkulu© Kemenparekraf RI

Hadir bersama Menparekraf, Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, menyampaikan terima masih mepada Menparekraf yang telah mendukung pengembangan Desa Wisata Belitar Seberang.

“ Saya sangat bahagia Bengkulu dikarunia destinasi wisata, tidak hanya ada sejarah tapi juga alam yang luar biasa berupa Air Terjun Tri Sakti dan Puspa Dewi. Kita beruntung punya Menparekraf yang gesit, kreatif, dan juga konkrit. Kita juga beruntung karena hari ini bisa melaksanakan penganugerahan 50 besar desa wisata Indonesia,” uangkap Rohidin.

Join Dream.co.id