Nikmati Keindahan di 5 Destinasi Sekitar Tawangmangu

Destination | Jumat, 25 Oktober 2019 11:11

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini

Salah satu alternatif liburan yang menarik saat berada di Solo yaitu berwisata di Tawangmangu.

Dream – Solo memang terkenal dengan destinasi wisata kotanya yang unik dan bersejarah. Tetapi, tentu bosan jika terlalu lama berjalan-jalan menyusuri tiap sudut kota ini. 

Jangan khawatir. Tidak jauh dari Solo ada destinasi alam yang indah. Tepatnya di Tawangmangu. 

Tawangmangu merupakan nama salah satu kecamatan di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Jaraknya dari Kota Solo sekitar 40 Km.

Di sini, kamu bisa menikmati sejuknya udara pegunungan. Ini karena Tawangmangu berada di lereng barat Gunung Lawu.

Tawangmangu juga menyuguhkan pemandangan mempesona. Kamu bisa menikmati pemandangan kebun sayur berpadu hutan yang teduh. 

Akses ke kawasan ini terbilang cukup mudah. Penasaran dengan apa saja yang ada di Tawangmangu? Yuk intip ulasan wisata Tawangmangu berikut ini. 

Nikmati Keindahan di 5 Destinasi Sekitar Tawangmangu
Shutterstock.com
2 dari 6 halaman

Bumi Perkemahan Sekipan

Bumi Perkemahan Sekipan berlokasi di Desa Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar. Kawasan ini berada di ketinggian 1.100 meter dari permukaan laut.

Tak hanya punya area Camping Ground, objek wisata ini juga kerap dijadikan ladang penelitian. Bumi Perkemahan Sekipan ini memiliki beragam jenis tanaman hutan. Tak mengherankan jika destinasi ini menjadi tempat liburan terbaik bagi keluarga.

Kamu bisa menginap di tempat ini dengan konsep camping. Di sini kamu juga bisa sekedar duduk santai sambil menikmati suasana pegunungan yang begitu menenangkan.

Untuk masuk ke dalam Bumi Perkemahan Sekipan, para pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp7.500 setiap orang. Jika ingin menikmati sensasi menginap yang berbeda, setiap orang dikenakan biaya Rp10 ribu per malamnya.

 

3 dari 6 halaman

New Balekambang

Berlokasi tak jauh dari Sekipan, Tawangmangu punya objek wisata lainnya yaitu New Balekambang. Tempat ini tak kalah serunya dari objek wisata lainnya.

Destinasi yang tergolong masih baru ini berisi taman wisata dengan berbagai macam wahana dan atraksi di menarik. Kamu bisa melihat sejumlah miniatur ikon dunia seperti Candi Borobudur hingga Menara Eiffel.

Selain itu, New Balekambang juga memiliki sejumlah wahana berupa outbond, flying fox, paint ball, high rope, ATV dan masih banyak lainnya.

Untuk bisa masuk ke dalam taman hiburan ini para pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp12 ribu setiap orangnya pada hari biasa. Di akhir pekan, tarif masukya menjadi Rp15 ribu per orang.

4 dari 6 halaman

Rumah Atsiri Indonesia

Wisata edukasi yang baru dibuka pada 2018 ini sudah ramai dikunjungi. Rumah Atsiri ini merupakan taman rekreasi serta edukasi untuk mengenal tanaman bunga atsiri pertama di Indonesia.

Bagi yang belum tahu, atsiri atau minyak esensial kerap dijadikan sebagai bahan utama dalam pembuatan produk kesehatan, kecantikan hingga makanan. Dulu saat Perang Dunia II, Rumah Atsiri Indonesia ini berupa pabrik citronella dan menjadi salah satu penghasil minyak atsiri terbaik di dunia.

Di sini kamu bisa mengikuti tur menyusuri seluk beluk bekas pabrik citronella. Kamu akan dapat banyak pengetahuan baru seputar produksi minyak atsiri.

Bonusnya, selama mengikuti tur, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan taman atsiri yang mempesona.

Untuk bisa menikmati segala keindahan tersebut, kamu cukup menyediakan uang sebesar Rp50 ribu setiap orang. Denga uang sebesar itu, kamu sudah bisa mengikuti sejumlah aktivitas di Rumah Atsiri Indonesia mulai workshop, berbelanja oleh-oleh hingga menyantap sajian atsiri di resto yang telah disediakan.

5 dari 6 halaman

Grojogan Sewu

Ingin merasakan percikan air pegunungan? Grojogan Sewu bisa menjadi salah satu destinasi yang cocok.

Grojogan Sewu memiliki arti air terjun seribu. Bukan sembarang nama, kata sewu di sini berasal dari seribu percak atau jika diartikan 1 pecak berarti 1 kaki orang dewasa. Ya memang, seribu pecak tersebut merupakan perlambangan dari tinggi air terjun ini.

Wisata Grojogan Sewu memiliki luas 20 hektare yang didominasi pepohonan dari berbagai jenis. Menariknya, di sini kamu bisa menemukan sekelompok kera jinak.

Tidak hanya itu, Grojogan Sewu juga memiliki beberapa fasilitas dan wahana mengasyikkan. Seperti Flying Fox, kolam renang, mushola, MCK, tempat istirahat, kedai makanan, kedai buah hingga pusat cideramata.

6 dari 6 halaman

Pasar Wisata Tawangmangu

Berkunjung ke Tawangmangu tak akan lengkap rasanya bila tidak mampir ke Pasar Wisata Tawangmangu. Pasar ini merupakan salah satu pasar tradisional yang ada di kawasan pegunungan tersebut.

Bedanya, Pasar Wisata Tawangmangu sudah didekorasi sedemikian rupa hingga menampilkan terkesan modern. Kamu bisa menemukan beragam oleh-oleh khas Tawangmangu di sini.

Tak hanya itu, kamu juga bisa membeli benih beberapa tanaman hias untuk menambah koleksi di rumah.

Terletak di Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, pasar modern ini memiliki 3 lantai dengan penataan yang cukup rapi. Pengelola juga telah mendesain tata ruang yang bisa memudahkan para pengunjung untuk menemukan barang yang dicarinya.

Cobalah juga untuk mampir di beberapa kedai jajanan khas Tawangmangu yang berjejer di depan Pasar Wisata Tawangmangu.
 
(Sumber: Liputan6)

Join Dream.co.id