Wusssh! Serunya Menjajal Shinkansen-nya Taiwan

Taiwan High Speed Rail (THSR)
NEWS  |  5 Desember 2019 19:19

Jalur kereta cepat atau kereta peluru ini panjangnya sekitar 345 km, dari Taipei di utara Taiwan hingga Kaohsiung di sisi selatannya.

Reporter : Sandy Mahaputra

Dream - Traveler kini bisa mudah dan cepat menjelahi berbagai penjuru Taiwan dengan Taiwan High Speed Rail (THSR). Yup, gak cuma Jepang yang punya Shinkansen, Taiwan juga memiliki kereta peluru.

Dream berkesempatan menjajal Taiwan High Speed Rail (THSR) dalam rangkaian kegiatan Media Fam Trip, Taiwan Tourism Bureau, akhir pekan kemarin.

 Taiwan High Speed Rail (THSR)

Rombongan berangkat dari Taipei menuju Taichung, jaraknya seperti Jakarta-Bandung. Jika menggunakan bus waktu tempuhnya bisa sampai 3 jam. Namun dengan kereta peluru THSR cukup 45 menit saja!

Penasaran seperti?

Jalur kereta cepat atau kereta peluru ini panjangnya sekitar 345 km, dari Taipei di utara Taiwan hingga Kaohsiung di sisi selatannya. Bentuk kereta peluru ini mirip Shinkansen di Jepang. Warnanya didominasi putih dan oranye.

 Taiwan High Speed Rail (THSR)

Dream beserta rombongan berangkat dari stasiun THSR Taipei. Ukuran stasiun kereta peluru ini cuma besar, dua kali stasiun Kota Jakarta.

 Taiwan High Speed Rail (THSR)

Di lobby stasiun kalian akan berjumpa pekerja asal Indonesia. Ya, biasanya ini jadi titik kumpul mereka untuk beranjangsana saat libur akhir pekan.

 Taiwan High Speed Rail (THSR)

Suasana stasiun sangat bersih. Lebih mirip seperti bandara. Di dalam juga terdapat kedai-kedai makanan dan mini market. Traveler juga tak perlu khawatir kereta delay atau terlambat. THSR sangat tepat waktu.

 Taiwan High Speed Rail (THSR)

Benar saja. Shinkansen-nya Taiwan tiba pas, sesuai waktu keberangkatan yang ada di tiket.

Begitu masuk suasana gerbong kereta cepat langsung terisi penuh penumpang. Formasi tempat duduk di THSR, yaitu 2 dan 3 kursi dalam satu baris. Kursinya lumayan nyaman dan ruang kakinya cukup lega.

 Taiwan High Speed Rail (THSR)

Buat traveler yang membawa koper besar gak perlu ribet karena tersedia tempat meletakkannya di pojok gerbong. Sedangkan barang bawaan yang lebih kecil, bisa diletakkan di tempat bagasi pada sisi atas kabin atau di bawah kursi.

 Taiwan High Speed Rail (THSR)

Wusssh! Kereta langsung melesat kencang. Selama perjalanan mata Traveler bakal dimanjakan pemandangan keren, mulai dari perbukitan, ladang hingga tempat tinggal penduduk.

Meski berjalan begitu cepat, di dalam gerbong penumpang tetap terasa nyaman tanpa merasakan guncangan yang berarti. Bahkan, nyaman sekali buat kamu untuk membuka laptop sembari bekerja di dalam kereta.

 Taiwan High Speed Rail (THSR)

Traveler bisa mudah berjalan-jalan di dalam gerbong. Toiletnya juga bersih dan terdapat fasilitas Wi-Fi gratis. 

Tidak terasa, perjalanan semakin mendekati akhir. Dream dan rombongan tiba di Taichung.

Biaya kereta cepat ini beragam, tergantung rute yang dipilih. Untuk rute Taipei-Taichung misalnya, harga tiketnya 665 dolar Taiwan atau sekitar Rp 315 ribu.

 Taiwan High Speed Rail (THSR)

Menariknya lagi nih, di stasiun Taichung terdapat fasilitas Mushola. Tak sulit menemukannya--tidak jauh dari restroom. Di situ terdapat keterangan bertuliskan 'Muslim Prayer Room'. Kalau bingung, traveler bisa tanya langsung petugas stasiun.

 Taiwan High Speed Rail (THSR)

Ruang mushola sangat bersih dan nyaman. Ukurannya 3x4 meter. Terdapat tiga sajadah dan petunjuk kiblat. Nah, untuk wudhu-nya tersedia di dalam toilet sebelah Mushola.

 Taiwan High Speed Rail (THSR)

Namun perlu dicatat, ruangan ini dikunci jika sedang tidak digunakan. Jika traveler mau menggunakan bisa meminta bantuan petugas. Caranya, cukup telepon petugas saja. Terdapat telepon yang dipasang pada dinding samping pintu Mushola.

 Taiwan High Speed Rail (THSR)

Wah benar-benar yahud banget fasilitas dan pelayanannya. Jalan-jalan keliling Taiwan pun makin gampang dan asyik.

Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Desain Baju Muslim Anak Ria Miranda x Nussa Official
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :