Waktu Terbaik Lihat Masyarakat NTT Berburu Paus

News-travel | Selasa, 8 Mei 2018 07:45
Waktu Terbaik Lihat Masyarakat NTT Berburu Paus
Ilustrasi Paus (Shutterstock)

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an

Sebelum berburu paus, masyarakat NTT melakukan ritual khusus.

Dream - Masyarakat Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki tradisi berburu paus. Biasanya, masyarakat berburu mamalia terbesar di dunia ini pada Mei-Oktober setiap tahunnya, berbarengan dengan proses migrasi paus.

Meski begitu, menurut Kepala Dinas Pariwisata Lembata, Apolonaris Mayan, proses perburuan tidak dilakukan secara besar-besaran dan setiap hari. Proses berburunya pun dilakukan hanya menggunakan tombak.

Sebelum berburu paus, dilakukan upacara khusus mulai 29 April hingga 1 Mei. Ritual itu biasa digelar di sebuah batu berbentuk paus.

" Kepercayaan di sana kan Katolik, masyarakat mengawali korban misa. Di sana itu tidak mendukung aspek pertanian. Laut kebanyakan. Jadi masyarakat percaya ikan paus yang diburu merupakan pemberian dari Tuhan," ujar Mayan di Gedung Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin 7 Mei 2018.

Setelah mendapat paus hasil buruan, masyarakat kemudian memakannya secara bersama-sama dan dibagikan kepada janda-janda. Selain itu, sebagian dagingnya juga ditukar di pasar barter Wulandoni untuk ditukar dengan hasil bumi.

Mayan menjelaskan, paus biru dan paus yang sedang hamil tidak masuk dalam target buruan.

" Paus biru dalam keyakinan mereka itu kan ada kedekatan dalam batin," kata dia.

Join Dream.co.id