Wabah Corona Menyebar, AirAsia Batalkan Penerbangan ke Wuhan

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
NEWS  |  25 Januari 2020 13:10

AirAsia memberlakukan tiga skema perubahan jadwal penerbangan.

Reporter : Ahmad Baiquni

Dream - Menyebarnya wabah corona di Wuhan, China, menimbulkan kekhawatiran banyak pihak. Termasuk pelaku industri pariwisata.

Maskapai asal Malaysia, AirAsia memutuskan membatalkan seluruh jadwal penerbangan dari dan menuju Wuhan. Pembatalan ini diberlakukan hingga 28 Januari 2020.

" Seluruh penerbangan AirAsia dari Kota Kinabalu, Bangkok, Phuket ke Wuhan," demikian pernyataan manajemen AirAsia.

Sejauh ini, rute ke Wuhan dilayani AirAsia dari tiga kota di Thailand tersebut. AirAsia belum melayani rute dari Indonesia langsung ke Wuhan.

 AirAsia

Dasar pembatalan tersebut yaitu pemberitahuan resmi yang dikeluarkan oleh Pemerintah China. AirAsia selalu mengutamakan keamanan dan keselamatan penumpang serta selalu mengikuti arahan dari otoritas kesehatan setempat dan World Health Organization (WHO).

" AirAsia mengimbau kepada penumpang yang berada di Wuhan untuk mengiktui arahan dari pemerintah China dan otoritas kesehatan serta menghubungi kantor kedutaan atau perwakilan diplomatik yang berada di China untuk bantuan lebih lanjut," demikian lanjut pengumuman tersebut.

Bagi calon penumpang yang terkena dampak pembatalan, AirAsia memberikan kompensasi berupa penjadwalan ulang melalui tiga skema. Tiga skema tersebut yaitu mengubah rute, akun kredit atau pengembalian dana.

Jika ubah rute dipilih, penumpang bisa terbang dari kota lain di China menuju Kota Kinabalu, Bangkok, dan Phuket. Pengalihan ini tidak dikenakan biaya tambahan sama sekali.

 AirAsia

" Tersedia untuk penerbangan hingga tanggal 29 Februari 2020," demikian pengumuman tersebut.

Apalagi opsi yang dipilih adalah pengembalian dana, maka akan disesuaikan dengan metode pembayaran yang digunakan. Nilainya sesuai dengan jumlah yang dibayarkan saat memesan tiket dan tersedia hingga 15 Februaru 2020 untuk tiket ke Wuhan dan 16-29 Februari 2020 untuk tiket kembali dari Wuhan.

" Pengembalian dana untuk tiket yang dipensa melalui agen perjalanan termasuk online travel agent (OTA) hanya dapat dilakukan melalui agen tempat tiket tersebut dipesan," lanjut pengumuman tersebut.

Sumber: Liputan6.com/Dinny Mutiah

Cara Samuel Rizal Terapkan Hidup Sehat Pada Anak
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Cara Eriska Rein Edukasi Tontonan untuk Anak
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :