Traveling Jadi Sarana Ajarkan Anak Tentang Dampak Perubahan Iklim

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
NEWS  |  10 Maret 2020 17:33

Melihat langsung kondisi alam dapat menjadi sarana pembelajaran efektif untuk buah hati.

Reporter : Ahmad Baiquni

Dream - Dampak perubahan iklim benar-benar terasa dalam kehidupan saat ini. Seperti suhu ekstrem hingga mencairnya es di kawasan kutub.

Memahami dampak dari perubahan iklim tentu sangat penting dan harus menjadi perhatian bersama. Tetapi, menyampaikannya kepada anak-anak tentu bukan hal sepele.

Akun kampanye pelestarian lingkungan, The Dodo, mengunggah sebuah video yang menunjukkan seorang ibu traveling bersama dua anaknya masih kecil. Ibu tersebut mengajak anak-anaknya untuk menyaksikan bayi anjing laut yang habitatnya terancam.

" Selama kunjungan saya selalu bilang, 'Ingat wajah hewan-hewan yang kalian temui, betapa lucu, betapa lucu dan apapun yang kalian lakukan bisa memengaruhi upaya mereka bertahan hidup," ujar ibu tersebut.

 Anjing Laut

Mengajarkan perubahan iklim kepada anak-anak sangat efektif melalui pertemuan dengan hewan yang terkena dampaknya. Ibu tersebut mengajak anaknya terbang menuju Quebec, Kanada.

" Saat terbang di area itu, kalian akan melihat ribuan ibu dan bayi anjing laut di atas lapisan es. Lalu, kalian pun mendarat di atas es dan mulai berjalan di area sekitar," kata ibu itu.

" Kalian akan melihat bayi anjing laut rebahan di atas lapisan es dan ibu mereka keluar-masuk air untuk mencarikan makanan," ucap dia melanjutkan.

 Anjing Laut

Bayi-bayi anjing laut tersebut baru berusia 10 hari sejak lahir. Kondisinya masih sangat rapuh, belum bisa melihat maupun berenang.

" Pada dasarnya, belum bisa melakukan hal-hal esensial untuk bertahan hidup," kata dia.

Ikatan antara induk dengan bayi anjing laut sangat luar biasa. Sang induk menyusui bayi-bayinya dengan sangat protektif.

Setelah 10 hari kelahiran, sang induk akan mengajarkan bayi-bayi itu berenang. Bayi-bayi hewan itu butuh lapisan es yang tebal, sementara perubahan iklim justru membuat es mencair.

" Jadi kalau bayi-bayi anjing laut ini belum bisa berenang saat es mencair, mereka akan tenggelam," ucap dia.

Sumber: Liputan6.com/Asnida Riani

Wajib Tahu! Ini Kiat Merawat Kulit Anak Agar Sehat dan Halus
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Melihat Kelanjutan Nasib Konser Tunggal Ayu Ting Ting
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :