Tolak Pakai Masker di Dalam Pesawat, Maskapai Ini Turunkan Paksa Penumpang

Pesawat Hokkaido Air System (Shutterstock.com)
NEWS  |  16 September 2020 11:10

Insiden penurunan paksa tersebut terjadi beberapa menit sebelum pesawat lepas landas.

Reporter : Ahmad Baiquni

Dream - Salah satu maskapai di Jepang menurunkan paksa seorang penumpang pria yang hendak melakukan penerbangan domestik. Penyebabnya, penumpang tersebut tak mau dan menolak imbauan memakai masker di dalam pesawat.

Insiden itu terjadi dalam sebuah pesawat milik maskapai berbiaya rendah Japan Airlines pada Sabtu sore. Tepatnya beberapa menit sebelum pesawat bersiap lepas landas.

" Kami memutuskan aksi (pria itu) telah melanggar aturan di dalam pesawat," ujar pejabat Hokkaido Air System Co, dikutip dari Japan Today.

Pejabat tersebut juga mengatakan tidak ada penjelasan dari pria tersebut mengapa dia enggan memakai masker. Pihaknya mungkin bisa memberikan jalan keluar jika penumpang tersebut bisa menjelaskan alasannya.

" Kami mungkin bisa membuat penyesuaian untuk dia tetap terbang tanpa menggunakan masker, seperti menyiapkan kursi lain untuk dia," kata pejabat tersebut.

Belakangan, penumpang tersebut mengungkapkan alasannya tidak mau mengenakan masker. Dia mengaku kerap mengalami ruam atau merasa tercekik karena memakai masker.

Sayangnya, dia tidak mau mengungkapkan alasannya di depan penumpang lain. Hal itu memicu kesalahpahaman hingga menyebabkan pria tersebut harus terusir dari pesawat.

Insiden ini berlangsung di dalam pesawat yang akan terbang dengan rute Okushiri-Hakodate di Hokkaido. Akibat peristiwa ini, jadwal lepas landas pesawat berpenumpang 21 orang tersebut harus tertunda 30 menit.

Insiden ini bukan pertama kali terjadi di dunia penerbangan Jepang selama masa pandemi Covid-19 berlangsung. Salah satu pesawat milik anak perusahaan ANA Holdings Inc, Peach, terpaksa mendarat darurat. Hal itu dilakukan lantaran ada satu penumpang yang tidak mau memakai masker sehingga harus diturunkan paksa.

Pesawat yang terbang dari Bandara Kushiro, Hokkaido, itu mendarat di sebuah bandara saat dalam penerbangan menuju Bandara Kansai di Prefektur Osaka. Akibatnya, waktu penerbangan pesawat tersebut menjadi lama dari jadwal seharusnya, menjadi 2 jam 15 menit.

Sumber: Japan Today

"MILENIAL MEMBANGUN NEGERI PESTA RAKYAT SIMPEDES 2020 "
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
"MILENIAL MEMBANGUN NEGERI PESTA RAKYAT SIMPEDES 2020 "
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :