Tips Mencegah Influenza Saat Liburan

News-travel | Selasa, 26 November 2019 09:10

Reporter : Cynthia Amanda Male

Jika berencana liburan dalam waktu lama, dianjurkan vaksin.

Dream - Siapa yang tidak senang dengan traveling? Membayangkan pemandangan dan aktivitas selama berada di tempat wisata saja sudah membuat tidak sadar.

Tentu tidak ada yang ingin agenda travelingnya berjalan kacau. Apalagi jika sampai sakit. Bukannya puas, adanya malah ingin ngamuk.

Itulah sebabnya persiapan yang matang perlu kamu lakukan, Sahabat Dream. Terutama soal kesehatan, yang satu ini tidak bisa ditawar-tawar lagi.

 

Tips Mencegah Influenza Saat Liburan
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
2 dari 3 halaman

Siapkan Obat-obatan Yang Diperlukan

Ketika akan traveling ke luar negeri dengan suhunya berbeda, kamu harus pastikan tubuhnya dalam kondisi prima. Selain itu, jangan lupa selalu membawa obat-obatan yang sekiranya diperlukan.

 Traveling
© Shutterstock

Apalagi jika bepergian ke negara yang sedang mengalami musim dingin. Kamu perlu membawa obat penahan rasa nyeri dan peredam demam jika ternyata kamu terserang influenza.

" Pastikan juga kita berada dalam kondisi sehat sebelum perjalanan," ujar Ketua Perhimpunan Alergi-Imunologi Indonesia, Iris Rengganis dalam talkshow bertajuk 'Vaksinasi Influenza, Cara Tepat Hindari Gangguan Influenza Selama Musim Liburan' di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin 25 November 2019.

Selain itu, sebisa mungkin hindari kontak dengan orang yang terpapar penyakit.

“ Tutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin. Sering cuci tangan dan jangan terlalu sering pegang mata, hidung atau mulut. Minum yang cukup, terutama ketika sakit tenggorokan," kata Iris.

 

3 dari 3 halaman

Jika Perlu, Vaksinasi

Agar terhindar dari influenza, apalagi rencana travelingmu berjalan di waktu cukup lama, sangat dianjurkan melakukan vaksinasi. Vaksinasi bisa dilakukan di berbagai rumah sakit dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp200 ribu.

 Traveling
© Shutterstock

" Vaksinnya cukup sekali saja. Jadi, sekali dalam setahun," ucap Iris.

Selain itu, kamu juga harus memastikan vaksinasinya tidak kedaluwarsa. Caranya dengan melakukan vaksinasi di waktu mendekati jadwal keberangkatan.

" Kalau mau vaksinasi sekarang, berarti vaksinnya akan kedaluwarsa Februari nanti. Jadi, harus divaksin lagi kalau kedaluwarsa,” tutup Iris.

Join Dream.co.id