Tak Bisa ke Tokyo, Ini 5 Venue Olimpiade Asyik Untuk Rekreasi

News-travel | Sabtu, 24 Juli 2021 13:10

Reporter : Ahmad Baiquni

Venue-venue dunia ini menjadi saksi sejarah momen kejayaan para atlet di sejumlah Olimpiade.

Dream – Olimpiade Tokyo 2020 akhirnya bisa digelar. Ini tentu jadi momen yang sangat ditunggu pecinta olahraga di seluruh dunia setelah tertundanya gelaran ini akibat pandemi Covid-19.

Berlangsung di tengah pandemi, protokol kesehatan yang ketat tak bisa ditawar. Olahraga yang dihadiri oleh 206 negara ini menghadirkan banyak cabang olahraga yang akan diadakan di Tokyo, ibu kota Jepang.

Dikutip dari Lonely Planet, alih-alih pergi ke Tokyo 2020, ada banyak venue Olimpiade yang pas buat rekreasi. Tentunya, saat dunia sudah pulih dari pandemi nanti.

Bersainglah di situs yang sama tempat pemain favoritmu pernah menampilkan prestasi atlet yang memukau. Rasakan aura ketatnya kompetisi para atlet meraih tempat terbaik dunia dalam mencetak sejarah.

Los Angeles Memorial Coliseum

Beberapa momen paling ikonik dari Olimpiade 1984 terjadi di Los Angeles Coliseum, di mana Carl Lewis memenangkan empat medali emas dan Joan Benoit Samuelson menutup kemenangan bersejarah dalam marathon wanita pertama.

Dengan Olimpiade Musim Panas kembali ke Los Angeles pada tahun 2028, LA Coliseum akan menjadi satu-satunya stadion yang mengadakan acara olimpiade sebanyak tiga kali. Kota ini juga menjadi tuan rumah olimpiade pada tahun 1932.

Sebelum itu, kamu benar-benar dapat mengikuti jejak Lewis, Samuelson, dan lainnya. Coliseum menyelenggarakan acara seperti Walk for Wishes di trek, dan pengunjung juga dapat mengikuti tur berpemandu untuk melakukan tiruan Olympian terbaik, dengan lari 100 meter secara dadakan.

 

Tak Bisa ke Tokyo, Ini 5 Venue Olimpiade Asyik Untuk Rekreasi
Los Angeles Memorial Coliseum (Shutterstock.com)
2 dari 3 halaman

London Aquatics Centre (Pusat Akuatik London)

Selama olimpiade 2012 di London, London Aquatics Centre menjadi tuan rumah salah satu pencapaian Olimpiade paling keren sepanjang masa. Perenang Michael Phelps memecahkan rekor dengan memenangkan medali olimpiade ke 19.

Phelps mengumpulkan enam medali di olimpiade, kemudian meningkat menjadi 22 yang diperoleh di Aquatics Center. Kini, pusat ini terbuka untuk umum setiap hari untuk hiburan keluarga dan pelajaran berenang.

Kamu dapat memilih keanggotaan atau membayar per sesi jika kamu datang. Klub renang local juga mengadakan pertemuan di fasilitas tiga kolam renang.

Sydney Olympic Park Aquatic Centre (Pusat Akuatik Taman Olimpiade Sydney)

 Sydney Olympic Park Aquatic Centre
© Shutterstock.com

Ketika Phelps masih remaja, dia berlaga di Olimpiade pertamanya yaitu Olimpiade Sydney 2000 di Sydney Olympic Park Aquatic Centre. Aussie Ian Thorpe mendominasi di kolam renang, tentunya hal ini sangat membanggakan negaranya.

Apakah kamu lebih suka polo air atau menyelam, pelajaran berenang atau bermain Marco Polo, kamu dapat datang ke Aquatic Center untuk berenang karena kolamnya terbuka untuk umum.

 

3 dari 3 halaman

Beijing National Stadium

Lebih dikenal dengan sarang burung, tempat ini sempat digunakan untuk Olimpiade Beijing tahun 2008 menghabiskan biaya hampir US$250 juta atau setara dengan Rp3,6 triliun, untuk membangun teknologi tercanggih serta rencana arsitektur unik memicu julukan 'sarang burung'.

Sarang burung siap untuk menjadi salah satu struktur yang digunakan selama acara pembukaan dan penutupan seremoni Olimpiade Musim Panas dan Musim Dingin tahun 2022.

Sementara itu, pengunjung dapat menonton acara penunggangan kuda dan konser atau menghadiri es dan salju tahunan sarang burung. Di sana mereka dapat bermain ski, hoki es, papan seluncur salju, dan lainnya.

Athens Olympic Sports Complex (Kompleks Olahraga Olimpiade Athena)

 Athens Olympic Sports Complex
© Shutterstock.com

Kompleks olahraga olimpiade Athena menjadi tuan rumah salah satu acara olimpiade Athena yang paling populer pada tahun 2004 yakni senam artistik. Dua orang Amerika, Paul Hamm dan Carly Patterson membawa pulang emas. Bersepeda dan tenis juga kerap dimainkan di tempat ini.

Banyak dari tempat Olimpiade 2004 di Athena telah hancur dan tidak lagi digunakan. Tetapi Kompleks Olahraga Olimpiade Athena terus menjadi tuan rumah olahraga.

Para peserta memiliki profil yang jauh lebih rendah daripada Patterson atau Hamm, mereka merupakan pemain basket lokal, sepak bola, anggar, dan regu lainnya.

Olimpiade Tokyo 2020 ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat dan harapan warga Jepang dalam menghadapi situasi pandemi yang tidak menentu. Ajang ini dapat disaksikan melalui TV terestrial Indosiar dan O'Channel. Yuk nikmati sajian live streaming-nya dari rumah saja!

Laporan: Angela Irena Mihardja

Join Dream.co.id