Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Destinasi Wisata Indonesia yang Populer di Internet

Destinasi Wisata Indonesia yang Populer di Internet

Dream - Google merilis hasil survei terbaru terkait tren industri perjalanan di Indonesia. Hasil survei itu menyebutkan Malang menjadi destinasi paling populer dalam dua tahun terakhir.

"Ternyata Malang paling populer dua tahun ini. Banyak wisata baru bermunculan dan populer di Malang sehingga menarik wisatawan," kata Industry Manager Google Indonesia, Zulfi Rahardian di Jakarta.

Kantor Walikota Malang

Alun-alun Kota Malang (Ngalam.co)

Survei ini didasarkan pada data hasil pencarian lewat mesin penelusuran Google periode Januari 2017 hingga Juli 2018. Ada 10 destinasi wisata yang banyak dicari, delapan di antaranya ada di Pulau Jawa.

Selama periode tersebut, tren pencarian untuk Malang mengalami peningkatan cukup signifikan. Sehingga Malang menempati urutan teratas destinasi wisata dalam pencarian Google.

Kecenderungan Masyarakat

Menurut Zulfi, masyarakat Indonesia memiliki kecenderungan untuk mencari informasi mengenai tujuan wisata sebelum memutuskan berlibur. Survei ini dihadirkan untuk membantu para pelaku bisnis perjalanan dalam mengenali perilaku konsumen

Diprediksi bisnis perjalanan dapat memberikan sumbangsih pada perekonomian nasional mencapai US$25 miliar, setara Rp382 triliun pada 2025. Selain itu, Indonesia juga bakal menjadi pasar terbesar industri traveling di Asia Tenggara.

Kota Malang

Kebun bunga di Kota Malang (Ngalam.co)

Survei ini juga mengungkapkan tren pertumbuhan traveler dari kota-kota kecil sebesar 48 persen dibanding kota besar yang hanya naik 18 persen.

Pada kesempatan yang sama, Vice President of Marketing Traveloka, Kurnia Rosyada, menyoroti pertumbuhan industri pariwisata Indonesia. Menurut dia, terdapat perubahan tren konsumsi pada masyarakat saat ini

"Kami melihat adanya perubahan tren pola konsumsi, di mana saat ini sebagian masyarakat Indonesia lebih gemar menghabiskan waktu dan pendapatannya untuk kebutuhan traveling (leisure economy)," kata Kurnia.

Dia memperkirakan pada 2018, pengeluaran untuk liburan tumbuh sebanyak 5,1 persen. "Mencapai Rp368,9 triliun," kata Kurnia.

Destinasi Lain

Kurnia membenarkan Malang menjadi destinasi wisata paling populer tahun ini, terutama Baru. Ini karena Malang mudah dijangkau dan memiliki banyak tempat atraksi wisata,

"Selain itu, Lombok dan Bangka Belitung juga cukup populer selain Bogor dan Bandung yang memang sudah lama populer," jelas Kurnia.

Kota Batu

Alun-alun Batu (malangupdate.com)

Umumnya, kata Kurnia, masyarakat mengambil keputusan untuk berwisata dengan melakukan transaksi pembelian di menit-menit terakhir. Pada kondisi seperti ini, kecepatan dan kemudahan adalah penentu, terutama bagi pelaku industri perjalanan online.

Mengutip data Google, Kurnia menyebut jum;ah pencarian terkait destinasi wisata mengalami kenaikan cukup signifikan. Angkanya mencapai 30 persen sejak Januari 2017.

"Fenomena ini terjadi karena didukung oleh kemudahan akses informasi perjalanan dan kenyamanan pembelian melalui aplikasi seperti Traveloka," terang Kurnia.

Laporan: Rahma Yulius

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
9 Destinasi Liburan Terbaik di Asia, Wajib Masuk List untuk Nikmati Petualangan Baru

9 Destinasi Liburan Terbaik di Asia, Wajib Masuk List untuk Nikmati Petualangan Baru

Asia masih menjadi tujuan liburan yang populer bagi wisatawan dari seluruh dunia.

Baca Selengkapnya
25 Destinasi Terbaik Bulan Madu 2024 Versi Tripadvisor, Bali Nomor Satu Disebut Surga Indonesia bak Fantasi

25 Destinasi Terbaik Bulan Madu 2024 Versi Tripadvisor, Bali Nomor Satu Disebut Surga Indonesia bak Fantasi

Bali menempati posisi puncak sebagai destinasi terbaik untuk bulan madu

Baca Selengkapnya
7 Kategori Turis Asing yang Bebas Pajak Wisata Rp150 Ribu di Bali

7 Kategori Turis Asing yang Bebas Pajak Wisata Rp150 Ribu di Bali

Pengenaan pajak wisata bagi WNA berlaku mulai 14 Februari 2024

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.