Sempat Dianggap Mitos, Binatang Ini Ditemukan di Kepulauan Perancis

Pulau Corsica, Prancis.
NEWS  |  25 Juni 2019 09:09

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Dream - Bagi masyarakat yang tinggal di Kepulauan Corsica, Perancis, keberadaan ghjattu-volpe atau 'cat-fox' merupakan sebuah legenda. Hewan ini disebut kerap menakut-nakuti para penggembala dan petani di malam hari.

Keberadaan hewan ini telah menjadi misteri bertahun-tahun lamanya. Tetapi, para ilmuwan akhirnya menguak fakta hewan itu benar-benar ada dan merupakan spesies baru kucing liar berdasarkan hasil analitis genetik.

Tetapi, status dari spesies kucing ini belum teridentifikasi. Meski demikian, Badan Nasional untuk Perburuan dan Kehidupan Liar Perancis (ONCFS) berharap dapat membantu memberikan perlindungan atas keberadaan ghjattu-volpe ini.

" Kami percaya, itu (ghjattu-volpe) merupakan spesies liar yang sudah dikenal, namun belum diidentifikasi secara ilmiah karena hewan tersebut sangat aktif di malam hari,” ujar Pejabat ONCFS, Pierre Benedetti, dikutip dari IFL Science.

Ghjattu-volpe

Sejauh ini, ilmuwan mengidentifikasi dua spesies kucing liar yaitu Felis Silverstris Silvestris atau kucing liar Eropa dan Felis Silvestris Lybica atau kucing liar Afrika. Selain dua spesies itu, masih ada beberapa spesies kucing liar lainnya yang masuk dalam subspesies seperti kucing liar Sardinia yang bisa dijumpai di Pulau Sardinia, Italia.

" Dari DNA-nya, kita bisa menjumpai perbedaan spesies ini dengan kucing liar Eropa dan memiliki kedekatan dengan kucing hutan Afrika. Tetapi, kami belum bisa memastikan identitas ghjattu-volpe ini,” tambah Benedetti.

Selanjutnya : Kucing Liar yang Masih Jadi Misteri