Solo Traveling Jadi Aktivitas Digandrungi, Tapi...

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
NEWS  |  2 Desember 2019 09:10

Ada sebagian orang takut menjalankan solo traveling

Reporter : Ahmad Baiquni

Dream - Tidak bisa dipungkiri, liburan jadi pilihan favorit banyak orang untuk melepas penat dan bersenang-senang. Apakah dia masih sendiri, pasangan baru menikah, hingga pensiunan.

Sempat ada yang menganggap liburan merupakan aktivitas seru jika dilakukan secara berkelompok. Tetapi, beberapa tahun belakangan tren itu bergeser dan lebih banyak orang menyukai solo traveling.

Platform pemesanan layanan dan aktivitas travel, Klook, meluncurkan hasil survei perilaku traveler. Survei yang dijalankan dengan menggandeng YouGov itu menyebutkan sebagian besar traveler menyatakan tertarik dengan kegiatan solo traveling.

" Sangat menarik melihat keinginan kuat dari berbagai demografi untuk berlibur solo," ujar ucap Direktur Pemasaran Regional, Klook Asia Tenggara, Marcus Yong.

 Traveling

Dari 2.200 responden yang terlibat, 79 persen menyatakan pernah berlibur sendiri atas sedang mempertimbangkannya. Jumlah tersebut didominasi generasi Z (usia 18-24 tahun) dengan persentase mencapai 84 persen, disusul generasi kekinian (usia 25-39 tahun) sebanyak 80 persen.

Motivasi yang muncul kebanyakan yaitu untuk melepaskan diri dari aktivitas normal dan menghadiahi diri sendiri dengan kesenangan. Juga ada motivasi lain yaitu menghabiskan waktu pensiun.

Namun demikian, ternyata tidak semua orang siap untuk solo traveling. Hasil survei tersebut menunjukkan banyak orang tertarik solo traveling namun muncul keraguan di waktu bersamaan.

 Traveler

Beberapa alasan yang muncul yaitu ketakutan akan kesendirian dan kesepian. Hal ini menjadi tantangan besar yang dihadapi setengah dari total responden survei.

" Kami telah mengobservasi adanya perbedaan yang mengejutkan, dimana para wisatawan mencari waktu yang lebih banyak untuk diri sendiri, namun khawatir akan merasa kesepian, yang menghasilkan hubungan 'love & hate' dengan liburan solo," kata Yong.

Yong mengatakan pihaknya sangat senang membantu mengatasi masalah yang dihadapi calon wisatawan yang ragu menjalankan solo traveling. Ada banyak layanan tersedia dapat dimanfaatkan para calon traveler untuk menikmati liburan sendirian.

Canggih, Restu Anggraini Desain Mantel dengan Penghangat Elektrik
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Tips Menikah dengan Bule Ala Melanie Ricardo
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :