Situs Bersejarah Suriah Sebelum dan Sesudah Dihancurkan ISIS

News-travel | Jumat, 15 April 2016 18:40
Situs Bersejarah Suriah Sebelum dan Sesudah Dihancurkan ISIS
Foto Satelit Menunjukkan Kondisi Situs Palmyra Sebelum Dan Sesudah Dihancurkan ISIS (Sumber: UNOSAT)

Reporter : Puri Yuanita

Sebagian besar situs telah dihancurkan oleh pasukan ISIS dengan dalih pembersihan ikon-ikon kuno yang dianggap merepresentasikan kemusyrikan.

Dream - Setahun setelah diduduki oleh ISIS, Kota Palmyra di Suriah baru-baru ini direbut kembali oleh militer Suriah yang didukung oleh serangan udara Rusia.

Sebelumnya, rumah bagi banyak situs bersejarah paling berharga di dunia ini memiliki begitu banyak artefak peninggalan peradaban masa lalu. Namun sebagian besar telah dihancurkan oleh pasukan ISIS dengan tujuan pembersihan ikon-ikon kuno yang dianggap merepresentasikan kemusyrikan.

" Tentu saja Temple of Bel tidak akan sama lagi seperti dulu," ujar Direktur Lembaga Pelestarian Situs Kuno Suriah, Mamoun Abdulkarim.

Namun kabar baik muncul. Para ahli diyakini bisa mengembalikan sepertiga atau mungkin lebih dari situs yang hancur. Namun, Mamoun mengatakan hal itu bisa terwujud jika pihaknya mendapatkan bantuan UNESCO.

" Saya mengundang para arkeolog dan ahli dari mana-mana untuk datang bekerjasama dengan kami karena situs ini merupakan bagian dari warisan dunia," kata Mamoun.

(Sumber: boredpanda.com)

Join Dream.co.id