Sinergi Kemenparekraf Kembangkan Potensi Wisata Bahari

Foto: Shutterstock
NEWS  |  2 Januari 2021 11:22

Kemenparekraf berkolaborasi dengan sejumlah lembaga dan badan negara untuk meningkatkan potensi wisata bahari Tanah Air.

Reporter : Annisa Mutiara Asharini

Dream - Berbagai upaya terus dilakukan oleh pemerintah guna memulihkan sektor pariwisatan dan ekonomi kreatif. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengembangkan wisata bahari bertaraf internasional di Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyatakan akan menjalin kolaborasi dengan kementerian, lembaga dan stakeholder terkait untuk menjalankan misi tersebut.

" Wisata bahari sangat bersinggungan dengan Kementerian Perhubungan, Kementerian ESDM, dan Pemda. Nanti akan kita permudah mekanismenya, karena pemerintah harus berkolaborasi dengan kementerian/lembaga terkait," ujar Sandiaga dilansir dari laman resmi Kemenparekraf.

Dalam agenda tersebut hadir pula Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo, Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf Fadjar Hutomo, Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf Hanifah Makarim dan Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Rosan P. Roeslani.

 Kemenparekraf

Seluruh aspek dari sejumlah daerah wisata potensial seperti Labuan Bajo, Bintan, Belitung dan Jakarta dipastikan harus dikemas dengan baik. Hal tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas wisata bahari dan juga menciptakan lapangan kerja.

Terkait wisata bahari, pembangunan infrastruktur pelabuhan juga perlu mendapat perhatian. Ketua Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani, menuturkan minimnya dermaga kapal bertaraf internasional di Indonesia. Hal ini membuat minimnya wisatawan mancanegara yang menggunakan kapal mewah atau yacht untuk berwisata di Indonesia.

" Biasanya wisman parkir kapalnya ataupun sewa kapal di Thailand karena infrastrukturnya lebih baik. Untuk itu, Labuan Bajo, Bali, dan Bintan harus digarap, karena itu semua merupakan jalur pelayaran kapal,” jelas Rosan.

Dermaga yang baik dan berkualitas diharapkan dapat membuat banyak wisatawan singgah dan berbelanja di berbagai destinasi wisata Indonesia.

MUI Minta Pemerintah Cabut Perpres Investasi Miras
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Suami Dilantik, Chacha Frederica Sah Jadi Ibu Bupati
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :