Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Sejarah Kemegahan Pemandian Umum di Iran Sebelum Era Islam

Sejarah Kemegahan Pemandian Umum di Iran Sebelum Era Islam Sultan Amir Ahmad Bathhouse (Foto: Www.amusingplanet.com)

Dream - Pada saat Iran dipimpin Kekaisaran Safawiyah di abad 16, telah dibangun sebuah pemandian umum yang indah. Bangunan yang didirikan di Kashan ini dinamakan Sultan Amir Ahmad Bathhouse.

Pemandian dibangun dengan desain langit-langit berkubah, mozaik dan lukisan indah, serta struktur bangunan tercantik di antara pemandian-pemandian tempo dulu yang masih bertahan hingga kini di Iran.

Sultan Amir Ahmad Bathhouse dinyatakan sebagai warisan dunia oleh Iran Cultural Heritage Department pada tahun 1956. Keputusan pemberian nama diambil setelah Ahmad Imamzadeh Sultan Amir dimakamkan di dekat bangunan. Meskipun tak banyak orang yang mengetahui tentang hal ini.

Pemandian umum ini berbentuk oktagonal, dengan kolam berbentuk serupa di bagian tengah. Di sekeliling kolam terdapat delapan tiang besar sebagai pembatas dengan tempat duduk di luar. Serta dilengkapi dengan sebuah aula besar.

Sebenarnya sejak zaman peradaban kuno, rumah pemandian umum memainkan peranan penting dalam kehidupan sosial di Iran dan hal itu masih mereka lakukan hingga hari ini.

Bathhouse dibangun bukan sekadar untuk membersihkan diri dan bersantai. Namun juga dimanfaatkan warga untuk berkumpul, bertemu, bergosip bahkan berdoa.

Ruangan utama dinamai Garmkhaneh Sultan Amir Ahmad Bathhouse yang berisi beberapa pemandian air panas pribadi. Garmkhaneh terhubung ke Sarbineh yang berada di dekat kolam oktagonal oleh sebuah koridor yang berfungsi untuk meminimalkan panas dan kelembaban udara di antara dua daerah. Koridor menjadi semacam ruangan pertukaran udara di antara Garmkhaneh dan Sarbineh.

Desain interior Sarbineh dihiasi dengan ubin pirus dan emas. Serta susunan batu bata beserta lukisan yang artistik. Sedangkan atap pemandian terbuat dari beberapa stupa yang berbentuk seperti kacamata cembung. Hal ini dimaksudkan agar ruangan mendapat pencahayaan yang cukup, namun tetap terjaga kerahasiaannya dari luar.

Fenomena bathhouses telah ada di Iran sejak masa sebelum Islam. Namun setelah penduduk memeluk Islam, ribuan pemandian umum di Iran mengalami kemerosotan.

Pasalnya, orang-orang semakin mengenal ilmu agama. Di mana salah satu ajarannya mengenai hukum kesucian dalam mencuci tubuh menjadi syarat dalam beragama, dan kemudian mandi menjadi integral dari kehidupan.

Beberapa pemandian umum modern kini telah dilengkapi dengan shower dan bathub. Meskipun kebiasaan memakain bathouse masih ada, namun hanya menarik digunakan saat hari buruh saja atau hanya untuk wisatawan yang datang ke Iran.

(Sumber: Amusingplanet.com)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Bagai Berlian Hijau di Tengah Gurun, Keindahan Taman Shazdeh Iran yang Kaya Nilai Sejarah

Bagai Berlian Hijau di Tengah Gurun, Keindahan Taman Shazdeh Iran yang Kaya Nilai Sejarah

Di tengah gurun Iran, terdapat taman subur dengan pemandangan hijau yang indah.

Baca Selengkapnya
Sejarah Nisfu Syaban yang Perlu Diketahui, Jadi Malam Istimewa bagi Umat Islam

Sejarah Nisfu Syaban yang Perlu Diketahui, Jadi Malam Istimewa bagi Umat Islam

Sejarah peringatan Nisfu Syaban pertama kali muncul di kalangan Tabi'in di wilayah Syam.

Baca Selengkapnya
Sejarah dan Asal Kata Mudik, Maknanya Tak Sekadar Tradisi Pulang Kampung Jelang Lebaran

Sejarah dan Asal Kata Mudik, Maknanya Tak Sekadar Tradisi Pulang Kampung Jelang Lebaran

Selain memperkuat ikatan keluarga, mudik juga sarana untuk menjaga kebersamaan dan mengenang asal-usul masyarakat kita.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.