Sandiaga: Ada Diskresi Buat Anak Bawah 12 Tahun Masuk Tempat Wisata

News-travel | Selasa, 14 September 2021 20:27

Reporter : Ahmad Baiquni

Termasuk masuk mall dan restoran, selama anak diajak orangtuanya yang sudah divaksin penuh.

Dream - Pemerintah masih melarang anak di bawah 12 tahun untuk masuk sejumlah tempat. Baik itu destinasi wisata, mall, maupun restoran.

Larangan ini banyak dikeluhkan orangtua. Mereka beralasan anaknya tidak bisa masuk padahal datang bersama ayah dan ibunya.

Menanggapi masalah ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan Pemerintah sepakat untuk memberikan diskresi (keringanan). Tetapi, diskresi ini hanya berlaku untuk anak di bawah 12 tahun yang diajak orangtuanya.

" Dengan Kemenkomarves dan Kementerian Kesehatan didiskusikan. Hasilnya, pemberian diskresi kepada masing-masing keluarga tersebut," ujar Sandiaga dalam Weekly Press Briefing.

Sandiaga mengatakan ketentuan yang disampaikan Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, selaku koordinator PPKM Jawa-Bali tidak rigid (ketat). Selama anak datang bersama orangtuanya yang sudah divaksin penuh, maka dia boleh masuk tempat wisata, restoran, maupun mall.

" Selama protokol kesehatan dipatuhi ketat dan disiplin, PeduliLindungi terinstal, menerapkan CHSE, semua staf sudah divaksin, maka satu dua diskresi kita lakukan," kata dia.

 

Sandiaga: Ada Diskresi Buat Anak Bawah 12 Tahun Masuk Tempat Wisata
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno Saat Meninjau Vaksinasi Untuk Pelaku Industri Pariwisata
2 dari 2 halaman

Orangtua Harus Teridentifikasi Hijau

Selanjutnya, Sandiaga menekankan para orangtua diharuskan teridentifikasi dengan kode hijau. Sehingga mereka diizinkan masuk ke tempat wisata.

Sandiaga mengaku menemukan celah penggunaan PeduliLindungi. Celah itu dia temukan ketika berkunjung ke mall bersama istrinya.

" Ada satu pintu yang gunakan PeduliLindungi dan dijaga cukup strict. Setelah jam mendekati waktu tutup, tidak lagi seketat di awal. Mungkin harus terus disosialisasikan," kata dia.

Lebih lanjut, Sandiaga mengingatkan seluruh masyarakat menggunakan PeduliLindungi. Karena aplikasi tersebut menjadi bagian dari aktivitas sehari-hari di masa normal baru.

" Semua harus peduli," kata dia.

Join Dream.co.id