Pulihkan Pariwisata, Jepang Sediakan Paspor Vaksinasi

News-travel | Minggu, 20 Juni 2021 13:10

Reporter : Ahmad Baiquni

Langkah ini diambil Jepang menyusul sejumlah negara menerapkan sertifikat vaksin digital untuk pelancong.

Dream - Jepang bakal menyediakan paspor vaksin digital terhitung mulai bulan depan untuk para pelancong. Langkah ini ditempuh menyusul sejumlah pemerintah di seluruh dunia bereksperimen dengan hal yang sama untuk memulihkan kembali perjalanan wisata dan bisnis.

" Kami sedang menyiapkan penerbitan sertifikat vaksinasi bagi mereka yang membutuhkan ketika mereka berkunjung ke luar negeri," ujar juru bicara utama Pemerintah Jepang, Katsunobu Kato, dikutip dari Channel News Asia.

Kato mengatakan sertifikat akan diterbitkan dalam bentuk cetak ketimbang digital. Nantinya seritifikat akan dikeluarkan oleh pemerintah daerah mulai bulan depan.

Uni Eropa sedang mengerjakan paspor vaksin digital untuk menyambut wisatawan pada musim panas ini mengingat kehadiran pelancong sangat dibutuhkan. Beberapa negara UE berencana memberlakukan sertifikat di tingkat nasional.

Versi UE akan menampilkan informasi tentang apakah seseorang telah divaksinasi, atau memiliki virus, dites negatif, dan pulih.

 

Pulihkan Pariwisata, Jepang Sediakan Paspor Vaksinasi
Patung Anjing Hachiko Di Shibuya Memakai Masker, Sebagai Imbauan Agar Warga Jepang Waspada Terhadap Covid-19 (Shutterstock.com)
2 dari 2 halaman

Langkah Banyak Negara

Bulan lalu, Washington mengatakan pihaknya juga mempertimbangkan dokumentasi khusus untuk warga Amerika sudah divaksinasi yang ingin bepergian ke luar negeri. Tetapi gagasan itu kontroversial di beberapa tempat.

Negara bagian AS yang konservatif seperti Florida dan Texas menolak gagasan dokumen perjalanan vaksin. Mereka menganggapnya sebagai pelanggaran hak-hak dasar masyarakat.

 Sertifikat vaksinasi Covid-19 di Jepang
© Shutterstock.com

Di Jepang, pejabat perusahaan sangat tertarik dengan dokumen vaksin. Mereka percaya dokumen tersebut akan membantu membangun kembali perjalanan bisnis.

Pelaksanaan vaksinasi di Jepang dimulai relatif lambat, tetapi telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir. Lebih dari enam persen dari populasi Jepang saat ini sudah divaksinasi lengkap.

Perbatasan negara ditutup untuk hampir semua kedatangan asing. Meskipun aturannya akan dilonggarkan untuk Olimpiade yang dibuka di Tokyo pada 23 Juli.

Join Dream.co.id