Satu Pulau di Jepang Tiba-tiba Lenyap

Pulau kecil tak berpenghuni di Jepang lenyap (news.com.au)
NEWS  |  12 November 2018 11:10

Tidak ada yang mengetahui secara pasti bagaimana Pulau Esanbe sampai hilang.

Reporter : Ahmad Baiquni

Dream - Sebuah pulau kecil di Jepang tiba-tiba lenyap. Pulau tak berpenghuni yang dinamai Esanbe Hanakita Kojima itu diyakini terletak 500 meter dari Desa Sarufutsu di Prefektur Hokkaido.

Dikutip dari news.com.au, warga Desa Sarufutsu yakin sebelum menghilang, pulau Esanbe berada 1,4 meter di atas permukaan laut. Pulau itu bahkan bisa dilihat dengan mata telanjang dari utara Hokkaido.

Tetapi kini, para ilmuwan dibuat terheran-heran dengan hilangnya Pulau Esanbe. Mereka berusaha mencari keberadaan pulau tersebut dengan berbagai cara, termasuk menggunakan sistem navigasi.

 Pulau di Jepang hilang

Kabar hilangnya pulau itu diketahui dari laporan seorang nelayan, Hirosho Shimizu. Awalnya, nelayan itu mengaku ingin membuat gambar Pulau Esanbe dan terkejut begitu mendapati pulau itu sudah tidak ada.

Hiroshi sempat mengitari kawasan yang diyakini sebagai lokasi pulau tersebut. Sayangnya, usahanya tidak menemukan hasil apapun. Pulau tersebut benar-benar lenyap.

 Pulau di Jepang hilang

Menurut koran Asahi Shimbun, Esanbe Hanakita Kojima adalah salah satu dari 158 pulau tak berpenghuni. Pemerintah memanfaatkan pulau-pulau tersebut untuk menandai perairan teritorial Jepang.

Kehilangan salah satu dari pulau ini bisa memiliki dampak jangka panjang terhadap perdagangan dan keamanan bagi Jepang. Hilangnya Pulau Esanbe terjadi beberapa pekan setelah seluruh Pulau East Island di Hawaii lenyap saat Badai Walaka berhembus Oktober lalu.

Nggak Ribet, Ini Cara Merawat Hijab Ala Prilia Nur Afrida
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Lika-liku Perjalanan Cinta Roger Danuarta dan Cut Meyriska
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :