Potensi Tersembunyi Jalur Rempah Bagi Sektor Pariwisata Indonesia

News-travel | Minggu, 26 September 2021 13:10

Reporter : Ahmad Baiquni

Jalur rempah memiliki tiga potensi yang bisa dikembangkan.

Dream - Pemerintah tengah memperjuangkan Jalur Rempah mendapatkan pengakuan dunia melalui UNESCO. Ini mengingat Jalur Rempah memiliki peran vital bagi peradaban dunia di masa lalu dan melibatkan tidak hanya Indonesia namun juga banyak negara lain.

Peneliti Yayasan Negeri Rempah, Bram Kushardjanto, mengatakan Jalur Rempah membuat Indonesia memiliki peran penting dalam perekonomian dunia. Selama berabad-abad, kawasan Indonesia yang menjadi penyedia komoditas berharga dunia yaitu rempah.

" Indonesia memiliki posisi strategis karena menghubungkan Asia Timur, Asia Selatan, Timur Tengah sampai Eropa. Asia Tenggara mempunyai sumber komoditas yang paling dicari dan paling berharga, yaitu rempah-rempah," ujar Bram.

Pengamat Pariwisata Universitas Indonesia, Jajang Gunawijaya, menjelaskan Jalur Rumpah berpotensi besar menguatkan sektor pariwisata Indonesia. Setidaknya, ada tiga potensi yang bisa digali dari Jalur Rempah.

" Yang pertama wisata sejarah atau susur, wisata kuliner dan wisata wellness atau kebugaran, ini kalau dimaksimalkan potensinya sangat besar untuk bidang pariwisata," kata dia,

Jajang mengatakan wisata sejarah dapat dijalankan dengan menyusuri sejumlah daerah penghasil rempah di seluruh Indonesia. Wisata ini dapat dijalankan apabila Jalur Rempah diakui UNESCO sebagai warisan dunia.

 

Potensi Tersembunyi Jalur Rempah Bagi Sektor Pariwisata Indonesia
Rempah-rempah (Shutterstock.com)
2 dari 2 halaman

Wisata Kuliner dan Kebugaran

Menurut Jajang, terdapat banyak cerita dari sejarah rempah Indonesia. Masing-masing daerah penghasil rempah punya kisahnya sendiri-sendiri yang menarik digali, mulai Maluku hingga Samudra Pasai.

" Semuanya punya cerita tersendri tentang perkembangan rempah yang sangat disukai dan diincar bangsa Eropa dan bahkan seluruh dunia," kata dia.

Untuk wisata kuliner, Jajang mnejelaskan potensi yang dimiliki Jalur Rempah justru lebih besar. Rempah telah menghasilkan sejumlah menu kuliner Indonesia yang sudah diakui dunia sejak dulu.

" Kelebihan utama kuliner kita adalah berani memakai banyak bumbu karena kita punya banyak jenis rempah yang bisa membuat makanan semakin enak dan punya rasa yang khas," kata dia.

Sedangkan untuk wisata kebugaran, rempah dapat dijadikan ramuan untuk pengobatan, perawatan tubuh, maupun minuman jamu. Bahkan sangat potensial untuk bahan utama di spa dan sauna.

" Spa wellness di Indonesia berbeda dengan spa negara lain karena kita punya banyak bahan alami dari rempah yang sangat khas, seperti jahe, akar tumbuhan, daun pandan dan bunga sedap malam. Jadi, potensi rempah memang luar biasa," kata dia, dikutip dari Liputan6.com.

Join Dream.co.id