Pengunjung Kini Boleh Masuk Area Check-in Terminal 2 Bandara Soetta

News-travel | Selasa, 17 Desember 2019 09:10
Pengunjung Kini Boleh Masuk Area Check-in Terminal 2 Bandara Soetta

Reporter : Ahmad Baiquni

Terdapat sejumlah tenant makanan di area tersebut.

Dream - PT Angkara Pura II (Persero) menerapkan kebijakan baru mengenai area check-in Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Area tersebut yang sebelumnya hanya boleh diakses oleh calon penumpang pesawat kini boleh dimasuki semua pengunjung terhitung mulai Jumat, 13 Desember 2019.

Senior Manager of Branch Communication & Legal Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Febri Toga Simatupang, mengatakan pengunjung bukan penumpang kini bisa jajan dan belanja di sejumlah gerai yang terletak di area check in. Tetapi, mereka tetap diharuskan melewati pemeriksaan di pintu masuk (pre-screening) di Gate 2, Gate 3 dan Gate 4.

" Pre-screening tersebut dilakukan agar tetap menjamin keamanan semua orang yang berada di dalam gedung terminal, meski telah ditetapkan sebagai daerah publik," ujar Febri, dikutip dari Liputan6.com.

Sebelumnya, kawasan ini hanya bisa dimasuki oleh pengunjung dengan tiket penerbangan serta karyawan bandara yang menggunakan karta tanda pengenal. Sedangkan pengunjung non-penumpang hanya dibolehkan berada di lobi atau di luar area check-in.

" Konsepnya sama seperti diberlakukan di Terminal 3, setiap pengunjung dan pengantar penumpang dapat masuk ke area check-in dengan terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan keamanan terhadap barang bawaannya pada saat memasuki gedung terminal," kata Febri.

Terdapat kawasan Shopping Arcade di area check-in Terminal 2D dan 2E Bandara Soekarno-Hatta yang diisi 76 tenang terdiri dari 50 tenant food & beverages serta 26 retail. Penumpang dan pengantarnya maupun pengunjung lain bisa menikmati sajian maupun berbelanja di area tersebut.

Untuk keamanan dan keselamatan penumpang, dilakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan penumpang setelah melewati check-in counter. Ada sekitar 120 unit CCTV yang diaktifkan di Terminal 2D dan 2E.

" Pemeriksaan keamanan akan dilakukan terhadap barang bawaan pengguna jasa yang memasuki area check-in, Security Check Point (SCP) Pintu 2, Pintu 3, dan Pintu 4," kata Febri.

Join Dream.co.id