Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Traveler, Lebih Baik Bayar Tanpa Kontak Daripada Gesek Kartu Kredit

Traveler, Lebih Baik Bayar Tanpa Kontak Daripada Gesek Kartu Kredit Ilustrasi Contactless Payment Atau Pembayaran Tanpa Kontak (Foto: Unsplash.com)

DreamContactless payment systems atau pembayaran tanpa kontak menjadi lebih tren saat ini. Apalagi di saat pandemi virus corona seperti sekarang maupun ketika berakhir nanti.

Karena pembayaran tanpa kontak ini sangat baik pula bagi para traveler. Sistem ini merupakan bentuk dari perubahan yang revolusioner dalam penggunaan kartu kredit.

Jadi kamu akan lebih gampang menggunakannya apalagi ketika bepergian baik lokal maupun ke luar negeri.

Tapi apa sih sebenarnya teknologi tanpa kontak itu? Dan mengapa baik digunakan bagi para traveler?

Dikutip dari Channel News Asia, inilah alasan mengapa teknologi pembayaran tanpa kontak sangat baik buat para traveler. Simak ulasannya di bawah ini, ya.

 

Tidak Perlu Mengeluarkan Dompet

Alih-alih menggesek kartu kredit atau memasukkan kartu chip untuk menyelesaikan pembayaran, teknologi tanpa kontak ini memungkinkan kamu untuk melakukan pembelian cukup dengan ponsel saja.

Kamu hanya perlu menempatkan kartu atau ponselmu di dekat mesin pembayaran. Mudah sekali bukan?

Teknologi ini sudah dipakai dan dimiliki oleh kartu kredit keluaran terbaru. Ketika kamu sedang bepergian, sangat disarankan menggunakan pembayaran tanpa kontak ini.

Sehingga kamu tidak perlu lagi membawa uang tunai ke mana-mana. Hanya dengan ponsel saja, kamu sudah bisa melakukan pembayaran dengan mudah.

Dompet digital seperti Apple Pay, Google Pay Samsung Pay secara aman dapat menyimpan detail kartu kredit untuk membeli kebutuhanmu.

Sebagian besar ponsel Apple dan Android dari beberapa tahun terakhir sudah memiliki kemampuan untuk melakukan pembayaran tanpa kontak tersebut. Kartu kredit kamu tetap berfungsi seperti biasanya, sementara dompet digital itu hanyalah menyimpan kartu dan fasilitator pembayaran.

Pastikan Toko Melayani Pembayaran Tanpa Kontak

Sebelumnya, pastikan dulu toko yang kamu kunjungi untuk membeli keperluan itu melayani pembayaran tanpa kontak atau tidak. Jika melayani, terdapat simbol tanpa kontak di mesin pembayaran yang tampak seperti logo WiFi.

Visa memperkirakan 50 persen dari penjualan kartu kredit pribadi di luar Amerika Serikat sekarang sudah menerapkan pembayaran tanpa kontak. Sementara itu, Mastercard mengatakan 25 persen di seluruh dunia sudah menggunakan teknologi pembayaran tanpa kontak.

Jumlah tersebut akan mengalami kenaikan setiap tahunnya. Teknologi pembayaran tanpa kontak tetap bisa digunakan meskipun merek dan jenis dompet digitalmu berbeda.

Misalnya, kamu memiliki ponsel Android dengan dompet digital berupa Google Pay, maka keduanya tetap akan berfungsi dengan baik.

Alhasil banyak maskapai penerbangan juga menggunakan layanan dompet digital tersebut. Bahkan beberapa sistem metro seperti London’s Underground pun melayani pembayaran dengan cara ini.

Sistem Pembayaran Tanpa Kontak Lebih Aman Daripada Kartu Kredit

Tidak hanya lebih mudah tetapi juga lebih aman. Karena kartu kreditmu disembunyikan di balik layar kunci ponselmu.

Sistem ini hampir mustahil dapat dipelintir oleh pelaku kejahatan di luar sana. Nomor kartu kreditmu juga tidak mungkin bisa disalin oleh pemilik toko.

Nama dan kode keamanan milikmu tidak ditransmisikan, bahkan tidak terlihat. Sehingga jika pelaku kejahatan mendapatkan nomor kartu kredit kamu, mereka tetap tidak akan bisa melakukan pembelian online.

Pembayaran tanpa kontak ini lebih aman daripada kartu gesek magnetik. Visa mengatakan lebih dari 100 juta kartu telah dikeluarkan di Amerika Serikat dan dia memperkirakan bakalan ada 300 juta kartu beredar pada akhir 2020.

Menariknya, jikapun kamu tidak memiliki data internet, contactless payment ini tetap bisa berfungsi. Karena ia akan berfungsi hanya dengan mengkoneksikan antara ponsel dengan terminal mesin pembayaran.

Tapi kamu tidak akan mendapat notifikasi pembelian sampai mendapat data internet.

Nah apabila ponselmu dicuri, maka masuklah ke akun kamu dari ponsel yang aman. Lalu lakukan penonaktifan kartu apapun di dompet digitalmu itu.

Visa, Mastercard, dan beberapa bank besar kompatibel seperti Chase, Bank of America, dan Citibank telah menawarkan rincian lebih lanjut tentang pembayaran tanpa kontak.

Periksa terlebih dahulu bank yang menerbitkan kartumu, kemudian cobalah untuk melakukan pembelian. Kamu juga tetap bisa menggunakan sistem ini meskipun kamu sedang tidak ingin bepergian.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Pengguna Kartu Kredit Meningkat 186%, Redeem Yay Point Jenius Kini Bisa Dipakai Travel

Pengguna Kartu Kredit Meningkat 186%, Redeem Yay Point Jenius Kini Bisa Dipakai Travel

Selain ditukar saldo dompet digital, kini Point jenius juga bisa jadi tiket pesawat.

Baca Selengkapnya
Visa Study 2023 Ungkap Penggunaan Uang Tunai di Indonesia Turun Hingga 80%

Visa Study 2023 Ungkap Penggunaan Uang Tunai di Indonesia Turun Hingga 80%

Pada 2023 saja, pembayaran menggunakan kartu kredit atau debit merupakan metode pembayaran yang paling tidak populer.

Baca Selengkapnya
Jangan Panik, Begini Cara Mengurus Kartu ATM Tertelan Mesin

Jangan Panik, Begini Cara Mengurus Kartu ATM Tertelan Mesin

Jangan Panik, Begini 7 Cara Mengurus Kartu Debit Jika Tertelan Mesin ATM

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.