Paspor Negara Asia Ini Ternyata Paling Kuat di Dunia

News-travel | Minggu, 22 April 2018 08:02
{IMAGE_NORMAL}

Reporter : Dwifantya

Dua negara ini berhasil mengalahkan Jerman dan Amerika Serikat.

Dream - Sebuah lembaga riset swasta, The Henley Passport Index, mengukur efektivitas paspor sejumlah negara pada awal 2018. Riset ini memperhitungkan berapa banyak negara yang dapat dikunjungi tanpa mengajukan visa.

Dilansir CNN Travel, Minggu 22 April 2018, laporan baru yang diterbitkan pada Februari 2018 ini mengungkap bahwa hanya ada dua negara yang warganya dapat menikmati akses bebas visa ke 180 destinasi di seluruh dunia. Yang mengejutkan, kedua negara tersebut berada di Asia.

Jepang dan Singapura sekarang merupakan paspor paling kuat di dunia, menurut Henley Passport Index. Kedua negara ini berhasil menggeser Jerman dari posisi teratas, dengan akses bebas visa ke 179 tujuan negara.

Meskipun Uzbekistan mencabut persyaratan visa untuk warga negara Jepang dan Singapura pada awal Februari, dan Paraguay juga menghapus persyaratan visa untuk pemegang paspor Singapura, kedua negara ini tetap paling unggul di antara negara lainnya di dunia.

Kenaikan indeks negara-negara Asia kaya ini sudah lama tertunda, menurut Parag Khanna, Anggota Senior di Pusat Asia dan Globalisasi di National University of Singapore. " Kedua negara ini secara khusus diidentifikasi sebagai kekuatan komersial damai, dengan ketertarikan warganya terhadap bisnis dan investasi," kata Khanna dalam sebuah pernyataan.

Sementara, Korea Selatan berada di peringkat ketiga, disusul negara-negara Eropa seperti, Denmark, Finlandia, Prancis, Italia, Spanyol dan Swedia. Pemegang paspor ini memiliki akses bebas visa ke 178 tujuan negara.

Peringkat Malaysia juga naik ke urutan 11 di 2018, dengan perjalanan mulus ke 169 tujuan negara. Amerika Serikat menduduki tempat kelima dalam indeks, dengan masuk gratis ke 176 tujuan negara. Tapi tidak termasuk Turki dan Republik Afrika Tengah yang baru-baru ini untuk mencabut status bebas visa bagi pemegang paspor AS.

Federasi Rusia naik tiga peringkat ke posisi ke-45. Uni Emirat Arab dekade ini naik signifikan ke peringkat 34 dalam 10 tahun terakhir.

Lalu paspor negara mana yang paling rendah kekuatannya?

Tempat terakhir di daftar Henley Paspor Index adalah Afghanistan, yang hanya bisa memiliki visa gratis ke 24 negara, diikuti oleh Irak (27), Suriah (28), Pakistan (30) dan Somalia (32).

{IMAGE_PAGING}
Terkait
Join Dream.co.id