Pakai GeNose C19 Sebelum Naik Pesawat, Simak Caranya

Tes GeNose C19
NEWS  |  31 Maret 2021 20:14

GeNose C19 kini jadi syarat perjalanan udara mulai 1 April 2021.

Reporter : Ahmad Baiquni

Dream - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menetapkan GeNose C19 sebagai syarat perjalanan udara. Keputusan ini berlaku mulai Kamis, 1 April 2021.

Layanan GeNose C19 saat ini tersedia di sejumlah bandara. Pada bandara di bawah pengelolaan Angkara Pura I, tes ini bisa diakses di Bandara Internasional Yogyakarta Kulon Progo dan Bandara Juanda Sidoarjo.

Pada bandara di bawah pengelolaan Angkasa Pura II, GeNose C19 tersedia di Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung. Juga bisa diakses di Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

Untuk bisa mengakses layanan ini, berikut cara yang perlu kamu perhatikan.

Pertama, kamu perlu mengambil nomor antrean di bagian pendaftaran. Pendafaran sendiri dapat kamu lakukan secara manusia maupun online lewat laman PanggilAja.com dan aplikasi Farmalab.

Setelah itu, kamu melakukan pembayaran di loket terpisah dari pendaftaran. Kemduian, kamu diarahkan untuk mengambil sampel napas di bilik yang sudah tersedia.

Cara pengambilan sampel yaitu dengan menarik napas dari hidung dan membuangnya lewat mulut. Langkah ini dilakukan sampai tiga kali dan sampel baru diambil pada tiupan ketiga dan dimasukkan ke dalam kantong sampai penuh lalu dikunci.

Setelah penuh, kantong diserahkan kepada petugas. Kantong lalu diperiksa dengan alat GeNose C19 dan kamu diminta menunggu di tempat pengambilan sampel.

Saat hasil keluar, petugas akan memanggil nomor antrean dan memeriksa identitasmu. Jika positif, kamu akan mendapatkan konsultasi dan informasi soal hasil tes.

Kamu disarankan melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Hasil pemeriksaanmu juga dilaporkan ke puskesmas tempatmu tinggal.

Setelah itu, kamu diarahkan untuk meninggalkan bandara oleh petugas keamanan. Protokol kesehatan diterapkan dengan ketat.

Jika negatif, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan menunjukkan hasil tes GeNose C19 ke petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan. Setelah itu, kami bisa check in lalu boarding.

Pengalaman Puasa Pertama DJ Katty Butterfly
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
BERANI BERUBAH: Ketika Bisnis dan Beramal Bersatu
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :