Menparekraf Sandiaga Genjot Promosi Rempah dan Bumbu Dapur ke Dunia

News-travel | Senin, 19 Juli 2021 17:33
Menparekraf Sandiaga Genjot Promosi Rempah dan Bumbu Dapur ke Dunia
Contoh Rempah Indonesia Yang Dipromosikan Menparekraf Hingga Mendunia (Shutterstock.com)

Reporter : Ahmad Baiquni

Lewat Spice Up The World, Sandi ingin menginternasionalkan bumbu masak dan rempah khas Indonesia.

Dream - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, menyatakan programnya mempromosikan rempah dan bumbu dapur agar mendunia tidak surut meski sedang pandemi. Dia ingin agar rempah Indonesia semakin dikenal lewat program Spice Up The World. 

Meski harus membatalkan rencana kehadiran pada forum Spice Up The World di Amerika Serikat karena mengikuti instruksi Presiden Joko Widodo, Sandiaga memastikan programnya tetap berjalan. Dia telah mengirimkan perwakilan dari Kemenparekraf untuk menjalankan program tersebut.

" Saya tidak akan datang langsung kunjungan ke sana, namun saya akan tetap mengirim delegasi untuk mewakili agar kepulihan ekonomi tidak tertunda," ujar Sandi dalam Weekly Press Briefing, Senin, 19 Juli 2021.

Sandi mengatakan programnya mempromosikan rempah nusantara akan terus berjalan di masa PPKM. Dia ingin agar perekonomian nasional dapat segera pulih.

Pada program yang diusungnya tersebut, Sandi menargetkan untuk melipatgandakan 2 miliar bumbu dapur dan rempah-rempah. Dengan tujuan untuk memasarkan bumbu dapur dan rempah-rempah lebih luas lagi.

Selain itu, Sandi juga menjelaskan lima hidangan Indonesia yang akan dipromosikan dalam Indonesia Spice Up The World. " Kita akan mempromosikan makanan Indonesia seperti rendang, nasi goreng, soto, sate dan gado-gado, kata dia.

Lima menu ini, kata Sandi, dipilih karena kelezatannya sudah tidak diragukan lagi. Sandi berharap program yang ia usung ini, bisa berjalan hingga 2024 nanti.

" Agar Indonesia dapat menjadi destinasi untuk wisata gastronomi dan memberantas krisis ekonomi yang sedang terjadi saat ini," kata dia.

Laporan : Delfina Rahamdhani

Join Dream.co.id