Menparekraf Harapkan Hibah Pariwisata Dapat Diperluas di 2021

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno bertemu Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Instagram @sandiuno)
NEWS  |  12 Januari 2021 15:10

Banyak lapangan pekerjaan terpukul akibat pandemi Covid-19.

Reporter : Ahmad Baiquni

Dream - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, menemui Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada Senin sore. Pertemuan membahas beberapa hal terkait kebutuhan pembiayaan untuk sektor pariwisata.

Sandi mengatakan beberapa hal yang sempat dibahas antara lain Program Hibah Pariwisata. Program ini diluncurkan untuk membantu pelaku industri pariwisata agar bisa bangkit di tengah terpaan pandemi Covid-19.

" Dari hibah pariwisata di 2020 ada sekitar 70 persen yang terserap," ujar Sandi lewat Instagram.

Sisanya, kata Sandi, belum bisa terserap. Salah satu sebabnya yaitu keterbatasan regulasi serta waktu.

" Harapan dari sektor Parekraf agar ini bisa dilanjutkan, diperluas, dan diperbanyak karena jutaan lapangan kerja di sektor ini hilang akibat pandemi Covid-19, dan saatnya kita menciptakan kembali peluang usaha dan lapangan kerja tersebut," kata Sandi.

Hal lain yang juga dibahas adaah rencana menjadikan pariwisata dalam negeri berkelanjutan. Juga membuat pariwisata bisa memberikan masukan sehingga pembiayaan tidak melulu mengandalkan APBN.

" Melainkan terbuka bagi pihak-pihak yang mendukung sektor pariwisata berbasis lingkungan hidup," ucap dia.

Selain itu, Sandi juga mendorong Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia agar lebih membantu pelaku industri kreatif. Khususnya kepada mereka yang berada di daerah.

" Terakhir, ini sudah mendapat lampu hijau dari Ibu Sri Mulyani agar bisa membuka komunikasi dengan lembaga pembiayaan yang berada di bawah naungan Kemenkeu yaitu PT Sarana Multi Infrastruktur terkait kerjasama pembiayaan lainnya di sektor Parekraf tersebut," ucap dia.

BERANI BERUBAH: Reinkarnasi ala Event Organizer
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Video Detik-detik Mobil Presiden Jokowi Terjang Banjir di Kalsel
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :