Menikmati Kecanggihan Fasilitas Wisata di Bukit Peramun

Wisata Digital Bukit Petamun Belitung (Dream.co.id/Ferdike Yunuri Nadya)
NEWS  |  11 November 2019 15:07

Bukit Peramun dikembangkan menjadi destinasi wisata digital.

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya

Dream - Ketenaran pesona alam Kepulauan Belitung tidak bisa lagi dipungkiri. Tidak mengherankan jika kawasan tersebut kerap menjadi lokasi pengambilan gambar sejumlah film.

Sadar akan potensi tersebut, pemerintah daerah setempat semakin gencar membangun sejumlah destinasi wisata. Melibatkan pihak swasta, sejumlah lokasi disulap menjadi kawasan yang nyaman untuk berlibur.

Salah satunya Bukit Peramun yang menjadi daerah binaan dari PT Bank Central Asia Tbk. Kawasan ini menyuguhkan pemandangan hutan lindung yang mempesona.

Menariknya, fasilitas wisata Bukit Peramun dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi. Tujuannya untuk lebih mendekatkan generasi kekinian dengan alam.

" Tujuannya sistem ini agar lebih dekat dengan anak muda yang dekat dengan teknologi," ujar Ketua Komunitas Arsel sekaligus penanggung jawab Desa Binaan Bukit Peramun, Adie Darmawan.

Fokus pembangunan di Bukit Peramun diarahkan kepada pengembangan kekayaan flora dan fauna berbasis teknologi. Sistem QR Code digunakan untuk memudahkan pengenalan setiap hewan dan tumbuhan di destinasi tersebut kepada pengunjung.

 QR Code

Penggunaan sistem QR Code memudahkan pengunjung mendapat informasi mengenai tumbuhan di Bukit Peramun (Dream.co.id/Ferdike Yunuri Nadya)

Setiap pohon ditempelkan barcode yang dapat dipindai dengan ponsel. Masing-masing barcode berisi data meliputi nama, jenis, hingga manfaat yang terkandung dari pohon tersebut dalam dua bahasa, Indonesia dan Inggris.

" Kalau pakai barcode, mereka (pengunjung) bisa memilih sendiri pohon apa yang ingin diketahui penjelasannya lebih jelas. Cara ini diharapkan dapat menambah keingintahuan anak muda tentang alam, jadi bisa lebih mencintai alam juga," kata Adie

Sistem QR Code yang dipakai juga cukup mudah. Pengunjung tidak perlu memasang aplikasi khusus. Cukup mengarahkan barcode pada kamera gawai dan semua terpapar dengan lengkap.

Dalam pengembangan Bukit Peramun, BCA memberikan dukungan dalam bentuk penguatan kapasitas Sumber Daya Manusia. Juga menfasilitasi pengenalan Bukit Peramun ke dunia.

" Desa ini memiliki daya tarik dan potensi. Kami ingin membantu Desa Peramun berkembang dengan membina dan memberikan informasi untuk meningkatkan desa wisata ini," ucap Executive Vice President Corporate Social Responsibility (CSR) BCA, Inge Setiawati, dalam acara Kafe BCA di Bukit Peramun.

Acara ini turut dihadiri Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA, Hera F Haryn dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Belitung Timur Andriyanto Putra.

Inge mengatakan, kehadiran BCA melalui program desa binaan untuk membantu komunitas masyarakat lokal agar mampu mengembangkan potensi lokal tersebut menjadi sumber ekonomi yang menjanjikan kemandirian. Untuk Bukit Peramun, program telah dijalankan sejak 2018.

 Wisata Bukit Peramun

Peresmian Bukit Peramun jadi Desa Binaan BCA (Dream.co.id/Ferdike Yunuri Nadya)

" Sebagai langkah awal, kami memfasilitasi beberapa pelatihan, seperti Layanan Prima, Standar Layanan, Creative Selling Skill, dan Golden Heart Leadership," papar Inge.

Untuk menunjang sarana dan prasarana, BCA juga memberikan donasi untuk pengembangan mushola, digital information system dan lain-lain. Keseluruhan bentuk dukungan tersebut diberikan agar pengurus Desa Binaan Bukit Peramun semakin optimal dalam melayani para pengunjung.

Berkat pendampingan BCA, Bukit Peramun berhasil menorehkan prestasi di ajang ISTA – Indonesian Sustainable Tourism Awards 2019 beberapa waktu lalu. Destinasi ini meraih penghargaan Green Gold kategori Pelestarian Lingkungan.

BCA optimis Bukit Peramun dapat berkembang secara optimal, unggul, dan dapat turut meningkatkan ekonomi negara baik melalui wisatawan lokal dan mancanegara.

Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Terungkap, Ini Harga Cicilan Apartemen Nikita Mirzani
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :