Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Mengintip Kastil Mewah Keluarga Konglomerat Gunaevy Djajasasmita

Mengintip Kastil Mewah Keluarga Konglomerat Gunaevy Djajasasmita Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream

Dream - Sebuah bangunan megah berdiri di puncak bukit Kampung Sirnagalih, Mega Mendung, Bogor. Pilar-pilar putih berdiri menjulang, menjadi tempat bertengger dua patung elang yang menghadap ke Gunung Salak.

Gunaevy

Mengintip kilas balik tahun 1990, kisah ini dimulai ketika konglomerat Gunaevy Hassim Djajasasmita memboyong keluarganya berlibur ke Pompeii, Italia.

Panorama dan arsitektur bersejarah memukau bos distributor Mitsubishi ketika berada di sana. Kenangan itu berubah menjadi impian membagun istana kecil untuk keluarga tercinta.

"Tahun 1990 kita pernah ke Italia, ada kota bernama Pompeii di kaki Gunung Vesuvius. Pemandangannya seperti di tempat ini. Kalau di sana Gunung Vesuvius, di sini kita diapit oleh Gunung Salak dan Gunung Gede," ujar Lala, putri bungsu keluarga Gunaevy di Bogor, Rabu 25 September 2019.

Gunaevy

Gunaevy kemudian membangun replika istana Versailles di tanah seluas 63.641 meter persegi yang telah dibelinya pada akhir 1980. Proses pembangunan dengan cukup rumit.

"Bapak beli tanahnya, lalu dibangun mulai dari menggali dan membelah gunung. Karena di gunung, kita sempat bikin acara adat terlebih dahulu bersama warga sekitar. Mereka pada akhirnya ikut membantu mendirikan tempat ini," paparnya.

Villa Keluarga

Gunaevy

Istana itu diresmikan dengan nama Villa Puri Joya pada 1992 sebagai tempat berakhir pekan untuk keluarga. Gunaevy sebelumnya telah berkediaman di Jalan Bangka, Jakarta Selatan.

"Dulu setiap weekend pasti ke sini. Ramai-ramai bawa teman dan saudara. Pas kita semua sudah besar, tinggal bapak dan ibu. Akhirnya kita memutuskan untuk membuka vila untuk publik agar tetap hidup dan berguna," kata wanita lulusan European School of Economics-London and Milan.

Sebelum mencapai Villa Puri Joya, pengunjung dibawa melintasi hamparan pohon damar yang tumbuh berjajar menyerupai hutan kecil. Ada kisah menarik di hutan ini.

Gunaevy

Kala itu Gunaevy merayakan ulang tahun ke-62 dengan melepas lima ekor elang jambul yang merupakan hewan langka ke alam bebas. Ornamen elang juga banyak menghiasi bangunan megah itu.

Gunaevy

"Bapak itu orangnya filosofis. Elang berkelana sendirian, tapi selalu kembali ke keluarganya. Elang juga merupakan hewan favorit Napoleon Bonaparte yang sangat diidolakan oleh bapak," ungkap Ratih, putri sulung Gunaevy.

Kecintaan Gunaevy pada tokoh militer Perancis itu dituangkan lewat sejumlah barang antik yang terpajang di rumah. Selain patung elang, ada pula replika pedang dan perisai Bonaparte berinisial 'G' (Gunaevy).

Gunaevy

Interior Megah

Mengikuti jalan menanjak, Sahabat Dream akan menemukan bangunan bernama Villa Papan. Bangunan kayu ini sering menjadi tempat bersantai di siang hari.

Villa Puri Joya menawarkan konsep interior elegan dari perpaduan gaya Eropa klasik dan Nusantara. Terlihat ukiran khas Jawa yang didesain sendiri oleh Gunaevy.

Gunaevy

Pada lantai satu terdapat ruang tamu, dapur, tiga kamar anak-anak serta satu kamar peninggalan ibu dan mertua Gunaevy. Setiap kamar mencerminkan karakteristik mereka.

"Lala serba pink, Ibrahim dengan biru, lalu saya warna kuning. Kami lebih suka menghabiskan waktu di bawah karena kalau di atas interiornya lebih klasik, kesukaan ibu," ujar Ratih.

Gunaevy

Istri Gunaevy, Joya memang turut andil dalam desain interior. Khususnya pada lantai dua yang terkesan lebih klasik. Seluruh interior memakai koleksi eksklusif Da Vinci, dengan paduan warna merah, hijau serta gold.

Berapa Harganya?

Villa Puri Joya kini disewakan untuk keperluan keluarga hingga acara besar seperti pernikahan. Bangunan dilengkapi dengan piranti masak, air panas, hingga elektronik seperti HDTV layar datar, ruang karaoke dan akses internet nirkabel.

Gunaevy

Di bagian paling bawah, kediaman Gunaevy juga dilengkapi dengan area berkuda, lapangan tenis, badminton, kolam renang serta meja ping pong menghadap hamparan rumput hijau. Udara sejuk dijamin dapat memanjakan siapa saja yang berkunjung ke tempat itu.

Bangunan megah tersebut juga dapat disewakan untuk sesi foto dan syuting. Berikut ini harganya:

Harga Sewa Villa Papan:
Senin - Kamis Rp2 juta per malam
Jumat - Minggu Rp3 juta per malam
Libur Nasional Rp4 juta per malam

Harga Sewa Villa Puri Joya:
Senin - Kamis Rp4 juta per malam
Jumat - Minggu Rp5,5 juta per malam

Lapangan
Area lapangan kuda Rp15 juta per hari
Area lapangan depan Villa Papan Rp15 juta per hari
Area lapangan depan pilar Puri Joya Rp25 juta per hari

Shooting & Wedding
Photoshoot Rp5 juta per hari
FTV atau sinetron Rp6-Rp8,5 juta per hari
Film Rp11-13 juta per hari per shoot
Iklan Rp16 juta per hari
Resepsi pernikahan Rp150 juta per hari

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
15 Kastil yang Tertua di Dunia, Mana yang Bikin Kamu Tertarik?

15 Kastil yang Tertua di Dunia, Mana yang Bikin Kamu Tertarik?

Kastil adalah bangunan megah dan bersejarah yang banyak dibangun pada masa perang. Yuk, simak 15 kastil yang paling tua di dunia!

Baca Selengkapnya
Meraup Cuan dari Sampah Wisatawan di Gunung Gede Pangrango, Bisa Selamatkan Alam

Meraup Cuan dari Sampah Wisatawan di Gunung Gede Pangrango, Bisa Selamatkan Alam

Sampah plastik juga bisa memberikan nilai tambah bagi masyarakat jika idolah dengan baik

Baca Selengkapnya
Ganjar Sebut Ada Tekanan ke Kepala Daerah: Dilarang Kencang-Kencang Dukung 03

Ganjar Sebut Ada Tekanan ke Kepala Daerah: Dilarang Kencang-Kencang Dukung 03

Ganjar Sebut Ada Tekanan ke Kepala Daerah, Jangan Kencang-Kencang Dukung 03

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Tak Sengaja Kepalanya Ketiban Daging, Singa Ini Baper dan Marah

Tak Sengaja Kepalanya Ketiban Daging, Singa Ini Baper dan Marah

Penjaga hewan melemparkan daging melintasi pagar, dan itu mengenai kepala singa langsung!

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Menu Telur Favorit

BUNGKUS! Menu Telur Favorit

Hidangan berbahan telur bisa disajikan dalam aneka masakan. Nah, kira-kira kalian suka menu telor yang bagamana? Komentar di bawah yuk

Baca Selengkapnya