Cari Makanan Halal di Taiwan Kini Lebih Mudah

News-travel | Selasa, 24 September 2019 13:11
Cari Makanan Halal di Taiwan Kini Lebih Mudah

Reporter : Ahmad Baiquni

Taiwan memberlakukan sertifikasi halal untuk semua restoran di sana.

Dream – Muslim friendly tour atau wisata ramah Muslim tengah menjadi tren di dunia traveling dalam beberapa tahun terakhir. Sejumlah negara menyiapkan fasilitas yang memudahkan traveler Muslim.

Demikian pula dengan Taiwan. Untuk menarik minat traveler Muslim berkunjung, mereka memberlakukan sertifikasi halal untuk semua restoran di sana.

Sertifikasi halal dikelola oleh Chinese Muslim Association dan diberikan kepada restoran maupun tempat makan di Taiwan. Namun demikian, sertifikat tersebut tidak diberikan secara mudah.

Bagi restoran yang ingin memiliki sertifikat halal harus melalui sejumlah proses. Termasuk mengikuti pelatihan mengenai aspek halal haram dalam makanan.

" Untuk sertifikat halal, koki dan pelayan harus ikut pelatihan jadi mereka mengerti dengan baik apa itu halal dan haram," kata Assistant Chinese Muslim Association, Zaharah, dalam event Taiwan Tourism Workshop di Fairmont Hotel, Jakarta, Senin kemarin.

 Halal Taiwan
© dream.co.id

Restoran bersertifikat halal ini terbagi dua tipe, yaitu Muslim Restaurant dan Muslim Friendly Restaurant. Perbedaannya terletak pada menu yang disajikan dan fasilitas makan yang disediakan.

2 dari 3 halaman

Muslim Restaurant dan Muslim Friendly Restaurant

Pada Muslim Restaurant, semua menu yang sajikan adalah halal. Restoran tipe ini memang dikhususkan bagi pengunjung Muslim.

Sedangkan Muslim Friendly Restaurant menyajikan menu makanan masih bercampur dengan hidangan non halal. Meski begitu, hal ini tidaklah menjadi masalah.

Para pengelola Muslim Friendly Restaurant menyediakan area makan yang terpisah antara pengunjung Muslim dan non-Muslim. Menu yang disajikan juga berbeda dan hanya makanan bersertifikasi halal yang ditawarkan di area makan khusus Muslim.

 Halal Taiwan
© dream.co.id

Bahkan, menurut Zaharah, dapur, gudang penyimpanan bahan makanan, hingga peralatan masak dan makan pelanggan disediakan terpisah.

" Semua proses masak, mencuci piring, oven, gudang penyimpanan bahan makan, hingga area makan, semuanya terpisah. Tidak akan mungkin untuk terkena daging babi dan alkohol,” ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Aplikasi Halal Taiwan

Bagi kamu yang masih ragu dengan Muslim Friendly Restaurant, tidak perlu khawatir. Karena setiap restoran terdapat sertifikat halal Salam, yang artinya Muslim Friendly.

" Untuk Muslim Friendly (restaurant) kami tidak menyematkan halal begitu saja. Karena mungkin di area makan tersebut masih banyak orang memakan daging babi dan alkohol," kata Zaharah.

Tetapi, lanjut dia, area Muslim pasti menyajikan makanan halal. Untuk memastikannya, pengunjung Muslim dapat memeriksa sertifikat pada restoran tersebut.

" Kami menggunakan Salam. Salam artinya Muslim Friendly. Anda tak perlu khawatir, semuanya sudah dipastikan 100 persen halal,” ujar Zaharah.

Untuk memastikan restoran menjaga kualitas halalnya, sertifikasi halal harus diperbarui setiap satu tahun sekali untuk Muslim Friendly Restaurant dan dua tahun sekali untuk Muslim Restaurant.

Selain itu, Chinese Muslim Association bersama salah satu mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan di Taiwan menghadirkan aplikasi Halal Taiwan. Aplikasi ini memudahkan wisatawan Muslim untuk mencari masjid hingga restoran halal terdekat dari lokasi mereka.

" Anda dapat menemukan restoran, hotel, bahkan masjid dan prayer room menggunakan aplikasi ini," kata Zaharah.

Dengan aplikasi ini, kamu dapat mengetahui lokasi tempat dan terhubung langsung dengan google maps. Terdapat empat bahasa yang digunakan seperti Mandarin, Inggris, Melayu, dan Indonesia. Aplikasi dapat diunduh melalui Google Play Store dan Apple Store.

Laporan: Keisha Ritzska Salsabila

Join Dream.co.id