Makin Mudah, Check In di PeduliLindungi Kini Bisa Lewat Traveloka

News-travel | Senin, 15 November 2021 20:42

Reporter : Ahmad Baiquni

Kini, masuk ke berbagai tempat bisa check in di Traveloka

Dream - Sistem check-in aplikasi PeduliLindungi kini menjadi syarat wajib untuk beraktivitas. Tidak cuma saat naik pesawat atau kereta, check in juga wajib ketika masuk tempat wisata, pusat perbelanjaan maupun hotel.

Kini pengguna Traveloka tidak perlu repot harus menginstal aplikasi PeduliLindungi. Sebab, Traveloka sudah terintegrasi dengan sistem PeduliLindungi.

" Integrasi PeduliLindungi pada platform Traveloka, merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memperluas penggunaan PeduliLindungi bagi keamanan dan keselamatan masyarakat," ujar Chief of Digital Transformation Office (DTO) Kementerian Kesehatan, Setiaji.

SVP Traveloka, Alfonso Hartanto, mengungkapkan inisiatif ini juga merupakan bagian dari komitmen dan dukungan Traveloka atas upaya Pemerintah dalam menangani pandemi di Tanah Air. Salah satunya dengan melakukan penelusuran dan pelacakan yang ketat dan terstruktur.

" Penerapan protokol kesehatan di tempat umum saat ini merupakan norma baru yang sangat penting, termasuk penggunaan PeduliLindungi yang sudah menjadi syarat wajib di sejumlah tempat maupun perjalanan," kata Alfonso.

PeduliLindungi tersedia pada fitur Safe Entrance di Traveloka. Fitur tersebut dapat diakses melalui menu Akun Saya (My Account) atau di Pemindai Kode QR yang berada di Bar Pencarian Beranda (Homepage Search Bar).

" Kami percaya bahwa upaya bersama yang dilakukan, termasuk dengan pengintegrasian fitur Safe Entrance di aplikasi Traveloka, dapat melindungi masyarakat luas dari virus Covid-19 dan mendorong percepatan pemulihan pasca pandemi," kata Alfonso.

 

Makin Mudah, Check In di PeduliLindungi Kini Bisa Lewat Traveloka
Ilustrasi (Shutterstock.com)
2 dari 2 halaman

Akses PeduliLindungi di Traveloka

Berikut cara mengakses fitur Safe Entrance yang sudah terintegrasi dengan PeduliLindungi.

1. Buka aplikasi Traveloka App (pastikan sudah menggunakan versi terbaru v.3.42).
2. Gunakan pemindai kode QR yang terletak di Bar Pencarian di laman Home atau dengan mengakses laman Akun Saya (My Account).
3. Pengguna yang mengakses laman Akun Saya akan diarahkan ke laman Safe Entrance. Sedangkan pengguna yang masuk dari Bar Pencarian, akan diarahkan untuk melakukan scan QR code terlebih dulu.
4. Bagi yang sudah terdaftar, dapat mengklik tombol Scan QR Code tanpa perlu mengisi Nama dan NIK. Bagi yang belum terdaftar, diharuskan untuk mengisi Nama dan NIK untuk melanjutkan memindai kode QR ke fitur Safe Entrance.
5. Setelah memindai Kode QR yang tersedia di tempat publik, halaman Safe Entrance di aplikasi PeduliLindungi akan menampilkan Informasi Venue (nama venue, deskripsi venue, jumlah kerumunan, info 3M, dan fitur check-in).
6. Setelah mengklik tombol check in, aplikasi akan menampilkan informasi kelayakan pengguna untuk memasuki tempat yang dituju dengan kode warna hijau, oranye, merah, dan hitam.

 PeduliLindungi di Traveloka© Istimewa

Terkait
Join Dream.co.id