Lukisan Dinding Tertua Pompeii Direstorasi, Mendekati Baru

Lukisan dinding di reruntuhan rumah mewah Pompeii (Lonely Planet)
NEWS  |  7 Maret 2021 18:47

Lukisan tersebut terlihat seperti wujud asalnya.

Reporter : Ahmad Baiquni

Dream - Italia merupakan negara dengan jumlah situs warisan dunia UNESCO terbesar di dunia. Selain Menara Pisa, terdapat destiasi wisata terpopuler yaitu kota kuno Pompeii yang memiliki segudang temuan arkeologis.

Kota yang terletak di sekitar 23 km tenggara Napoli ini pernah terkubur lahar Gunung Vesuvius, meletus pada 79 Masehi. Akibat letusan tersebut, banyak jasad, benda maupun bangunan terkubur lahar.

Dikutip dari Lonely Planet, berbagai peninggalan peradaban Pompeii mulai ditemukan dan membuat publik takjub. Seperti salah satu temuan lukisan dinding tertua yang ditemukan di Pompeii, yang akhirnya mengalami restorasi dengan bantuan teknologi laser.

Proses restorasi tersebut membuat lukisan ini pulih seperti awal masa kejayaannya. Penuh warna dan elemen dekoratifnya terlihat dengan jelas.

Lukisan dinding tersebut ditemukan di belakang taman The House of the Ceii, rumah mewah milik Domus yang merupakan salah orang kaya Romawi kala itu. Lukisan tersebut diekskavasi antara tahun 1913 dan 1914.

Rumah itu merupakan contoh tempat tinggal kuno dari periode Samnite akhir (abad ke-2 SM). Lukisan dinding tersebut akhirnya memudar seiring waktu, dan saat di pulihkan kembali, terlihat pemandangan adegan berburu, yang menampilkan hewan liar.

Selain itu juga terdapat lukisan lain seperti gambar kuil, patung dan hewan-hewan di delta Sungai Nil, Mesir. Lukisan tersebut berfungsi untuk menciptakan ilusi serta dapat memberikan suasana yang indah serta kesan yang luas pada ruangan.

Kemungkinan besar subjek lukisan tersebut menunjukkan keterkaitan dan minat tertentu dari pemilik domus terhadap dunia Mesir dan pemujaan terhadap Isis. Lukisan tersebut diketahui milik seorang hakim pada abad itu yang bernama Lucius Ceius Secundus, berdasarkan prasasti yang ditemukan di bagian luar rumah.

Rumah bersejarah itu telah rusak selama berabad-abad, namun saat ini tata letak asli rumah itu di dekorasi ulang sebagian.

Laporan: Yuni Puspita Dewi

Viral, Artis dan Mantan Menteri Saling Tuding Insiden Nyerempet Mobil
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
BERANI BERUBAH: Masker Kulit Sapi Pembuka Pintu Rezeki
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :