Program Cepat Tanggap Menparekraf Sandiaga Pulihkan Desa Wisata Kutuh

Foto: Kemenparekraf
NEWS  |  16 Februari 2021 09:11

Menurut Bendesa Adat, tingkat survival di desa hanya cukup sampai bulan Maret.

Reporter : Annisa Mutiara Asharini

Dream - Pandemi menjadi pukulan berat bagi desa wisata. Aktivitas lumpuh akibat tidak adanya wisatawan yang berkunjung.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno segera mempersiapkan langkah membantu pemulihan desa wisata yang terdampak pandemi Covid-19. 

Sandiaga telah melakukan peninjauan ke Desa Wisata Kutuh, di Kabupaten Badung, Kamis pekan lalu. Sebelum pandemi, Desa Wisata Kutuh dan Pantai Pandawa biasa dikunjungi oleh 3.000 wisatawan dalam sehari.

 Kemenparekraf

Dari pariwisata, desa ini mampu menghasilkan Rp50 miliar per tahun. Desa ini telah berstatus mandiri dan menjadi percontohan nasional.

" Tapi karena pandemi, pendapatannya menurun sampai 90 persen sehingga mengakibatkan lebih dari 200 usaha kecil dan lebih dari 290 tenaga kerja serta 3.000 lebih warga di desa adat ini ekonominya sangat menurun," ujar Sandiaga.

Setelah meninjau lokasi, Sandiaga akan menyiapkan langkah-langkah strategis yang cepat. Ini mengiingat desa tersebut diprediksi hanya mampu bertahan hingga bulan Maret mendatang.

" Jadi ini ada kedaruratan. Maka saya langsung membawa kembali proposal yang diajukan dari desa adat dan akan berdiskusi dengan Wakil Bupati. Harapannya kita bisa memberikan satu sentuhan yang tepat manfaat, tepat sasaran, dan tepat waktu," ujarnya.

 Kemenparekraf

Sejumlah program yang bisa dijalankan antara lain stimulus, bantuan sosial, program BISA (Bersih, Indah, Sehat, Aman) dan lainnya. Desa Wisata Kutuh juga mempunyai lapangan bola dengan program unggulan 'bolabali', kegiatan tahunan yang biasanya mendatangkan wisatawan mancanegara.

Ajang sport tourism tersebut akan digelar mulai Juli 2021 dengan protokol kesehatan yang ketat. Gelaran ini diharapkan mampu menarik wisatawan domestik sehingga tidak hanya meramaikan acara, namun juga destinasi wisata seperti Pantai Pandawa.

Sumber: Kemenparekraf

MUI Minta Pemerintah Cabut Perpres Investasi Miras
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Suami Dilantik, Chacha Frederica Sah Jadi Ibu Bupati
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :