Kolaborasi Kemenparekraf-ATI Revitalisasi Toilet di Tiap Lokasi Wisata

Foto: Kemenparekraf
NEWS  |  16 Januari 2021 11:22

Toilet yang nyaman, bersih dan estetik akan menjadi kepuasan tersendiri bagi para wisatawan.

Reporter : Annisa Mutiara Asharini

Dream - Toilet merupakan salah satu aspek penting di tempat wisata. Kebersihannya harus selalu terjaga demi menjaga kenyamanan dan keamanan berwisata.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno menjalin kerja sama dengan Asosiasi Toilet Indonesia (ATI) untuk merevitalisasi toilet di tiap destinasi wisata di Indonesia.

" Menurut saya senyata-nyatanya kalau kita mau revolusi sektor wisata itu harus dimulai dari toilet karena ini adalah tempat yang tidak bisa kita wakilkan untuk datang," ujar Sandiaga di laman resmi Kemenparekraf.

Selain kebersihan yang selalu terjaga, toilet di tempat wisata juga harus memiliki desain dan fasilitas menarik. Kedua poin tersebut dinilai mampu memengaruhi tingkat kunjungan wisatawan.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf, Hari Santosa Sungkari berharap ATI dapat membantu Kemenparekraf dalam merevitalisasi toilet di lokasi wisata.

 Kemenparekraf

Kemenparekraf akan memfokuskan revitalisasi toilet pada lima destinasi super prioritas dan dilanjutkan dengan destinasi yang lain.

" Yang sangat penting saat ini dan kritis adalah di destinasi wisata yang publik seperti pantai, gunung. Kita akan fokuskan terlebih dahulu di lima destinasi super prioritas. Nah harus kita pikirkan juga standarnya. Begitu kita terapkan di pantai ada modifikasi apa, jika diterapkan di gunung ada modifikasi apa. Jadi saya mengajak berpikir dari hilir, ujungnya kita ingin menghasilkan apa," tutur Hari.

 Kemenparekraf

Kemenparekraf turut menggandeng Asosiasi Toilet Indonesia (ATI) dalam program revitalisasi toilet. Keberadaan toilet di tiap destinasi wisata perlu pendampingan terus menerus sehingga memunculkan daya tarik wisatawan untuk berkunjung.

" Hal ini berkaitan dengan wisata sehat, karena suka tidak suka semua wisatawan akan mencari tempat yang sehat dan higienis pula, agar mereka tetap bahagia saat berlibur," kata Naning Adiwos, Ketua Asosiasi Toilet Indonesia (ATI).

[TEASER] Gerald Yohanes - Mezty Mez | Christie SERIBU KALI CINTA THE SERIES Eps 6
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Dude Harlino & Alyssa Soebandono | Christie SERIBU KALI CINTA THE SERIES Eps5
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :