Kisah Satu-satunya Toko yang Masih Bertahan di Pasar Suriah

(Foto: Youtube/Arab News)
NEWS  |  29 Desember 2017 17:11

Menyedihkan, toko milik Mohammad Shawash itu berdiri di tengah lautan jalan beton dan puing-puing bangunan yang hancur.

Reporter : Puri Yuanita

Dream - Dulu ini adalah salah satu pasar paling dinamis di Kota Aleppo, Suriah. Namun hari ini, jalan-jalan Khan Al-Harir yang dibom adalah rumah bagi sebuah toko yang menjual taplak meja.

Toko milik Mohammad Shawash itu berdiri di tengah lautan jalan beton dan puing-puing yang hancur. Pria berusia 62 tahun dengan jenggot putih dan kacamata hitam itu memutuskan untuk kembali ke souk (pasar) bersejarah tersebut sejak lima bulan lalu dan membuka kembali tokonya yang telah ia kelola selama bertahun-tahun.

" Saya menangis saat pertama kali kembali. Saya menemukan kehancuran total di sekitarku. Toko-toko hancur, jalanan ditutupi puing-puing dan bebatuan, dan bangunannya roboh," katanya kepada AFP.

" Jadi saya memperbaiki sendiri, untuk membuktikan kepada seluruh dunia bahwa kota tua Aleppo masih memiliki jiwa."

Khan Al-Harir atau Silk Market, terletak di kota tua Aleppo yang terkenal dan merupakan sebuah situs warisan dunia UNESCO.

Pasar bersejarah ini merupakan yang terbesar di dunia, dengan sekitar 4.000 toko dan 40 karavan di labirin gang yang menjual segala barang mulai dari peralatan rumah hingga produk kesenian.

Selama 4 tahun, kota tua berada di garis depan pertempuran antara pasukan pemerintah di barat kota dan pemberontak di timur. Namun sebuah serangan besar yang didukung Rusia membuat tentara Suriah merebut kembali wilayah tersebut, dan pada bulan Desember 2016 lalu pemerintah menyatakan kembali bahwa wilayah itu seluruhnya berada di bawah kendali mereka.

Sejak itu, sebagian besar toko tutup akibat hancur karena pertempuran. Tapi sebagian dibuka kembali bulan lalu. Pemilik toko perlahan mulai kembali untuk membenahi kerusakan yang terjadi.

 

 

Selanjutnya : Membangun Kembali Tokonya Seorang Diri
Adu Akting dengan Betari Ayu, Alvin Faiz Ceritakan Respon Sang Istri
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Jawab Isu Pernikahan, Ini Kabar Terbaru Juwita Bahar
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :