Kisah Bocah Asal Cimahi Taklukan 9 Gunung Indonesia

Caca di puncak Gunung Rinjani (Foto: Instagram/@devaniasyahla)
NEWS  |  23 Mei 2018 09:10

Caca telah melakukan hobi ekstrem ini sejak usianya baru 4 tahun.

Reporter : Dwifantya

Dream - Seorang bocah cilik yang masih duduk di bangku sekolah dasar telah menaklukan 9 gunung di Indonesia. Devania Syahla Almira yang akrab dipanggil Caca ini telah menyukai hobi ekstrem ini sejak usia 4 tahun.

Kegigihan gadis kecil asal Cimahi, Jawa Barat ini diwariskan oleh kedua orangtuanya. Ayahnya adalah seorang pendaki dan pendiri salah satu komunitas pecinta alam di Cimahi. Beserta ibunya, mereka memotivasi Caca untuk menjelajahi alam Indonesia.

Gunung mana saja yang sudah didaki Caca? Simak di bawah ini, yuk.

1. Gunung Ciremai

Gunung Ciremai menjadi sasaran pertama pendaki cilik ini di usia 4 tahun. Gunung ini adalah gunung berapi tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggian 3.078 MDPL. Perlu waktu 6-8 jam untuk mencapai puncak tertinggi di Jawa Barat ini.

Gunung Ciremai termasuk ke dalam Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Pesonanya yang unik dan cantik membuat gunung ini sebagai salah satu tempat pendakian terfavorit para pendaki.

2. Gunung Guntur

Gunung Guntur berada di Garut, Jawa Barat. Gunung yang berketinggian 2.249 MDPL ini berjarak 7 kilometer dari pusat Kota Garut. Gunung Garut juga memiliki julukan sebagai “Semeru Mini” karena memiliki karakter trek berpasir dan kerikil layaknya Gunung Semeru.

Caca berhasil menaklukan gunung ini meskipun medannya dikenal berat karena tidak memiliki banyak pepohonan sehingga terlihat gundul dan tandus. Selain itu, gunung ini juga memiliki kemiringan yang curam dan stabilitas tanah yang tergolong labil atau rentan longsor. Gunung ini termasuk sulit didaki, sehingga banyak pendaki yang melakukan pendakian pada subuh, sore atau malam hari saat cuaca tidak terik.

3. Gunung Cikuray

Sama dengan Gunung Guntur, Gunung Cikuray juga berada di Garut, Jawa Barat. Lokasi gunung bertipe stratovolcano ini terletak di Dayeuhmanggung, Kabupaten Garut. Dengan ketinggian 2.821 MDPL, Gunung Cikuray ini tidak memiliki kawah aktif.

Gunung yang didaki Caca ini termasuk gunung tertinggi ke-4 di Jawa Barat setelah Gunung Ciremai, Pangrango, dan Gede. Dengan posisi letaknya yang paling tinggi di Kabupaten Garut, kaki gunung ini menjadi tempat stasiun pemancar TV swasta dan TVRI.

4. Gunung Lawu

Gunung Lawu ini terletak di Pulau Jawa, tepatnya di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gunung ini berdiri kokoh di tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Karanganyar (Jawa Tengah), Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Magetan (Jawa Timur).

Caca berhasil mendaki gunung yang memiliki ketinggian 3.256 MDPL ini sekitar Mei 2016 lalu. Dengan mantel merah mudanya itu, Caca berfoto dengan papan bertuliskan Puncak Lawu dengan dihimpit dua wanita di samping kanan dan kirinya.

Selanjutnya : Hadiah Lego Setelah Mampu Taklukan Merapi
Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary_mark
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Lika-liku Perjalanan Cinta Roger Danuarta dan Cut Meyriska
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :