Kim Jong Un Perintahkan Hancurkan Hotel Mewah Korsel di Gunung Korut

News-travel | Kamis, 31 Oktober 2019 09:09
Kim Jong Un Perintahkan Hancurkan Hotel Mewah Korsel di Gunung Korut

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Apa alasannya?

Dream-  Kim Jong Un, pemimpin Korea Utara kembali kejutkan publik internasional dengan perintahnya. Kali ini, Kim memerintahkan bawahannya untuk menghancurkan sebuah hotel apung mewah yang berada di kawasan Gunung Kumgang.

Pemimpin Korea Utara ini memerintahkan untuk melakukan penghancuran terhadap Hotel Haegumgang, atau dulunya bernama Four Season Barrier Reef Hotel. Perintah ini Kim berikan saat ia melakukan kunjungan ke daerah pariwisata Gunung Kumgang.

Kim menganggap hotel milik Korea Selatan ini tidak memiliki karakter nasional sama sekali. Ia juga menganggap, hotel ini masih berada di dalam kawasan Korea Utara.

Walaupun Gunung Kumgang merupakan simbol hubungan baik antara Korea Utara dan Korea Selatan, seperti yang disampaikan ayahnya, Kim tetap tidak menyukai keberadaan hotel tersebut.

“ Kami akan selalu menyambut rekan kami dari Korea Selatan jika mereka hendak datang ke Kumgang, tapi setelah dibangung destinasi wisata Internasional," kata Kim dikutip dari laman CNN.

2 dari 3 halaman

Sekilas Tentang Hotel Haegumgang

Hotel Haegumgang merupakan hotel apung mewah yang memiliki fasilitas lengkap. Hotel ini memiliki 200 kamar, klub malam, bar hingga helipad. Awalnya, hotel ini bernama Four Season Barrier Reef Resort dan sudah dibuat sejak 1988.

 Kim Jong Un
© https://www.dailymail.co.uk/news/article-7607839/North-Korean-dictator-Kim-Jong-wants-destroy-luxury


Hotel apung mewah ini dibuat pengusaha Australia Doug Tarca dan putranya. Pertama kali beroperasi, hotel ini berlokasi di Townsville, Queensland, Australia. Karena mengalami masalah keuangan, hotel ini akhirnya dipindahkan ke Ho Chi Minh City, Vietnam, tepatnya di Sungai Saigon.

Baru pada 1998, karena masalah keuangan lagi, hotel ini dipindahkan ke Semenanjung Korea, tepatnya di pesisir pantai kawasan Gunung Kumgang. Hotel ini masih beroperasi sampai keluarnya perintah ekstrem Kim Jong Un.

3 dari 3 halaman

Konflik Pariwisata di Semenanjung Korea

Hubungan Korea Selatan dan Korea Utara memang sudah tidak baik sejak perang saudara. Tidak hanya di sektor perpolitikan saja, sektor pariwisata keduanya juga pernah mengalami ketegangan. Tepatnya 2008, ada seorang turis yang ditembak mati  petugas keamanan Korea Utara karena tidak sengaja memasuki kawasan militer Korea Utara di Gunung Kumgang.

Di pertemuan bersejarah 2018 lalu, antara Kim Jong Un dengan Moon Jae In, Presiden Korea Selatan saat ini, kedua belah pihak memutuskan untuk membuka kembali hotel dan resor mewah itu.

Pada Oktober 2019, saat melakukan kunjungan ke kawasan Gunung Kumgang dan memeriksa fasilitas hotel, Kim langsung memerintahkan penghancuran hotel apung mewah tersebut. Sampai saat ini belum ada kelanjutan mengenai perintah Kim, dan belum ada respon resmi dari pihak hotel.

Sumber: Daily Mail

Join Dream.co.id