Keren, Maskapai Jepang Luncurkan Inovasi Pintu Toilet Hands-Free

Pintu toilet hands-free di maskapai Jepang, ANA (CNN Travel)
NEWS  |  9 Mei 2021 13:10

Penumpang dapat menggunakan toilet tanpa perlu menyentuh dengan jari dan telapak tangan.

Reporter : Ahmad Baiquni

Dream - Selain dijuluki Negeri Sakura, Jepang juga dikenal sebagai negara yang penuh inovasi terutama di bidang teknologi. Tak heran jika kita sering menemukan teknologi terbaru yang berasal dari Jepang.

Salah satunya inovasi yang baru diluncurkan maskapai penerbangan Jepang, ANA. Maskapai ini membuat inovasi berupa teknologi toilet pesawat bebas sentuhan atau hands free.

Toilet hands free tersebut bertujuan agar penerbangan menjadi lebih higienis. Penumpang yang menggunakan toilet dapat membuka pintu tanpa harus menyentuhnya.

Nantinya pintu toilet tersebut akan bergerak terbuka tertutup dengan bantuan pegas mekanis yang memungkinkan orang membuka pintu dengan siku atau lengan bawah. Rencananya inovasi tersebut diterapkan pihak maskapai kepada 21 pesawat di seluruh penerbangan domestik di Jepang mulai minggu depan.

Prototipe tersebut dibuat oleh ANA dan JAMCO, perusahaan yang membuat produk industri penerbangan di Jepang, sebagai bentuk respons terhadap pandemi virus corona. Hingga saat ini, satu-satunya tempat untuk mencobanya adalah di lounge ANA Bandara Haneda Tokyo.

Uniknya bukan hanya pintu masuk yang bisa diakses tanpa menggunakan tangan. Saat berada di dalam toilet, kamu juga dapat mengunci dan membuka kunci pintu dengan tombol geser yang dapat sekaligus berguna untuk mengaktifkan lampu.

Selain itu juga terdapat pegangan yang bisa kamu gunakan untuk membuka pintu dari dalam menggunakan siku.

" Kami terus berinvestasi dalam pengembangan dan implementasi teknologi inovatif karena kesehatan dan keselamatan penumpang dan staf kami adalah prioritas utama," kata Wakil Presiden Eksekutif Senior Manajemen Pengalaman Pelanggan dan Perencanaan ANA, Shinichi Inou, dikutip dari CNN Travel.

" Pintu toilet hands-free adalah contoh terbaru dari kami yang menerapkan prinsip ini," ucap dia.

ANA berharap dapat memperkenalkan inovasi ini kepada lebih banyak pesawatnya, termasuk pesawat dengan rute penerbanga internasional. Saat ini, sebagian besar orang asing tidak dapat memasuki Jepang dan perjalanan internasional sangat dibatasi.

Meskipun kemungkinan tertular virus saat berada di pesawat relatif rendah, namun toilet adalah salah satu tempat paling berkuman di dalam pesawat. Di seluruh dunia, maskapai penerbangan bahkan telah mencoba berbagai pendekatan yang berbeda seperti menjaga kebersihan udara.

Banyak maskapai penerbangan juga mewajibkan penumpang dan awak pesawatnya mengenakan masker di pesawat, dan beberapa mengharuskan staf mengenakan APD lengkap.

Bahkan negara lain seperti Thailand sempat melakukan tindakan pencegahannya dengan cara melarang layanan makanan dan minuman bahkan surat kabar dan majalah, pada penerbangan domestiknya. Di China sendiri juga telah melakukan otoritas penerbangan nasional bahkan menyarankan pramugari memakai popok saat bekerja untuk mengurangi perjalanan ke kamar kecil.

Dengan adanya inovasi toilet hands-free dapat menjadi solusi agar tetap menggunakan toilet dengan aman dan nyaman selama penerbangan.

Laporan: Yuni Puspita Dewi

BERANI BERUBAH: Lepas Gengsi, Jemput Rezeki
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
BERANI BERUBAH: Lepas Gengsi, Jemput Rezeki
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :