Kemenhub: Tak Ada Penutupan Sementara Penerbangan Internasional

Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Shutterstock.com)
NEWS  |  20 Maret 2020 13:52

Penutupan hanya berlaku untuk rute dari dan menuju China.

Reporter : Ahmad Baiquni

Dream - Kementerian Perhubungan memastikan tidak ada kebijakan penutupan penerbangan internasional bandara seluruh Indonesia. Penutupan hanya berlaku untuk penerbangan menuju China sejak 5 Februari 2020.

" Dipastikan tidak ada kebijakan penutupan sementara penerbangan internasional kecuali dari dan ke RRT," ujar Dirjen Perhubungan Udara, Novie Riyanto.

Pernyataan Novie sekaligus meluruskan pemberitaan yang menyatakan penerbangan selain dari dan ke China akan ditutup. Hal ini menyusul pengumuman Kementerian Luar Negeri terkait kebijakan pembatasan lalu lintas orang sehubungan dengan pandemik virus corona yang diterapkan mulai 20 Maret 2020.

Kebijakan tersebut mewajibkan penumpang yang datang menggunakan penerbangan internasional untuk mengisi formulit Healtf Alert Card (HAC).

 Bandara Soekarno-Hatta

Novie mengingatkan masyarakat yang bepergian ke China, Iran, Italia, Korea Selatan (Daegu dan Provinsi Gyeongsangbuk-do), Vatikan, Spanyol, Prancis, Jerman, Switzerland dan Inggris yang dalam 14 hari sejak berlakunya pembatasan lalu lintas orang, maka akan ditolak masuk ke Indonesia.

Sedangkan warga Indonesia yang memiliki riwayat kunjungan ke negara-negara tersebut akan dilakukan pemeriksaan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

 Bandara Soekarno-Hatta

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Komite Fasilitas Nasional (FAL) Udara menyatakan terus berkoordinasi dengan Kementerian/Lembaga terkait dan anggota FAL lainnya. Hal ini guna memastikan kebijakan pemerintah berjalan dengan baik dan sesuai dengan prosedur.

" Kami bersama dengan Kementerian/Lembaga dan stakeholder penerbangan yang bergabung dalam Komite FAL akan terus bekerja keras untuk mencegah penyebaran Covid-19 melalui jalur transportasi udara," kata dia.

Sumber: Liputan6.com/Yopi Makdori

Menu Berbuka Puasa Sehat dan Anti Ribet Ala Chef Deny Gumilang
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Cerita dan Music Bersama Ify Alyssa | Online Dream Camp 2020
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :